Teknik Taekwondo yang Sebaiknya Kamu Kuasai

Apa pun bela dirinya pasti membutuhkan teknik yang bagus, termasuk teknik taekwondo pada bela diri taekwondo. Teknik yang bagus dimulai dari kuda-kuda dan napas hingga tendangan dan pukulan. Taekwondo jika dibedah, tae bermakna tendangan, kwon …

teknik taekwondo

Apa pun bela dirinya pasti membutuhkan teknik yang bagus, termasuk teknik taekwondo pada bela diri taekwondo. Teknik yang bagus dimulai dari kuda-kuda dan napas hingga tendangan dan pukulan.

Taekwondo jika dibedah, tae bermakna tendangan, kwon memiliki arti pukulan, dan do artinya adalah seni atau metode. Singkatnya, taekwondo adalah seni bela diri dengan tendangan dan pukulan.

Jika kamu pernah bermain game legendaris bernama Tekken pasti tidak asing dengan Hworang dan Baek Doo-San, sehingga mungkin kamu sudah melihat sedikit teknik taekwondo dan terinspirasi dari mereka.

Berikut teknik taekwondo yang sebaiknya kamu kuasai dalam bela diri

teknik taekwondo

Cha Ryuht Shogi

Kuda-kuda adalah basis dari teknik taekwondo. Kuda-kuda yang benar dan kuat akan menghasilkan tendangan dan pukulan yang kuat pula.

Cha Ryuht Shogi adalah kuda-kuda dimana lengan sedikit ditekuk dan tangan dikepal. Sementara itu, kaki harus lurus.

Choon Bi

Biasanya, kuda-kuda ini adalah tanda untuk memulai atau tepatnya bersiap sebelum melakukan taekwondo, termasuk pola-pola umum dan khusus.

Selain sebagai awalan, Choon Bi juga digunakan untuk menyetop kegiatan taekwondo jika diperlukan.

Kaki harus selebar bahu, lengan ditekuk di depan tubuh, dan tangan selebar kepalan tangan di sekitar tinggi sabuk.

Dwi Koobi

Dwi Koobi adalah teknik taekwondo khusus dimana kuda-kuda tersebut mengharuskan tubuh diputar ke samping dan kaki di-split sebesar satu setengah lebar bahu.

Kaki depan mengarah langsung ke depan, sedangkan kaki belakang diputar sebesar 90 derajat atau membentuk sudut siku-siku. Selain itu, kaki juga harus sejajar dengan tumit.

Baca juga  Sejarah Dan Manfaat Zumba Untuk Kesehatan Lengkap

Untuk memastikan kamu membentuk kuda-kuda berbentuk huruf L sejajar dengan benar, kamu harus berdiri dengan kedua kaki rapat, putar jari-jari kaki dan gerakkan kaki belakang langsung ke belakang ke dalam kuda-kuda.

70 % dari beban harus berada di kaki belakang yang berarti kaki depan dapat melakukan tendangan cepat dan tidak akan kehilangan keseimbangan jika kakinya disapu oleh lawan.

Beom Seogi

Beom Seogi atau kuda-kuda harimau memposisikan kaki sedikit lebih lebar dari kepala. Sebagian besar beban ditempatkan pada kaki bagian belakang, sehingga kaki siap untuk melakukan tendangan.

Serangan dengan Tangan

Serangan dengan tangan dalam teknik taekwondo dilakukan dalam jarak dekat sebagai alternatif dari tendangan.

Serangan ini dieksekusi dengan beberapa cara, bisa saat melompat, berdiri, berputar, dan maju dengan cepat. Pukulan bisa dibuat dengan kombinasi cepat yang bisa membuat lawan tidak bisa mempertahankan dirinya saking cepatnya pukulan dan kombo yang dilakukan.

Berbagai permukaan tangan bisa digunakan karena tempat dilakukannya serangan bervariasi (bagian tubuh target yang diserang bervariasi). Karena itu posisi tangan juga akan berbeda-beda tergantung tujuannya.

1. Forefist

Sebuah tinju atau pukulan tertutup yang dapat didaratkan langsung untuk menyerang.

Ini adalah teknik tekwondo yang posisinya paling cocok untuk pukulan umum ke area tubuh yang lembut.

Tanpa perlindungan, tidak disarankan menyerang bagian wajah yang tipis karena kemungkinan besar jarimu akan patah setelah mengenai bagian pelipis paling keras dan tulang rahang.

2. Hammerfist

Pukulan tertutup ini gerakannya mirip palu. Serangan ini bisa mematahkan hidung lawan, sehingga lawan hampir mustahil untuk melakukan serangan balasan.

3. Doong Chumok

Tangan yang dikepal diayunkan ke belakang dan mengarah ke wajah lawan. Bagian belakang tangan lawan mengalami kontak dengan lawan dan momentum dibentuk pada ayunannya dan menghasilkan pukulan yang kuat.

Baca juga  Sejarah Tenis Meja di Dunia dan Indonesia

4. Serangan dengan Siku

Lengan bawah dilipat ke dalam, tepatnya ke arah tubuh dan pukulannya dilakukan dengan bagian luar lengan bawah atau siku.

5. Palm Heel

Pertahanan diri yang klasik dimana tanganmu ditarik ke belakang untuk melibatkan pangkal telapak tangan dalam serangan dan menyodorkannya ke atas.

Serangan ini cukup berbahaya jika dilayangkan ke bagian dagu atau pangkal hidung.

Serangan dengan Kaki

Sama seperti pukulan, serangan dengan kaki bisa dilakukan sambil berdiri, lompat, dll.

Beberapa teknik taekwondo dengan kaki, antara lain:

1. Ahp Chagi

Tendangan ini arahnya linear. Kamu bisa melakukan tendangan ini dengan menaikkan lutut ke pinggang, tarik kembali jari dan dengan cepat melayangkan kaki ke targetnya.

Biasanya tendangan ini yang harus dikuasai pertama kali oleh seorang pemula.

2. Yup Chagi

Tendangan yang kuat dimana kamu mengangkat lutut dan memutar tubuh sebesar 90 derajat, dan dengan cepat menjulurkan kaki secara bersamaan.

3. Tornado Kick

Seperti namanya, jika kamu melakukan tornado kick, kamu akan berputar pada arah kaki belakang sembari menaikkan lututnya dan melompat sambil mempraktekkan half-moon kick di udara.

Teknik Taekwondo Bisa Dipelajari sebagai Sarana Perlindungan Diri

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah rasa aman. Oleh karena itu, mempelajari ilmu bela diri bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan teknik taekwondo, kamu bisa melindungi dirimu sendiri. Selalu ingat, bahwa ilmu bela diri tidak bertujuan untuk berkelahi.

Tinggalkan komentar