5 Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik renang dengan gaya bebas merupakan teknik berenang dengan cara menelungkupkan badan. Seperti apa teknik renang gaya bebas yang benar?

Teknik renang gaya bebas

Teknik renang gaya bebas – Renang dengan gaya bebas merupakan teknik berenang dengan cara menelungkupkan badan. Hal yang perlu diperhatikan dalam gaya bebas adalah dengan mempertahankan wajah dan juga pandangan mata ke depan.

Gaya bebas memiliki manfaat membakar kalori di dalam tubuh lebih cepat dan juga melatih otot tangan. Berikut ini Desabola telah merangkumkan teknik renang gaya bebas yang benar dan bisa Anda lakukan di bawah ini:

teknik berenang

Posisi Tubuh

Teknik renang gaya bebas yang pertama adalah Anda bisa memperhatikan letak posisi tubuh. Hadapkan kepala Anda di dasar kolam, kemudian Anda bisa mengambil nafas ke permukaan. Arahkan kepala Anda ke samping, ayunkan tangan ke depan. Anda bisa menaikkan kedua kaki dan menurunkan kaki bergantian.

Yang harus diingat adalah posisi renang gaya bebas atau crawl ini sejajar dengan permukaan air. Saat Anda tidak bisa berenang Anda harus belajar berenang dari nol.

Maka gaya satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Dengan menguasai gerakan gaya renang bebas ini Anda akan mudah untuk menguasai gaya renang yang lainnya. Anda bisa mudah berenang dengan gaya dada, punggung dan juga kupu-kupu menjadi lebih mudah.

Gerakan Kaki

Untuk gerakan kaki di renang bebas ini Anda bisa menaik turunkan kaki Anda secara bergantian. Anda bisa memusatkan pada pangkal paha dan juga lutut Anda. Kaki Anda harus tetap di posisi point dimana posisi kaki Anda harus tetap lurus.

Sebagai latihan sederhana Anda bisa membiasakan kai Anda untuk mencambuk air. Caranya Anda bisa duduk di tepi kolam renang, Letakkan tangan Anda dengan berpegang pada kolam kemudian Anda bisa meluruskan kaki Anda ke depan dan gerakkan kedua kaki Anda secara bergantian.

Baca juga  Sejarah Bola Kasti di Dunia dan Indonesia

Melemaskan kaki Anda dan jangan kaku. Gerakkan kaki Anda mulai dari pangkal paha. Anda tidak perlu mengangkat kaki tinggi-tinggi namun cukup dekat dengan permukaan kaki.

Saat menggerakkan kaki gunakan variasi dengan gerakan badan yaitu sikap posisi meluncur. Tangan Anda bisa berpegang pada dinding kolam dan badan Anda telungkup ke air. Anda bisa menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian dan tidak perlu tinggi. Lakukan gerakan yang sama mulai dari pangkal paha.

Gerakan Tangan

Anda bisa mengayunkan kedua tangan bergantian kemudian tangan mendayung. Saat tangan mendayung, tubuh sedikit miring. Supaya tubuh bisa melaju lurus ke depan tangan Anda bisa masuk ke kolam dalam waktu satu detik.

Teknik Pernapasan

Anda bisa memutar kepala ke samping kemudian Anda bisa memasukkan napas melalui mulut. Anda bisa mengambil napas di sisi kiri dan juga mengambil napas pada sisi kanan. Anda juga bisa mengambil napas dari kedua sisi yaitu kanan maupun kiri.

Jika Anda masih dalam tahap pemula dan baru belajar berenang Anda bisa mengambil nafas sekali di dalam dua kali gerakan tangan. Untuk atlet profesional ini akan mengambil nafas sekali dalam delapan gerakan tangan. Untuk latihan pernapasan ini bisa Anda lakukan di kolam yang dangkal.

Anda bisa meletakkan lengan Anda lurus ke depan dan juga sejajar dengan permukaan air. Jika tangan kiri Anda ke depan maka Anda bisa mengambil nafas dengan memutar kepala kanan, begitu juga sebaliknya saat tangan kanan Anda ke depan, putar kepala Anda ke arah kiri.

Gerakan Meluncur

Renang gaya bebas sebaiknya diawali dengan gerakan meluncur. Gerakan meluncur ini bisa dilakukan di pinggir kolam renang caranya dengan membungkukkan badan Anda ke depan, kemudian letakkan kaki Anda di dinding kolam dengan posisi menekuk.

Baca juga  5 Bentuk Latihan Kecepatan untuk Meningkatkan Kemampuan Berlari

Setelah itu Anda bisa menolak dan mendorong kaki dan badan ke depan dengan kuat. Meluruskan kedua tangan kedepan seperti meluncur. Setelah Anda melakukan gerakan ini Anda bisa melanjutkan dengan gerakan gaya renang bebas selanjutnya.

Demikianlah beberapa teknik renang gaya bebas yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar