Tips Belajar Renang Untuk Pemula Sampai Mahir

Olahraga dalam air seperti berenang mungkin terasa sulit bagi orang yang belum pernah melakukannya. Banyak orang yang menganggap olahraga berenang sebagai olahraga yang menakutkan serta mempunyai teknik yang sulit. Belajar renang untuk pemula adalah ilmu …

renang untuk pemula

Olahraga dalam air seperti berenang mungkin terasa sulit bagi orang yang belum pernah melakukannya. Banyak orang yang menganggap olahraga berenang sebagai olahraga yang menakutkan serta mempunyai teknik yang sulit. Belajar renang untuk pemula adalah ilmu yang banyak dicari oleh semua kalangan. Berenang mempunyai banyak manfaat seperti kesehatan jantung, otot, dan keselamatan anda saat berada di dalam air.

Cara renang untuk pemula tidak bisa dikuasai hanya dalam satu kali latihan saja. Anda perlu berlatih secara bertahap sampai bisa membiasakan diri saat berada di dalam air. Jika anda sudah terbiasa dengan beberapa teknik dasar berenang seperti mengambang, bernafas, posisi tangan dan posisi kaki, Anda bisa mulai mempraktekkan beberapa gaya berenang seperti gaya dada gaya punggung gaya bebas dan gaya kupu-kupu.

Berikut ini adalah beberapa tips belajar renang untuk pemula yang bisa anda lakukan. 

Tips belajar renang untuk pemula

Mulailah dari air kolam yang dangkal

Langkah pertama sebelum anda mempelajari gaya berenang adalah membiasakan diri di dalam air. Mulailah dengan memasukkan tubuh ke air yang tidak terlalu dalam. Secara perlahan, biasakanlah diri anda dengan kaki menjejak dasar kolam sampai posisi kepala belum masuk ke air.

Setelah anda sudah terbiasa untuk menjejak dasar kolam dengan kepala masih berada di permukaan air, mulailah masukkan wajah ke dalam air tetap dalam posisi tersebut. Tahan untuk beberapa detik dan mulai hembuskan nafas di dalam air secara perlahan. Jika nafas sudah hampir habis, angkat wajah kembali ke permukaan air.

Baca juga  Sejarah Pencak Silat di Indonesia dan Dunia

Latihan ini akan membiasakan anda saat bernafas di dalam air dengan mengetahui sensasi menahan dan mengeluarkan nafas di dalam air.

Latihan mengambang di dalam air

Latihan megambang akan membiasakan diri anda untuk beristirahat sebentar di tengah kolam jika jarak antara tepi kolam dengan posisi anda berenang masih jauh. Alaminya tubuh kita akan mengambang di atas air secara otomatis, tetapi rasa takut kita yang membuat gerakan tidak perlu tangan dan kaki sehingga kita merasa lebih cepat capek dan tidak mau menenangkan posisi tangan dan kaki.

Mulailah latihan mengambang di kolam dangkal. Awal latihan akan ada reflek kaki anda untuk segera menyentuh dasar kolam. Tetapi jika anda sudah mulai tenang, posisi tubuh anda bisa lebih rileks dan memposisikan diri seperti bintang laut dengan lengan dan kaki terbuka lebar.

Langkah latihan selanjutnya adalah memposisikan tubuh dengan tetap di posisi mengambang, tetapi posisi pinggul, kepala, dan kaki membentuk garis lurus seperti sedang terbaring atau tengkurap. Jika posisi masih belum begitu lurus, cobalah masukkan kepala ke dalam air sampai posisi tubuh anda sejajar sampai bagian kaki.

Rileks saat di dalam air

Ketenangan adalah hal paling penting saat anda melakukan olahraga renang. Belajar renang untuk pemula adalah mempelajari bagaimana anda bisa rileks saat berada di dalam air dalam posisi apapun. Panik hanya akan membuang energi dan nafas anda.

Kontrol tubuh yang baik tidak akan menegangkan otot-otot tubuh dan anda bisa mengkondisikan tubuh untuk berenang sampai ke tepi. Saat tubuh anda terasa capek, anda bisa mengambang sambil menunggu otot-otot lengan dan kaki kembali kuat untuk berenang ke tepi.

Baca juga  Peralatan Renang Yang Harus Anda Miliki Untuk Latihan Renang

Tangan dan kaki sejajar dengan bahu

Cobalah tangan anda memegang pegangan tepi kolam sambil meluruskan kaki. Setelah merasa sudah lurus, masukkan kepala ke dalam air sambil mengayunkan kaki seperti posisi berenang. Setelah nafas anda hampir habis, angkat sedikit kepala untuk mengambil nafas dengan mempertahankan posisi sejajar lengan dan kaki dengan bahu.

Teknik bernafas

Bernafas dalam air adalah teknik utama yang harus dipelajari pada cara renang untuk pemula. Saat kepala anda masuk ke dalam air, jangan menahan nafas. Hembuskan nafas secara perlahan sampai anda merasa harus mengambil nafas. Menahan nafas di dalam air akan menghambat gerak tubuh dan mempercepat habisnya nafas.

Setiap gaya renang akan mempunyai waktu untuk menolehkan atau mengangkat kepala ke permukaan air untuk mengambil nafas.

Gerakan kaki

Teknik gerakan kaki juga termasuk cara renang untuk pemula yang utama. Jika anda sudah bisa rileks saat berada di dalam air, gerakan kaki tidak perlu terlalu heboh agar tidak cepat capel. Gerakan kaki yang rileks dan posisinya lurus dengan bahu adalah hal yang paling utama. Jangan sampai menggerakkan kaki terlalu cepat untuk tidak membebani otot paha.

Apakah mencari bantuan pelatih renang diperlukan?

renang untuk pemula

Belajar secara otodidak akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dengan adanya pelatih professional, anda bisa mempelajari beberapa gaya berenang serta belajar renang untuk pemula dengan waktu yang lebih singkat.

Tidak masalah jika anda disuruh berenang dengan menggunakan alat bantu seperti pelampung atau kacamata berenang. Yang diperlukan adalah konsultasi untuk gerakan pemanasan yang perlu dilakukan sebelum masuk ke dalam air, dan bagaiamana untuk berenang dengan tenang sampai mahir.

Pelatih renang akan menawarkan sesi latihan yang berbeda, tergantung dari seberapa besar keinginan anda untuk mempelajari teknik berenang. Sebagian orang tidak membutuhkan waktu lama dalam membiasakan diri di dalam air dan memposisikan kaki serta lengan saat mereka bersama pelatih.

Baca juga  Tempat Terbaik Untuk Jogging Dan Cara Untuk Menemukannya

Tinggalkan komentar