Teknik Menyundul Bola Dalam Permainan Sepakbola

Ada beberapa teknik yang bisa diaplikasikan saat menyundul bola.

Cristiano Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola – Sepak bola telah menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati publik di seluruh dunia. Tercatat ada lebih dari 3 miliar penduduk yang mencintai olahraga ini. Tak heran kalau ada banyak juga orang yang bercita-cita ingin menjadi pesepakbola profesional dan menguasai berbagai tekniknya. Seperti salah satunya teknik menyundul atau heading bola agar bisa terkontrol dengan baik.

Sama halnya dengan cara menendang atau menggiring bola , menyundul bola memiliki teknik  tersendiri yang harus dikuasai. Heading adalah saat Anda menyundul bola menuju target yang diinginkan. Oleh karena itu Anda perlu menguasai beberapa unsur dan cara dalam menyundul bola agar mendapat kontrol dan akurasi yang baik.

teknik menyundul bola
Ilustrasi Heading. Sumber: Wikimedia Indonesia

Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri

Teknik menyundul bola yang paling dasar adalah melakukannya dengan sikap berdiri. Cara ini bisa dilakukan saat pemain perlu menyundul bola lambung yang tidak terlalu tinggi sehingga masih dapat dijangkau oleh kepala tanpa harus melompat. 

Untuk menguasai cara ini, Anda bisa melakukannya dengan beberapa persiapan sebagai berikut:

  • Arah pandangan yang benar saat persiapan untuk melakukan teknik dasar menyundul bola adalah menghadap depan ke arah datangnya bola. 
  • Kedua kaki ditekuk sedikit ke belakang sehingga lutut dapat menekuk.
  • Badang condong ke arah belakang untuk ancang-ancang menyundul bola.
  • Otot perut dikencangkan dan panggul didorong seiring dengan meluruskan lutut. 
  • Condongkan tubuh ke arah depan dan bola disundul ke target yang dituju dengan sempurna.

Menyundul Bola dengan Melompat

Setelah menguasai teknik menyundul bola dengan sikap berdiri, maka Anda dapat melanjutkan ke heading dengan melompat. Cara heading ini dapat dilakukan tanpa awalan atau dengan awalan terlebih dulu, sesuai kenyamanan masing-masing pemain.

Jika Anda melakukan cara ini tanpa awalan, maka kedua kaki digunakan untuk melompat. Sedangkan jika dengan awalan, hanya salah satu kaki atau bisa juga kedua kaki yang digunakan untuk melompat.

Cara ini tergolong sulit dilakukan jika Anda sedang dikepung oleh lawan. Namun tenang saja, berikut penjelasannya supaya Anda bisa terus melatih heading bola dengan baik:

  • Gerakan ini dilakukan saat tubuh dalam posisi atas atau melompat. 
  • Sikap kedua lutut yang benar saat persiapan untuk melakukan teknik dasar menyundul bola adalah dengan menekuk kaki ke belakang dan melakukan tolakan. 
  • Anda bisa melakukan sundulan saat tubuh berada di titik paling atas tolakan atau sebelumnya, sesuai dengan arah datangnya bola.
  • Sundul bola ke arah depan atau menuju target yang Anda inginkan. 

Menyundul Bola dengan Berlari

Teknik menyundul bola memang ada banyak macamnya. Dan kali ini Anda bisa melakukannya dengan cara menyundul sambil berlari. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Saat berlari, posisikan tubuh ke arah bola yang datang.
  • Gerakan kepala yang benar saat melakukan teknik dasar menyundul bola adalah fokus pada arah datangnya bola dan lakukan sundulan sesuai target yang diinginkan.

Menyundul Bola dengan Sikap Melayang

Metode terakhir yang perlu Anda kuasai adalah menyundul dengan sikap melayang. Cara ini bisa sangat efektif untuk menciptakan gol saat bola berada di area gawang lawan. Pemain biasanya menyundul bola dengan melayang pada saat terjadi rebound atau umpan lambung yang tidak terjangkau.

Setelah itu pemain akan melompat dan melayang di udara menuju arah bola sambil mendorong bola ke target yang diinginkan. Hasil sundulan dengan melayang bisa sangat memuaskan apabila target terarah dengan baik. Untuk menguasaiheading bola dengan sikap melayang ini Anda perlu melakukannya secara berulang agar terbiasa dan mendapat momentum yang tepat.

Baca juga  Sejarah Persib Bandung dari Era Pra-Kemerdekaan Hingga Kini

Tinggalkan komentar