VO2 max, Parameter Penting Dalam Kebugaran Seseorang

Jika Anda adalah olahragawan, atlet atau minimal sering melakukan olahraga, pasti Anda pernah mendengar istilah VO2 max. Dalam berolahraga pasti Anda akan merasa capek atau ngos-ngosan. VO2 max bisa menjadi parameter stamina Anda. Tes yang …

Jika Anda adalah olahragawan, atlet atau minimal sering melakukan olahraga, pasti Anda pernah mendengar istilah VO2 max.

Dalam berolahraga pasti Anda akan merasa capek atau ngos-ngosan. VO2 max bisa menjadi parameter stamina Anda.

Tes yang biasa dipakai untuk mengukur kebugaran, atau di seleksi atlet untuk menghadapi kompetisi seperti liga, turnamen, dll. agar pelatih bisa mengatur perencanaan pelatihan yang cepat dan tepat.

Definisi VO2 max

VO2 max adalah besaran atau ukuran yang bisa dipakai untuk mengukur seberapa besar oksigen yang bisa diserap oleh badan Anda.

VO2 max memiliki satuan ml/kg/menit. Satuan tersebut didapat dari volume oksigen yang diserap tubuh selama satu menit per berat badan Anda.

Dalam sistem respirasi atau pernafasan, saat oksigen Anda hirup, paru-paru akan menyerapnya dan mengubah oksigen tersebut menjadi ATP atau dengan kata lain Adesonin Trifosfat. ATP ini tugasnya adalah mengaktifkan sel dalam tubuh dan berperan dalam membantu melepas karbon dioksida / CO2 yang dibuat selama proses respirasi.

Semakin tinggi VO2 max Anda, berarti semakin banyak oksigen yang bisa tubuh Anda serap, yang berarti ATP yang didapat semakin besar, sehingga Anda bisa beraktivitas dan berolahraga dengan performa lebih baik.

Indikator ini bisa dipakai secara pribadi untuk pengembangan diri Anda dalam berolahraga atau digunakan oleh pelatih tim yang membutuhkan data fisik atau ketahanan / kebugaran pemainnya.

Jika Anda ingin menjaga nilai VO2 max, disarankan untuk olahraga rutin dan kurangi begadang dan merokok.

Cara mengukur VO2 max

Cara mengukurnya bisa dilakukan baik dengan tes fisik / olahraga atau bisa dilakukan di rumah sakit terdekat.

Baca juga  Manfaat Olahraga Hokie Es Untuk Kehidupan

Untuk metode pengukuran VO2 max dengan cara tes fisik, antara lain:

Lari 2,4 km

VO2 max

Lari 2,4 km biasa dipakai untuk mengukur nilai VO2 max Anda.

Jika tidak bisa dengan tepat mengukur jarak, Anda bisa mencari lapangan bola dengan trek atletik. Biasanya, keliling dari trek atletik tersebut adalah 400 meter, sehingga Anda hanya perlu mengelilinginya enam kali.

Jika tidak ada trek jogging / atletik dan terpaksa menggunakan jalan biasa untuk tes, pastikan tidak ada penghalang seperti kubangan, banyak kendaraan, binatang, dll. agar bisa didapatkan hasil tes yang akurat dan mengurangi bias.

Durasi lari Anda selama 2,4 km akan dikonversi menjadi nilai VO2 max. Semakin cepat Anda menyelesaikan lari 2,4 km tersebut, semakin tinggi nilainya.

Beep test / shuttle run

VO2 max

Selain lari 2,4 km. Beep test atau shuttle run juga banyak dipakai untuk mengukur kebugaran fisik seseorang.

Prosedur beep test sederhana. Anda hanya perlu menyusun tanda A dan tanda B dengan jarak masing-masing tanda 20 m. Setelah itu, saat bunyi beep terdengar, Anda harus lari dari tanda A ke tanda B dengan catatan harus mencapai tanda B sebelum bunyi beep keluar. Setelah mencapai tanda B, Anda harus kembali ke tanda A setelah bunyi beep keluar.

Beep test memiliki level-level yang digunakan untuk mengukur kebugaran seseorang. Semakin tinggi levelnya, semakin pendek jeda antar beep. Dengan kata lain, Anda harus berlari lebih cepat dengan waktu istirahat yang lebih sedikit.

Jika Anda belum mencapai tanda setelah bunyi beep keluar sejumlah tiga kali (tiga kali gagal), Anda harus keluar dari tes dan hasil beep test Anda adalah level dimana Anda harus keluar.

Semakin tinggi level yang didapat, semakin bagus kebugarannya.

Baca juga  Cara Membuat Badan Sixpack Dengan Berolahraga Yang Tepat

Acuan VO2 max

Acuan nilai tersebut bergantung pada empat faktor, yaitu usia, jenis kelamin, tingkat kebugaran, dan ketinggian wilayah.

Patokan nilai VO2max yang baik biasanya lebih besar standarnya untuk laki-laki dan umur yang lebih muda.

Dari nilai tersebut dibagi menjadi hasil kualitatif, yaitu sangat buruk, buruk, cukup, bagus, luar biasa, dan unggul.

Biasanya orang yang jarang berolahraga dan beraktivitas serta merokok memiliki nilai yang rendah, sementara atlet profesional memiliki nilai dari bagus hingga unggul.

Rangkuman

VO2 max adalah salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kebugaran seseorang. Biasanya olahragawan tidak asing dengan istilah / parameter ini.

Semakin besar nilai VO2 max, berarti semakin bugar dan semakin mudah seseorang untuk melakukan aktivitas.

Nilai kebugaran tersebut bisa diukur dengan berbagai metode seperti lari 2,4 km atau keliling trek atletik 400 m sebanyak enam kali atau melakukan shuttle run / bleep test.

Acuan apakah bagus atau tidaknya nilainya bergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat kebugaran, dan ketinggian wilayah.

Dari penjelasan secara definisi, cara mengukur, dan acuan di atas, maka cara menaikkan nilai VO2 max adalah dengan cara rutin berolahraga seperti berlari dan bersepeda, kurangi kebiasaan yang membahayakan paru-paru seperti merokok, dan jangan begadang.

Parameter ini tidak hanya penting untuk atlet, tetapi juga untuk orang biasa untuk mengevaluasi kebugaran dan fisiknya.

Tinggalkan komentar