Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya

Bola Voli ialah olahraga yang dipertandingkan oleh dua tim pemain dengan masing-masing anggotanya sejumlah enam orang. Olahraga voli dilakukan di lapangan dan terpisahkan oleh net. Voli terhitung dalam salah satunya olahraga yang paling disukai di Indonesia. Namun, untuk pemain pemula umumnya hanya asal bermain tanpa tahu posisi masing-masing pemain serta tugasnya. Padahal masing-masing posisi pemain akan terkait dengan rotasi permainan. Kekeliruan rotasi permainan dalam kompetisi resmi akan memberi point pada lawan.

Posisi Pemain Bola Voli

Desabola.com akan membahas posisi pemain bola voli beserta tugasnya.

posisi-pemain-bola-voli-1

Berikut informasi gambar di atas :

1. Server
2. Spiker
3. Tosser
4. Spiker
5. Defender atau libero
6. Defender atau libero

Tugas Pemain

Berikut ini penjelasan mengenai nama-nama posisi pemain bola voli dan tugasnya di dalam permainan.

1. Posisi Server

Server ialah posisi pemain yang bertugas melakukan servis. Servis ialah gerakan bola pertama saat memulai permainan. Sesudah melakukan servis, secara otomatis server merangkap jadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan.

Server dituntut menguasai tehnik servis, yaitu servis atas dan servis bawah.

2. Posisi Spiker (Penyerang)

posisi spiker bola voli

Spiker ialah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan atau smash bola menuju lawan, tujuannya memperoleh point untuk team. Smash ialah pukulan yang dilakukan dengan sekuat-kuatnya mengarah ke bawah lapangan lawan.

Spiker ada diposisi paling depan, persisnya di depan net atau di samping tosser. Pemain yang ada pada posisi spiker diwajibkan mempunyai kapabilitas yang dapat melakukan serangan dan pukulan yang baik. Spiker juga dituntut menjadi pemain yang ahli menjaga pertahanan sisi depan.

Pemain yang ada pada posisi ini mempunyai peranan ganda, yakni sebagai penyerang (menjalankan serangan untuk mendapatkan point) sekaligus pertahanan (melakukan blocking dari serangan lawan).

Spiker dituntut menguasai beberapa jenis smash antara lain : Open Smash, Smash Semi, Quick Smash, Straight Smash, Drive Smash, Dummy Smash, Smash Bola 3 Meter, Smash Kijang atau umpan bola back, Smash Double Step, Smash Step L

3. Posisi Tosser (Pengumpan)

Tosser ialah posisi pemain yang bertugas mengendalikan serangan dari team. Saat team melakukan serangan yang punya hak menentukan instruksi ialah tosser. Pemain yang ada pada posisi tosser diwajibkan memiliki kualitas umpan dan kepandaian dalam memberi bermacam variasi umpan. Dalam kata lain tosser sebagai penentu dan pengontrol serangan di dalam permainan voli.

Tosser juga dituntut menguasai tehnik smash dan blocking yang bagus. Blocking ialah pergerakan yang dilakukan oleh pemain untuk menangkal serangan atau smash dari team lawan. Beberapa jenis blocking antara lain : Block Bola Open, Block Bola Semi, Block Bola Quick

4. Posisi Defender atau Liberro

posisi libero bola voli

Liberro ialah posisi pemain yang bertugas menerima dan meredam berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang ada pada posisi ini dituntut menguasai passing diatas rata-rata.

Pengertian passing ialah gerakan yang dilakukan untuk mengoper bola menuju rekan teamnya untuk dimainkan di wilayah sendiri. Beberapa jenis passing antara lain : Pasing Bawah dan Passing Atas.

Nah itulah berbagai posisi pemain di dalam permainan bola voli beserta tugasnya. Di dalam permainan, pemain akan mengalami rotasi hingga berpindah dari 1 posisi ke posisi lainnya. Terkecuali untuk liberro yang tidak berpindah. Demikian posisi pemain bola voli beserta tugasnya, yang telah kami kumpulkan dari bermacam sumber. Baca terus desabola.com untuk ulasan lainnya tentang olahraga.

Tinggalkan komentar