5 Teknik Renang Gaya Dada yang Benar

Teknik renang gaya dada merupakan salah satu teknik berenang yang populer. Teknik ini mudah dipelajari dan memiliki sejumlah manfaat.

Teknik renang gaya dada

Teknik Renang Gaya Dada – Gaya renang dada ini biasa disebut dengan breaststroke. Gaya olahraga renang yang satu ini unik. Di setiap gerakannya mirip dengan katak yang berenang di air. Jika dilihat dengan seksama, gaya katak ini sangat mirip dengan merangkak di permukaan air dan dikombinasikan dengan gerakan kaki maupun tangan.

Gerakan renang gaya dada di dalam pelaksanaan ini mirip dengan hewan katak. Yang unik adalah renang gaya dada mudah untuk dipelajari dan juga cukup santai. Gaya satu ini lebih populer dibandingkan dengan gaya yang lainnya. Manfaat renang dengan gaya dada adalah membakar kalori sampai dengan fleksibilitas.

Berenang menjadi olahraga yang sangat bagus untuk menggerakkan dan juga membentuk seluruh otot. Bahkan gaya dada ini juga sangat bagus untuk pemula. Berikut ini adalah teknik renang gaya dada yang bisa penting untuk Anda perhatikan:

Posisi Badan

Teknik renang gaya dada yang pertama posisikan badan Anda terlebih dahulu saat akan meluncur. Saat akan meluncur ini Anda bisa memposisikan badan dan juga seluruh anggota badan rileks. Jangan sampai Anda mengeluarkan tenaga yang lebih dan badan Anda harus horizontal. Setelah meluncur posisi badan relatif diatas dan posisi kepala kira-kira 80 persen di dalam air dengan muka terangkat sedikit. Anda juga harus memperhatikan posisi tubuh. Renang dengan gaya dada ini bisa dilakukan dengan posisi telungkup.

Mengapung dan juga Gerakan Kaki

Anda bisa latihan mengapung dan juga menggerakkan kaki. Latihan ini bisa dilakukan bagi Anda yang belum bisa berenang. Latihan yang pertama Anda bisa mengapung dan juga latihan untuk menggerakkan kaki. Pada dasarnya tahapan belajar renang ini digunakan untuk pemula dan juga siswa SMP.  Teknik dasar mengapung yang benar bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  • Sikap awal. Anda bisa membuat kedua tangan berpegangan pada tepi kolam dan kedua kaki lurus ke belakang rata dengan permukaan air. Kepala atau muka ini harus menghadap ke depan.
  • Gerakan kaki. Anda bisa menggunakan papan dan juga bantuan saat berenang dengan gaya dada termasuk untuk melatih latihan kaki ini.

Gerakan Tangan

renang gaya dada

Sukses atau tidaknya teknik renang gaya dada ini adalah gerakan tangannya. Prinsip dari renang gaya dada ini adalah gerakan menarik dan kembali lengan atau tangan. Anda bisa melakukannya dengan posisi badan membungkuk berada di atas permukaan air, kedua tangan sejajar dan bahu lurus ke depan. Seluruh jari-jari tangan Anda rapat.

Muka Anda berada di permukaan air. Sambil menahan air tarik kedua tangan ke arah samping bawah dengan siku lurus. Saat siku berada di bawah dada segera dibengkokkan sampai membentuk sudut kira-kira 45 derajat. Yang harus diperhatikan saat menaik lengan ini gerakan seperti mendayung dan juga melampaui garis bahu.

Pada gaya renang dada telapak tangan saat mendayung ini menghadap ke samping dan saat membentuk sudut kedua telapak tangan akan menghadap ke bawah dan ibu jari tengah merapat. Saat lengan kembali di bawah dagu, lengan akan kembali ke sikap permulaan. Gerakan tangan yang benar setelah melakukan putaran harus kembali lurus di depan. Setelah itu tangan agak rapat untuk mendayung kembali.

Pengambilan Nafas

Untuk pengambilan nafas, sikap awal ini dengan berdiri di kolam dangkal, kemudian Anda bisa membungkuk agar tubuh rata dengan air. Muka bisa menghadap ke depan dan diantara kedua lengan lurus ke depan. Untuk gerakkan nafas ini Anda bisa mengangkat kepala ke atas sehingga mulut sejajar dengan permukaan air.

Anda bisa terus berlatih teknik renang gaya dada yang benar agar Anda semakin lancar dan ahli dalam berenang, dengan teknik yang benar Anda akan bisa mendapatkan banyak manfaat dari olahraga satu ini.

Tinggalkan komentar