6 Teknik Passing Bola Basket

Teknik Passing Bola Basket – Passing menjadi salah satu teknik dasar permainan basket yang wajib dikuasai.  Mengetahui teknik passing ini sama pentingnya dengan menguasai teknik shooting bola basket.  Passing sendiri merupakan operan yang mana akan …

teknik bola basket

Teknik Passing Bola Basket – Passing menjadi salah satu teknik dasar permainan basket yang wajib dikuasai.  Mengetahui teknik passing ini sama pentingnya dengan menguasai teknik shooting bola basket.  Passing sendiri merupakan operan yang mana akan memudahkan rekan satu tim untuk melakukan tembakan yang terarah dan juga memuluskan strategi tim untuk bisa mengalahkan lawan secara keseluruhan.

Melatih teknik passing dalam permainan basketball ini tidak hanya bisa dilakukan 1 sampai dengan 2 hari. Untuk menyempurnakan teknik passing diperlukan bantuan rekan atau pelatih bola basket yang ahli.

Berikut ini adalah beberapa teknik passing dalam permainan bola basket yang harus Anda ketahui:

Chest Passing atau Operan Dada

teknik passing bola basket

Bagi pemula bisa mempelajari teknik passing bola basket terlebih dahulu baru belajar teknik passing yang lainnya. Operan dada atau yang biasa disebut dengan chest pass ini juga sering dilakukan oleh pemain level dunia sekalipun. Cara melakukan operan dada adalah mengandalkan dua tangan di depan dada kemudian dorong bola ke arah tertentu. Tekuk siku ke samping badan sampai bola dekat dengan dada Kaki dibuka selebar bahu dan lakukan kuda-kuda. Tekuk lutut, badan condong ke depan dan kemudian jaga keseimbangan.

Silahkan bola didorong ke depan dengan kedua tangan sambil meluruskan lengan kemudian akhiri dengan lecutan pergelangan tangan sehingga telapak tangan Anda menghadap ke bagian luar. Arah operan ini setinggi dada atau di antara pinggang maupun bahu penerima. Bersamaan dengan bola yang dilepas, berat badan kemudian dipindahkan ke depan.

Bounce Pass (Umpan Memantul)

Teknik passing bola basket yang harus diketahui selanjutnya adalah operan pantul atau bounce pass. Teknik passing ini berguna untuk mengoper bola ke arah teman Anda saat langkah Anda dihalangi oleh lawan Anda.  Selain itu bounce pass ini digunakan untuk mengelabui lawan.

Teknik satu ini seperti dengan operan dada, kemudian Anda bisa memantulkan bola ke lantai lapangan, kemudian arahkan bola sedemikian rupa sampai pantulannya ini bisa mengarah ke tangan rekan Anda dimana ketinggiannya di sekitar pinggang Anda.

Lakukan gerak lanjut dengan mengarahkan lengan ke arah sasaran di lantai lapangan setelah melepaskan bola. Anda bisa melangkah maju ke arah sasaran dengan salah satu kaki saat mengumpan bola.

Operan Atas atau Overhead Pass

Teknik satu ini melempar bola di atas kepala dengan menggunakan kedua tangan. Passing ini bertujuan untuk mengumpan bola ke pemain yang berdiri jauh di depan yang mana digunakan untuk melakukan serangan balik dengan cepat.

Caranya Anda bisa mencengkeram bola basket sekuat tenaga dengan menggunakan kedua telapak tangan, angkat lengan setinggi mungkin sampai lewat kepala, sebelum terlempar posisikan bola di belakang kepala. Lemparlah biola sekuat mungkin namun tetap kondisikan power sesuai dengan jarak yang akan Anda tuju.

Baseball Pass atau Lemparan Satu Tangan

Operan ini bisa Anda gunakan untuk melempar bola dalam jarak jauh. Saat akan melakukan lemparan Anda bisa berdiri di samping target kemudian angkat bola tepat diatas bahu, posisi tangan yang kan mengoper ini berada di belakang bola dan siku mengarah ke tanah.

Blind Pass (No Look Passing)

Blind pass adalah teknik mengoper bola ke rekan tim tanpa melihat posisi rekan tim tersebut. Teknik ini dilakukan secara cepat dan dimaksudkan mengecoh perhatian lawan. Meski cukup efektif, teknik ini cukup beresiko mengingat bola yang dilempar bisa saja langsung disergap pemain lawan. Oleh karena itu, teknik ini memerlukan kordinasi dan feeling yang kuat antar pemain.

Behind the Back Pass

Merupakan teknik passing yang sulit dimana operan harus dilakukan dengan memutar bola ke punggung dan mengelabui lawan. Passing ini digunakan untuk melempar bola ke pemain yang tertinggal di fast break.

Teknik passing dalam permainan bola basket yang disebutkan diatas bisa Anda pelajari mulai dari yang mudah terlebih dahulu seperti chest pass kemudian baru beralih ke teknik passing yang lebih sulit, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar