Pengertian dan Tugas Wasit dalam Sepak Bola

Wasit memiliki peranan yang sangat vital dalam sebuah pertandingan sepak bola.

tugas wasit

Tugas Wasit Dalam Sepak Bola – Keseruan menonton sepak bola memang tak bisa dilepaskan dari peran para pemain di lapangan. Tapi di sisi lain ada juga seorang wasit yang bisa menambah keseruan sepak bola lewat berbagai keputusannya dalam memimpin pertandingan. Apabila wasit bersikap adil dan tegas, tentu saja pertandingan sepak bola berjalan semakin seru. Namun bila tidak, maka pasti banyak pendukung tim yang kecewa bahkan marah.

Permainan sepak bola memang membutuhkan wasit karena tugas seorang wasit adalah memimpin jalannya pertandingan dari awal sampai akhir. Dalam sebuah pertandingan, wasit juga terbagi menjadi beberapa posisi yang berbeda, mulai dari wasit pertama sampai hakim garis dan wasit cadangan.

Pengertian Wasit

Seorang wasit adalah sosok yang berwenang di sebuah pertandingan sepak bola. Ia yang memimpin jalannya pertandingan dan memiliki hak penuh untuk mengatur seluruh penggawa tim, mulai dari pelatih, pemain, hingga official. Dalam menjalankan tugasnya, wasit berpegangan pada peraturan sepak bola yang telah ditetapkan oleh organisasi atau asosiasi sepak bola.

Dalam pertandingan sepak bola setidaknya ada 5 wasit yang bertugas, yaitu wasit pertama, hakim garis, wasit cadangan, dan penilai wasit. Setiap wasit juga memiliki perlindungan dari FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia.

Tugas Wasit

wasit hakim garis

Bagi Anda para pencinta bola pasti sudah tidak asing dengan peran seorang wasit. Mereka adalah sosok yang bertanggung jawab atas jalannya pertandingan secara adil. Seorang wasit memiliki hak penuh untuk mengatur pemain, pelatih, maupun tim official yang ada di luar lapangan. Itulah alasannya wasit berhak mengusir pemain, pelatih, ataupun tim manajemen yang dianggap melanggar aturan sesuai ketentuan FIFA.

Baca juga  Fakta Menarik Ballon d’Or Yang Harus Anda Ketahui

Selain itu, wasit juga masih memiliki berbagai tugas dan peran lainnya sesuai dengan masing-masing posisi. Berikut ini kami jelaskan lebih lanjut tugas wasit sepak bola mulai dari wasit utama, hakim garis, hingga wasit cadangan. Dalam tugasnya, wasit menggunakan beberapa perangkat pertandingan seperti peluit dan kartu.

1. Tugas Wasit Utama

Seorang wasit utama adalah sosok yang berada di tengah lapangan dan memimpin jalannya pertandingan secara langsung. Mulai dari peluit babak pertama dibunyikan hingga berakhirnya pertandingan.

Wasit utama juga memiliki beberapa tugas yang spesifik, yaitu:

  • Menentukan gol yang sah atau tidak sah, baik secara langsung maupun lewat bantuan teknologi VAR.
  • Menghentikan, menunda, atau bahkan mengakhiri pertandingan sebelum 90 menit. Keputusan ini tentu saja berdasarkan kondisi yang terjadi selama jalannya pertandingan sepak bola. Seperti misalnya cuaca buruk, bentrok suporter, dan berbagai alasan lainnya.
  • Menjalankan aturan permainan sesuai dengan ketentuan FIFA.
  • Memutuskan perselisihan antar pemain yang bertanding.

2. Tugas Hakim Garis

Seorang wasit utama tentu saja tidak bisa memimpin jalannya pertandingan seorang diri. Tugas wasit utama masih mendapatkan bantuan dari sosok hakim garis yang berjumlah dua orang, masing-masing berada di pinggir lapangan kedua tim.

Tugas utama seorang hakim garis adalah membantu wasit utama untuk mengamati pergerakan bola. Apakah bola keluar dari garis lapangan, terjadi offside, atau bahkan memutuskan terjadinya pelanggaran. Bisa diibaratkan kalau hakim garis adalah sosok asisten wasit utama yang juga berhak memberi saran kepada wasit utama untuk menentukan pelanggaran para pemain sepak bola.

3. Tugas Asisten Wasit (Cadangan)

Beberapa dari Anda mungkin tidak menyadari tugas wasit yang satu ini. Ya, seorang asisten wasit memang tidak tampil secara langsung dalam memimpin jalannya pertandingan. Namun asisten wasit juga memiliki peran tersendiri, yaitu:

  • Mengelola proses pergantian pemain.
  • Menggantikan wasit atau hakim garis yang berhalangan.
  • Menerima isyarat wasit untuk menghentikan pertandingan.
  • Mengatur official di luar lapangan.
  • Memberi pendapat kepada wasit utama.
  • Mengelola isyarat tambahan waktu.
  • Memberi isyarat saat pertandingan sudah berakhir.
Baca juga  Biografi Pep Guardiola, Perjalanan Karir dari Pemain Hingga Pelatih

Nah, itulah informasi yang dapat kami bagikan seputar tugas seorang wasit dan berbagai peran pentingnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar