Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Teknik Dasar permainan Bola Kasti – Salah satu olahraga yang cukup seru untuk dimainkan adalah bola kasti. Permainan yang menggunakan bola kecil dan stik pemukul ini membutuhkan keterampilan individu dan tim yang kuat. Teknik dasar …

teknik permainan bola kasti

Teknik Dasar permainan Bola Kasti – Salah satu olahraga yang cukup seru untuk dimainkan adalah bola kasti. Permainan yang menggunakan bola kecil dan stik pemukul ini membutuhkan keterampilan individu dan tim yang kuat. Teknik dasar permainan bola kasti juga terbilang sederhana, bahkan kerap diajarkan di bangku Sekolah Dasar.

Biasanya, permainan ini sering dimainkan saat kegiatan olahraga di sekolah. Selain bagus untuk melatih fisik dan ketangkasan, kasti juga mampu meningkatkan kemampuan motorik. Apalagi jika Anda menguasai teknik dasar dalam permainan bola kasti, pasti olahraga ini semakin kompetitif dan seru.

Teknik Dasar Bola Kasti

Bola kasti sebagaimana olahraga lainnya, memiliki peraturannya sendiri. Permainan bola kasti bisa dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berperan sebagai tim pemukul dan tim penjaga. Oleh karena itu, Anda perlu menguasai teknik dasar permainan bola kasti saat memukul maupun menjaga.

Teknik Melempar Bola Kasti

teknik bola kasti
Sumber: Teknik Melempar Bola Kasti. Sumber: Pixabay

Saat tim Anda berposisi sebagai pemukul, maka ada pemain yang berperan sebagai pelempar bola. Agar dapat melempar bola tersebut dengan power dan akurasi yang tepat, Anda perlu mengetahui beberapa teknik berikut ini:

Lemparan Bola Mendatar

Teknik ini fokus pada lemparan mendatar ke arah target. Posisikan tubuh dengan tegak dan arahkan pandangan ke target lemparan. Lemparkan bola dengan arah mendatar menggunakan tangan kanan atau yang paling dominan.

Lemparan Bola ke Bawah

Saat melempar bola kasti, Anda juga bisa menguasai teknik melempar ke bawah. Posisikan badan dengan tegak sempurna agar bola melesat sesuai target. Arahkan pandangan ke target dan lempar bola ke arah bawah.

Lemparan Melambung

Teknik selanjutnya adalah melakukan lemparan lambung. Posisikan badan condong ke belakang sebelum melempar bola dan arahkan pandangan ke lawan. Lalu lempar bola ke atas agar melambung sesuai target Anda.

Teknik Memukul Bola Kasti

teknik memukul bola kasti
teknik memukul bola kasti. Sumber: Pixabay

Seperti halnya teknik melempar, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memukul bola kasti yang benar, yaitu sebagai berikut:

Pukulan Mendatar

Teknik dasar permainan bola kasti saat memukul adalah melakukan pukulan mendatar. Posisikan tubuh tegak sambil memegang pemukul dan perhatikan arah datangnya bola. Pukul keras bola ke arah mendatar di saat bola mengenai pemukul.

Pukulan ke Bawah

Anda juga bisa mengarahkan pukulan ke bawah dengan fokus membidik area bawah. Tetap perhatikan posisi tubuh supaya tegak dan tunggu datangnya bola lalu pukul dengan keras ke arah bawah.

Pukulan Melambung

Teknik  bola kasti untuk memukul yang terakhir adalah pukulan lambung. Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola dan jaga posisi tetap tegak. Setelah bola dilempar oleh lawan, pukul dengan keras ke arah atas agar bola melambung.

Teknik Menangkap Bola Kasti

Jika Anda berposisi sebagai pemain yang menangkap bola, maka Anda bisa menguasai teknik tangkapan berikut ini:

Tangkapan Bola Mendatar

Saat bola datang dengan arah yang datar, maka Anda bisa langsung menangkapnya dengan posisi siku tangan di hadapan dada dan badan berdiri tegak. Posisikan kaki kanan di depan untuk menjaga tubuh lebih stabil. 

Tangkapan Bola Arah Bawah

Jika bola datang dari arah bawah, pastikan tubuh tetap tegak dan tekuk kaki kiri dengan posisi lutut kaki kanan menempel ke tanah. 

Tangkapan Bola Melambung

Teknik dasar permainan bola kasti saat menangkap bola yang melambung adalah dengan memusatkan tubuh dalam posisi tegak. Kaki kanan di depan dan posisi siku dibengkokkan sambil meregangkan telapak tangan untuk menangkap bola lambung.

Baca juga  Pengertian Roll Depan dan Cara Melakukannya

Tinggalkan komentar