Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan Bentuknya

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau yang juga dinamakan badminton adalah cabang olahraga yang sangat populer. Bahkan nama Indonesia sendiri terkenal melalui cabang olahraga yang satu ini. Para pemain badminton Indonesia memang sangat …

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau yang juga dinamakan badminton adalah cabang olahraga yang sangat populer. Bahkan nama Indonesia sendiri terkenal melalui cabang olahraga yang satu ini. Para pemain badminton Indonesia memang sangat disegani di dunia, terutama untuk The Minion (Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi) yang menempati peringkat pertama untuk ganda putra. Kemudian diikuti oleh pasangan ganda Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan.

Inilah Bentuk Lapangan Badminton Sesuai Standar

Sebelum membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis, kamu perlu memahami tentang seperti apa bentuk dari lapangan badminton. Bentuk lapangannya adalah persegi panjang dan nanti akan dibagi menjadi dua bagian di mana net berperan sebagai pemisah. Ada beberapa garis yang ada di lapangan badminton misalnya garis untuk servis depan, garis untuk servis belakang, serta garis untuk servis samping.

Sekadar informasi bahwa garis untuk servis belakang biasanya dipakai ketika ada pertandingan ganda. Sementara garis pada servis samping dipakai untuk pertandingan tunggal. Sementara terkait ketebalan dari setiap garis tersebut kurang lebih 40 mm. Warnanya pun harus kontras dengan warna pada permukaan lapangan badminton.

Untuk warna garis yang direkomendasikan adalah putih dan kuning. Namun yang paling umum memang menggunakan warna putih. Tidak kalah penting yaitu lapangan badminton disarankan harus menggunakan bahan sintetis dengan tekstur lunak. Lapangan tersebut tidak boleh menggunakan permukaan dari sintetis keras maupun beton. Tujuannya agar tidak sampai menyebabkan pemain mengalami cedera.

Inilah Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Berdasarkan Standar Internasional

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Setiap olahraga yang memerlukan lapangan pasti memiliki ukurannya masing-masing. Begitu juga dengan bulu tangkis atau badminton yang menjadi salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia. Meskipun begitu, pada kenyataannya tidak seluruh olahraga badminton mempunyai ukuran lapangan yang sesuai.

Baca juga  Manfaat Badminton Untuk Kesehatan Tubuh

Bahkan ada yang bermain bulu tangkis dengan kondisi lapangan yang ala kadarnya. Mereka hanya sekadar memiliki tempat untuk bermain olahraga tersebut. Memang hal ini tidak salah karena yang penting kamu bisa bermain badminton dengan nyaman. Akan tetapi, ketika terbiasa dengan lapangan yang tidak standar kemungkinan kamu kesulitan ketika harus bertanding dengan kondisi lapangan yang sebenarnya.

Bermain di lapangan badminton yang lebih luas bisa berpengaruh terhadap akurasi. Untuk itu, sebisa mungkin kamu harus bermain badminton dengan kondisi lapangan sesuai standar. Akan lebih baik jika kamu sering bermain olahraga tersebut di lapangan yang sebenarnya. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi harus beradaptasi.

Adapun untuk ukuran lapangan bulu tangkis berdasarkan standar yang ditetapkan organisasi badminton internasional yaitu:

  • Panjang: 13,40 meter
  • Lebar: 6,10 meter
  • Jarak garis melakukan servis depan dengan garis di net: 1,98 meter
  • Jarak garis untuk melakukan servis tengah dengan garis di samping lapangan: 3,05 meter
  • Jarak garis samping untuk permainan tunggal terhadap garis di pinggir lapangan: 0,46 meter
  • Jarak garis untuk servis belakang (bagi permainan ganda) terhadap garis di belakang lapangan: 0,76 meter
  • Tinggi tiang net: 1,55 meter
  • Tinggi net: 1,52 meter

Selain itu, terdapat lapangan badminton dengan ukuran kecil. Biasanya lapangan ini diperuntukkan bagi anak-anak kecil dengan usia di bawah 9 tahun. Adapun ukuran lapangan bulu tangkis tersebut adalah kurang lebih 10,05 meter (panjang), serta 4,40 meter (lebar).

  1. Bidang Permainan Badminton

Garis yang terdapat di dalam lapangan badminton mempunyai fungsi tersendiri. Di samping lapangan, kamu akan melihat dua garis. Kedua garis tersebut adalah garis luar dan dalam. Sementara di bagian belakang kamu juga akan menemukan dua garis yang sama.

Baca juga  Mengenal Sejarah Bulutangkis

Di dalam permainan badminton, ada ketentuan serta aturan yang sama, baik untuk pertandingan ganda maupun tunggal. Setiap pemain yang ingin bertanding harus benar-benar paham seperti apa peraturan bulu tangkis agar tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu.

  1. Lapangan Badminton untuk Partai Tunggal

Untuk pertandingan tunggal, lapangan badminton memakai garis samping pada bagian dalam. Kemudian untuk panjangnya memakai garis belakang di bagian luar. Di bawah ini ukuran lapangan bulu tangkis pada pertandingan tunggal:

  • Panjang untuk bidang permainan: 13,40 meter
  • Lebar: 5,18 meter
  • Pajang bidang dari penerima servis: 4,72 meter
  • Lebar bidang dari penerima servis: 2,59 meter
  1. Lapangan Badminton untuk Partai Ganda

Sementara itu, pada pertandingan ganda, ukuran lapangannya adalah seperti berikut:

  • Panjang untuk bidang permainan: 13,40 meter
  • Lebar: 6,10 meter
  • Panjang bidang dari penerima servis: 3,96 meter
  • Lebar bidang dari penerima servis: 3,05 meter

Sekian informasi tentang ukuran lapangan bulu tangkis. Semoga informasi ini semakin menambah wawasan kita tentang salah satu cabang olahraga yang selalu membuat nama Indonesia semakin terkenal di mata dunia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar