Tips Bersepeda untuk Pemula yang Ingin Mahir

Bersepeda menjadi kegiatan yang menyenangkan di akhir pekan setelah bekerja di weekdays, sehingga tips bersepeda pasti akan sangat bermanfaat agar kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan baik. Tips bersepeda pada artikel ini memperhatikan banyak sekali unsur …

tips bersepeda

Bersepeda menjadi kegiatan yang menyenangkan di akhir pekan setelah bekerja di weekdays, sehingga tips bersepeda pasti akan sangat bermanfaat agar kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan baik.

Tips bersepeda pada artikel ini memperhatikan banyak sekali unsur dan melibatkan beberapa pertanyaan. Misalnya, apa pakaian yang bagus dan apa yang harus dibawa saat bersepeda?

Dengan tips bersepeda ini, kamu akan lebih menikmati sesi bersepedamu.

Persiapan Sebelum Bersepeda

tips bersepeda

Tips bersepeda tidak hanya saat melakukannya saja, tetapi juga bahkan sampai saat persiapannya loh. Kamu harus melakukan beberapa hal berikut.

1. Pompa Banmu sesuai dengan Tekanan yang Tepat

Mungkin ini adalah persiapan atau perawatan tersimpel yang bisa kamu berikan kepada sepeda kesayanganmu.

Biasanya tekanan yang tepat dicantumkan pada sepedamu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot bertanya dengan mbah google lagi. Beda manufaktur, beda tekanan bannya.

Tempat juga memengaruhi. Jika kamu pergi ke tempat yang licin dan lembab, jangan memompa banmu terlalu keras. Kalau kering, isi dengan penuh.

2. Dapatkan Ketinggian Tempat Duduk dengan Pas

Tempat duduk yang terlalu rendah akan menyulitkan dirimu untuk mendapatkan jangakuan penuh dan mengayuh dengan kekuatan kakimu. Sementara itu, tempat duduk yang terlalu tinggi akan membuatmu tegang, sehingga peluang terjadinya cedera akan membesar.

Idealnya, kamu perlu menyesuaikan ketinggian tempat dudukmu, sehingga lututmu tertekuk sedikit saat kakimu berada di bagian bawah pedal. Kemudian, dapatkan posisimu di atas sepeda dengan benar juga.

Penjelasan simpelnya, ketika dalam postur berkendara, kamu ingin stangmu menutupi pandanganmu dari hub roda depan.

Baca juga  5 Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Jika kamu mengalami sakit di bagian punggung atau bagian tubuh lain karena posisi tempat duduk yang kurang nyaman, kamu bisa pergi ke toko sepeda untuk memperbaikinya.

3. Pilihlah Pakaian yang Tepat

Pakaian untuk cuaca hujan tentunya berbeda dengan pakaian untuk cuaca cerah nan panas.

Jika cuacanya dingin, kamu bisa menggunakan pakaian yang tebal. Kamu juga bisa menyediakan jas hujan untuk jaga-jaga bila ramalan cuaca di televisi mengatakan akan turun hujan pada jam tertentu.

Barang yang Perlu Dibawa saat Bersepeda

Bersepeda juga perlu bawa barang meskipun tidak terlalu banyak. Berikut tips bersepeda tentang barang yang harus kamu bawa.

1. Air dan Makanan Kecil

Bersepeda adalah olahraga yang cukup memakan banyak energi, sehingga kamu harus minum untuk menjaga hidrasi tubuh dan memakan makanan kecil jika merasa lapar setelah bersepeda.

Makanan yang bisa kamu bawa antara lain pisang yang merupakan doping alami atau snack dengan kalori yang cukup tinggi agar kamu bisa memiliki energi yang cukup untuk bersepeda.

Jika kamu ingin bersepeda dengan jarak yang jauh, minuman dengan kandungan elektrolit dan snack protein bisa jadi pilihan.

2. Sarung Tangan

Karena saat bersepeda tanganmu terus-terusan mencengkram, maka ada kemungkinan kalau tanganmu akan mengalami kelelahan akibat mencengkram terlalu lama.

Sarung tangan bisa menjadi solusi untuk menangani masalah tersebut.

3. Gembok dan Senter atau Sumber Cahaya

Jika kamu berencana untuk berhenti di suatu tempat atau bersepeda di sore hari, tidak ada salahnya untuk membawa gembok atau kunci dan sumber cahaya sebagai bentuk jaga-jaga.

Kalau sampai sepedamu hilang dan perjalananmu hilang, kamu tidak hanya mendapatkan beban secara psikis, tetapi juga finansial karena keluar ongkos lagi untuk pulang dan tentunya membeli sepeda baru.

Baca juga  Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Selain itu, sumber cahaya digunakan jika kamu mengalami delay dalam perjalanan dan perlu penerangan saat senja atau malam hari.

4. Tempat Penyimpanan Uang, HP, dll.

Barang-barang seperti dompet, HP, dll. yang berfungsi sebagai identitasmu tetap harus dibawa sekalipun kamu sedang bersepeda.

Alat tersebut akan menjadi tempat penyimpanan lebih aman daripada kantong celana.

Tips Bersepeda di Jalan

Kalau kamu pemula, mungkin kamu akan kagok saat pertama kali bersepeda di jalan. Berikut tips bersepeda di jalan.

1. Pelajari Seluk-Beluk Sepedamu

Setiap sepeda punya ciri khas masing-masing, sehingga kamu wajib mempelajari sepedamu sendiri agar kamu bisa bersepeda dengan baik.

Bangun chemistry antara kamu dan sepedamu agar kamu bisa menikmati sesi bersepedamu.

2. Kayuh Pedal dengan Santai

Ada beberapa pemula yang langsung mengayuh pedal dengan kencang sehingga kadang pedalnya terbentur tulang kering atau betis saat lepas.

Sebaiknya, kayuh saja pedal sepedamu dengan santai dan nikmati perjalanannya daripada mengayuh dengan kencang, tetapi mudah kecapekan.

3. Patuhi Rambu yang Ada

Pengendara sepeda juga harus mematuhi rambu-rambu yang ada di jalan, misalnya masuk ke jalur khusus pesepeda dan menuruti lampu lalu lintas.

Mematuhi rambu sama dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Pahami, Lalu Lakukan Tips Bersepeda Ini

Sekian tips bersepeda singkat yang bisa kamu lakukan. Pahami terlebih dahulu mengapa harus dilakukan hal tersebut.

Jika sudah paham, kamu bisa mengimplementasikannya dan menikmati sesi bersepeda di akhir pekan sendirian, bersama pasangan, atau komunitas.

Selamat bersepeda!

Tinggalkan komentar