Tempat Terbaik Untuk Jogging Dan Cara Untuk Menemukannya

Tahukah Anda? Tempat terbaik untuk jogging juga perlu diperhatikan karena Anda harus berolahraga untuk mencapai maksimal, meski olahraga tersebut terlihat simpel. Jogging menjadi olahraga yang sangat dinikmati banyak kalangan masyarakat karena metodenya yang simpel, tidak …

tempat terbaik untuk jogging

Tahukah Anda? Tempat terbaik untuk jogging juga perlu diperhatikan karena Anda harus berolahraga untuk mencapai maksimal, meski olahraga tersebut terlihat simpel.

Jogging menjadi olahraga yang sangat dinikmati banyak kalangan masyarakat karena metodenya yang simpel, tidak membutuhkan banyak peralatan, bisa dilakukan dimana saja, dan bisa dilakukan sendirian (bukan olahraga tim dan tidak perlu lawan) serta banyak manfaatnya seperti menurunkan berat badan.

Meski bisa dilakukan dimana saja, ternyata ada tempat terbaik untuk jogging agar mendapatkan hasil maksimal. Dimana saja tempatnya dan bagaimana cara menemukannya? Check it out.

Cara menemukan tempat terbaik untuk jogging

Sebelum membahas tempatnya, ada baiknya Anda perlu mengetahui cara mendapatkan informasi tentang tempat terbaik untuk jogging.

Bagaimana cara mendapatkan informasi tersebut? Informasi ini sangat berguna, terutama jika Anda adalah pendatang baru di tempat Anda.

1.    Eksplorasi sekitar rumah Anda terlebih dahulu

Anda bisa mengeksplorasi sekitar rumah Anda terlebih dahulu. Misalnya dengan lari di sekitar komplek atau mengikuti jalur tetangga Anda yang sedang jogging.

Eksplorasi ini bisa dimulai dengan melihat sekitar rumah Anda dan bereksplorasi sendiri tanpa peta. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada tetangga, mengikutinya untuk mendapatkan informasi apakah jalur yang dilaluinya adalah jalur yang terbaik atau bukan.

Baca juga  Sejarah Permainan Bola Basket di Dunia dan Indonesia

2.    Menggunakan aplikasi peta atau rute seperti google maps

Dewasa ini, aplikasi peta, gps, atau rute seperti google maps menjadi andalan untuk mengetahui rute atau tempat. Tidak terkecuali, tempat jogging terbaik.

Anda bisa mengikuti rute atau mencari tempat-tempat terbaik seperti jogging track, stadion olahraga, dll. yang memang diperuntukan untuk jogging.

3.    Mengikuti grup atau komunitas pelari

Ini adalah salah satu cara mudah untuk mengetahui tempat jogging terbaik karena komunitas biasanya memiliki kegiatan rutin dan sudah terbiasa lari bersama-sama.

Anda tidak harus ikut lari bersama komunitas meski sudah bergabung, meski setidaknya Anda mendapatkan informasi sangat berharga tentang lokasi yang menurut mereka sangat bagus untuk jogging.

4.    Riset di media sosial

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, media sosial banyak digunakan oleh banyak komunitas pelari atau pelari terkenal.

Anda bisa melakukan riset sederhana untuk mencari tempat terbaik untuk jogging dengan cara mengikuti atau stalking akun-akun pelari, vlogger, dan selebgram.

Cara lainnya adalah mengetik hashtag yang relevan dengan tujuan Anda, contohnya #tempatjoggingjakarta, #runningtrack, dll.

Dengan riset sederhana tersebut sangat mudah untuk mendapatkan tempat jogging terbaik.

Dimana saja tempat terbaik untuk jogging?

Setelah mengetahui cara mendapatkan informasi tempat terbaik untuk jogging, berikut dimana saja tempat yang cocok untuk melakukan jogging.

1.    Jalanan aspal

tempat terbaik untuk jogging

Jalanan aspal bisa menjadi pilihan utama. Trotoar bisa menjadi opsi terbaik Anda, apalagi trotoar memang ditujukan untuk pejalan kaki, meski tidak semua jalan tidak memiliki trotoar.

Jika Anda akhirnya jogging di jalan aspal, pastikan jalan tersebut datar, aman, dan sepi dari kendaraan, serta ada bahu jalan seperti di tol agar Anda bisa ke pinggir dengan aman jika ada kendaraan yang lewat.

Baca juga  Mempelajari Teknik Dasar Tenis Lapangan Dan Penghitungan Skornya

Selalu jogging berhadapan dengan arah lalu lintas agar Anda bisa melihat mobil yang melaju di depan Anda, dan mobil yang melaju bisa melihat Anda.

Pakailah pakaian cerah seperti warna kuning dan oranye agar pengemudi kendaraan bisa melihat Anda dengan jelas.

Jangan memakai headphone agar Anda bisa fokus pada suara-suara di sekitar Anda, terutama kendaraan yang lewat.

Fokuskan keamanan jika Anda berlari di jalanan yang cukup banyak kendaraannya.

2.    Jalan setapak

Jalan setapak memiliki permukaan lembut sangat baik jika Anda memiliki cedera cukup berat seperti cedera lutut.

Berhati-hatilah jika jalan setapak tersebut memiliki akar pohon, bebatuan, dan tanah yang tidak rata sehingga bisa menyebabkan cedera.

Sebisa mungkin ambil jalan setapak yang terbuat dari aspal meski permukaannya lebih keras.

3.    Trek lari

Trek lari di gelanggang olahraga, sekolah, dan lapangan mempunyai keunggulan dibanding tempat lain, yaitu tidak ada kendaraan, datar, dan memiliki ukuran panjang yang jelas.

Kekurangan trek lari hanya waktu operasional tempat tersebut terbatas dari jam buka dan tutup tempat trek lari tersebut.

4.    Treadmill

Treadmill menjadi pilihan jika Anda tidak bisa menemukan waktu olahraga karena sibuk dengan pekerjaan.

Dengan treadmill, Anda bisa jogging dengan kecepatan yang sudah diatur dan bisa dilakukan kapan saja.

Jadi, tempat terbaik untuk jogging adalah?

Setiap tempat jogging memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena itu Anda bisa menyesuaikan diri dengan tempat tersebut.

Dari ulasan tersebut, trek lari menjadi tempat terbaik untuk jogging karena tidak ada kendaraan, permukaan datar dan memiliki panjang yang jelas. Karena jam operasional yang terbatas, Anda yang memiliki banyak waktu cocok untuk lari di tempat tersebut.

Baca juga  5 Teknik Renang Gaya Dada yang Benar

Jika Anda tidak punya banyak waktu karena pekerjaan atau bisnis, maka tempat terbaik untuk jogging adalah treadmill karena Anda cukup menyetting kecepatan dan jarak yang ingin ditempuh.

Tinggalkan komentar