Teknik Menggiring Bola yang Baik dan Benar

Teknik menggiring bola adalah salah satu teknik paling sulit untuk dikuasai oleh pemain sepak bola.

Lionel Messi

Teknik Menggiring Bola – Menggiring bola atau disebut juga dribble menjadi salah satu teknik dasar  sepak bola yang wajib dikuasai oleh semua pemain sepak bola. Tak hanya pada posisi penyerang, seluruh pemain di lapangan perlu mengetahui bagaimana teknik menggiring bola yang tepat. Secara umum, teknik ini dilakukan untuk membawa bola menuju gawang lawan dan mencetak gol. 

Dalam sepak bola, kemampuan menggiring bola bisa jadi penentu permainan. Seperti yang dikutip dari Wikipedia, dribble adalah salah satu gerakan sepak bola yang sangat sulit dikuasai namun menjadi penentu terutama pada saat menyerang. Lalu bagaimana teknik dasar menggiring bola pada permainan sepak bola? Berikut ulasan selengkapnya.

Berikut Beberapa Teknik Menggiring Bola

Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik Menggiring Bola Messi
Messi saat menggiring bola. Sumber: Wikimedia Commnos

Saat mempelajari teknik dasar menggiring bola, pertama-tama Anda perlu melakukannya dengan kaki bagian dalam. Menggiring bola dengan kaki dalam akan memudahkan pemain untuk mengecoh lawan karena posisi bola sepenuhnya dikuasai dengan kaki. Anda bisa memanipulasi lawan dengan menerobosnya atau menciptakan umpan lambung yang akurat untuk penyerang.

Cara melatih menggiring bola dengan kaki bagian dalam ialah sebagai berikut:

  • Awali posisi dengan berdiri dan pandangan lurus ke depan. 
  • Posisikan kedua tangan sedikit membuka untuk menciptakan jarak dengan tubuh.
  • Dorong bola ke arah depan menggunakan kaki bagian dalam dengan posisi tubuh condong ke depan dan posisi kaki sedikit terangkat dari tanah. 
  • Tumpuan tubuh berada di salah satu kaki yang bebas atau tidak menggiring bola.

Anda perlu melakukannya sesuai dengan langkah-langkah di atas agar terbiasa saat menggiring bola dengan kaki bagian dalam. 

Dengan Kaki Bagian Luar

Untuk yang kedua, Anda perlu menguasai teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian luar. Teknik ini sangat populer karena memiliki kelebihan dalam mengecoh lawan dari sisi samping. Namun Anda tetap harus berhati-hati saat melakukan dribble ini karena kaki bagian luar juga memiliki kelemahan.

Anda akan merasa kesulitan mengecoh lawan dari arah kanan apabila Anda menggunakan kaki kanan untuk menggiring bola, begitu juga sebaliknya. Selain itu, menggiring bola dengan kaki bagian luar juga tidak bisa dilakukan dengan kecepatan tinggi dan akurasinya rendah. 

Posisi bola dan kaki yang benar saat melakukan dribble dengan kaki bagian luar adalah:

  • Berdiri dengan pandangan lurus ke depan dan buka lengan selebar 30 derajat. 
  • Putar pergelangan kaki ke dalam dan lakukan gerakan dasar menggiring bola dengan kaki bagian luar. 
  • Dorong dan giring bola ke arah depan.
  • Tumpuan tubuh di salah satu kaki yang bebas atau tidak sedang menggiring bola.

Dengan Punggung Kaki

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa menguasai teknik menggiring bola dengan punggung kaki. Teknik ini terbilang lebih mudah dilakukan dan memiliki banyak kelebihan. Pemain akan lebih mudah menggiring bola dengan kecepatan tinggi dan akurasi yang lebih terarah. 

Namun kelemahan cara ini adalah pemain akan kesulitan mengecoh lawan, baik dari sisi kiri maupun kanan. Oleh karena itu Anda perlu mengkombinasikannya dengan teknik dribbling yang lain agar menciptakan kenyamanan dan variasi serangan yang baru.

Teknik dasar permainan sepak bola untuk menggiring dengan punggung kaki ialah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan pandangan lurus ke depan dan renggangkan kedua tangan ke samping tubuh.
  • Putar pergelangan kaki ke bawah. 
  • Dorong dan giring bola dengan punggung kaki ke arah depan.
  • Tumpuan tubuh berada di salah satu kaki yang bebas atau tidak sedang menggiring bola.
Baca juga  Apa Itu Kepanjangan FIFA, Tujuan dan Fungsinya

Tinggalkan komentar