Ukuran Lapangan Bola Voli Sesuai Standar

Ukuran Lapangan Bola Voli – Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan sering dimainkan baik di kejuaraan nasional maupun tingkat internasional. Permainan ini dimainkan dua tim yang akan saling berhadapan untuk menjadi yang …

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli – Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan sering dimainkan baik di kejuaraan nasional maupun tingkat internasional. Permainan ini dimainkan dua tim yang akan saling berhadapan untuk menjadi yang terbaik. Setiap tim memiliki enam pemain inti serta beberapa pemain cadangan.

Jumlah pemain inti tersebut berlaku untuk olahraga voli indoor. Sementara untuk voli pantai, satu tim terdiri dari dua orang. Sebenarnya bayak yang belum tahu jika permainan voli ini terinspirasi dari olahraga basket. Seseorang yang berjasa menciptakan olahraga bola voli adalah William G. Morgan. Setelah dia bertemu James Naismith yang seorang pemain basket, kemudian William menciptakan Mintonetter atau yang sekarang kita kenal dengan sebutan voli.

Akan tetapi, pada waktu itu permainan voli hanya dimainkan anggota YMCA yang usianya sudah tua. YMCA sendiri merupakan Young Men’s Cristian Association. Ini merupakan organisasi yang dibangun dengan tujuan untuk mengajarkan agama Kristen di kalangan para pemuda. YMCA lahir di Inggris pada 6 Juni 1884.

Fasilitas yang ada pada YMCA memang terbilang lengkap, terutama untuk fasilitas olahraga. Berdasarkan informasi sejarah, permainan voli di Amerika berkembang pesat di mana pada 1933 saja YMCA sudah mengadakan kejuaraan bola voli tingkat nasional.

Selain itu, jika FIFA adalah induk organisasi bola internasional maka pada olahraga bola voli juga memiliki induk organisasi internasionalnya sendiri yang dikenal dengan FIVB. Federation Internationale de Volleyball ini merupakan organisasi yang menaungi seluruh cabang bola voli di seluruh dunia.

Sementara untuk organisasi yang menaungi olahraga bola voli tingkat nasional adalah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. PBVSI dan beberapa organisasi voli dari negara lain semuanya harus mematuhi aturan yang diterapkan oleh FIVB.

Baca juga  Mengenal Gaya Kupu-Kupu, Gaya Tersulit Dalam Berenang

Penjelasan tentang Ukuran Lapangan Bola Voli, Standar Bola, dan Net

Ukuran Lapangan Bola Voli

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli

Sama halnya dengan cabang olahraga lainnya, FIVB atau Federasi Bola Voli Internasional juga memberikan ketentuan terkait seperti apa ukuran lapangan voli yang sesuai. Tujuan membuat ketentuan ini adalah untuk bisa memastikan seluruh member mempunyai acuan di dalam membuat lapangan voli. Berdasarkan penjelasan FIVB bahwa lapangan bola voli harus berbentuk persegi panjang.

Kemudian dimensinya sebesar 18 x 9 meter. Pada area tersebut juga harus dikelilingi oleh zona bebas yang memiliki ukuran antara 3 sampai dengan 5 meter. Di seluruh sisi juga harus berbentuk persegi panjang serta simetris. Untuk detailnya adalah seperti berikut:

  • Panjang lapangan: 18 meter
  • Lebar lapangan: 9 meter
  • Ukuran untuk lebar garis serang: 3 meter
  • Area clearance: 3 sampai 8 meter di belakang serta 3 sampai 5 meter di bagian samping

Kemudian terkait permukaan lapangan juga harus rata dan datar. Lapangan voli tidak boleh kasar atau licin karena kondisi ini bisa mengakibatkan masalah keselamatan bagi setiap pemain bola voli. Pada turnamen internasional biasanya hanya diperbolehkan memakai permukaan sintetis atau kayu. Tentunya permukaan tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIVB.

Dalam pertandingan resmi, nanti area lapangan akan dibagi menjadi area dan zona. Pada area sendiri terdapat dua yaitu pemanasan dan penalti. Kemudian di bagian zona masih dibagi lagi menjadi empat bagian, antara lain zona pergantian, zona servis, zona depan, dan zona pergantian yang khusus bagi libero.

Untuk bantuan terkait pembagian zona, biasanya area akan dibantu dengan cara menempatkan garis di sekitar lapangan maupun di atas. seperti halnya garis pembatas yang digunakan sebagai penanda untuk lapangan permainan, garis tengah juga berperan sebagai pembagi lapangan menjadi 2 lapangan sama. Kemudian ada juga garis serang berukuran 3 meter yang kemudian ditarik melalui garis tengah.

  1. Ukuran Net
Baca juga  Pengertian Roll Depan dan Cara Melakukannya

Selain ukuran lapangan bola voli, hal kedua yang harus kamu ketahui adalah seperti apa ukuran net. FIVB sendiri juga memberikan ketentuan tentang seperti apa ukuran net voli yang sesuai dengan standar.

  • Panjang net lapangan voli: 9 meter
  • Lebar net lapangan voli: 1 meter
  • Tinggi net voli putra: 2,43 meter
  • Tinggi net voli putri: 2,24 meter
  • Ukuran antar tiang net terhadap garis samping lapangan: 0,5 sampai dengan 1 meter
  • Mata jala pada net voli: 10 meter dan bentuknya harus persegi panjang
  1. Ukuran serta Berat Bola

Ukuran serta berat bola voli juga hal yang tidak boleh kamu abaikan karena ini berkaitan dengan kenyamanan pada saat memainkan olahraga tersebut.

  • Diameter bola: 18 sampai 20 meter
  • Keliling bola: 65 sampai dengan 67 cm
  • Tekanan bola: 294,3 sampai 318,82 mbar

Demikian pembahasan mengenai ukuran lapangan bola voli. Untuk meningkatkan wawasan tentang permainan voli, kamu bisa menyimak penjelasan terkait sejarah dan perkembangan bola voli di Indonesia. semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar