Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Permainan bola basket adalah jenis olahraga yang menggunakan bola dan mengutamakan kecepatan tangan. Permainan bola basket menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat dengan National Basketball (NBA) sebagai kompetisi utamanya. Tak hanya di AS, NBA …

teknik dasar bola basket

Permainan bola basket adalah jenis olahraga yang menggunakan bola dan mengutamakan kecepatan tangan. Permainan bola basket menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat dengan National Basketball (NBA) sebagai kompetisi utamanya. Tak hanya di AS, NBA merupakan kompetisi basket paling bergengsi di dunia. Di luar itu, olahraga bola basket pun sangat banyak digemari oleh anak-anak muda. Untuk menjadi pebasket handal tentu kita perlu memahami teknik dasar permainan bola basket secara keseluruhan. Berikut penjelasannya,

Teknik Jump Ball

Jump ball dikenal sebagai teknik mengawali permainan bola basket. Situasi ini dilakukan pada saat awal babak pertama dan babak kedua. Istilah Jump ball sama dengan istilah Kick Off dalam sepak bola.

Teknik Jump ball dilakukan pada saat perebutan bola antara dua pemain atau lebih dari masing-masing kelompok yang berusaha menguasai bola terlebih dahulu, sehingga cukup sulit untuk masing-masing pemain mendapatkan bola tersebut. Sedangkan wasit tidak bisa menentukan tim yang harus memulai pertandingan.

Akhirnya terjadilah teknik Jump ball untuk menentukan tim mana yang menguasai bola lebih dahulu. Dengan dua pemain saling berhadapan atas instruksi wasit, karena diwaktu yang sama wasit pun melambungkan bola itu di antara kedua pemain tersebut.

Teknik Dasar Bola Basket : Passing

teknik dasar bola basket pass

Passing merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket dengan mengutamakan fokus pada bola dan ketepatan memberikan bola untuk rekan satu tim. Teknik ini memang sering digunakan dalam praktek permainan bola basket, dengan mengoper bola kepada rekan yang memiliki posisi lebih dekat dan posisi yang kosong atau tanpa pengawalan.

Hal ini bertujuan untuk penguasaan bola secara efektif, sedangkan penguasaan bola yang efektif akan memberikan peluang sebuah tim mencetak angka sebanyak mungkin.
Untuk prakteknya ada beberapa teknik passing dalam permainan bola basket seperti,

  • Chest Pass, yakni teknik mengoper bola dengan kedua tangan didepan dada, kemudian dorong bola ke depan sambil melecutkan kedua pergelangan tangan ke arah pemain yang dituju.
  • Bounce Pass, teknik ini dilakukan dengan cara memantulkan terlebih dahulu laju bola ke lantai untuk menghindari pergerakan lawan yang umumnya bertubuh tinggi.
  • Overhead Pass, yakni teknik mengoper bola dengan posisi tangan diatas kepala. Operan ini umumnya dilakukan oleh pemain dengan postur tinggi untuk menyulitkan pemain lawan menjangkau bola tersebut.
  • Baseball Pass, adalah teknik mengoper bola basket dengan cara yang mirip dengan mengoper bola baseball, yakni menggunakan satu tangan dengan mengayunkan posisi bola dari samping badan. Operan ini umumnya dilakukan untuk pergerakan jarak jauh rekan satu tim atau umpan jarak jauh.
  • Hook Pass, teknik ini dikenal sebagai operan kaitan yang sering tidak terduga. Operan ini sering dilakukan saat situasi sulit atau ketika pemain banyak dijaga oleh tim lawan. Namun, ternyata hook pass merupakan teknik yang cukup bagus untuk pemain yang sering berada di wilayah ring, ia bisa sekaligus menembakan posisi bola itu untuk memasukkannya ke dalam ring.

Teknik Menangkap Bola (Catching)

Teknik menangkap bola ini pada dasarnya memiliki kaitan dengan beberapa teknik passing yang sebelumnya sudah dijelaskan. Artinya adalah saat ada yang mengoper bola maka disitu harus ada penerima bola. Setiap pemain dituntut untuk selalu siap saat proses itu berlangsung. Karena pada kenyataannya, saat proses menerima bola itu, pemain yang berusaha keluar dari penjagaan lawan saja itu belum cukup.

Karena fokus utama dalam teknik ini yakni pada pergerakan bola. Proses penerimaan bola yang baik akan menentukan kelanjutan jalannya pertandingan khususnya bagi tim yang sedang menguasai bola basket.

Teknik Dribbling

Teknik dribbling dilakukan untuk penyerangan yang bersifat cepat dan sporadis. Dribbling adalah upaya menguasai bola dengan cara memantulkan bola ke lantai menuju garis pertahanan lawan diikuti dengan pergerakan kaki seirama demi mempertahankan laju lari dan membawa bola dari satu spot ke spot lainnya.

Berikut merupakan cara melakukan dribbling :

  • Peganglah bola dengan tenang menggunakan kedua tangan.
  • Menjaga jarak dengan lawan dan tetap menguasai situasi dan kondisi sekitar.
  • Posisikan badan agak condong kedepan.
  • Berdiri dengan kaki yang sedikit terbuka.
  • Lalu mulailah memantulkan bola dengan tangan, usahakan laju bola yang memantul tidak dipukul melainkan memantulkan dengan kecepatan sedang menggunakan jari-jari tangan yang dibantu dengan pergerakan tangan.
  • Perhatikan posisi tangan tetap di atas bola.
  • Jaga pantulan bola tetap rendah.

Teknik Dasar Bola Basket : Shooting

teknik dasar bola basket shoot

Shooting dalam permainan bola basket merupakan teknik memasukan bola ke dalam ring tim lawan. Setiap pemain pada umumnya harus memiliki kemampuan shooting, karena pada proses serangan setiap pemain memiliki kesempatan yang sama untuk menembak langsung hingga menghasilkan poin.

Melakukan shooting bola basket ke dalam ring lawan merupakan salah satu upaya sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Untuk dapat menciptakan poin tentu tidak sekedar menembak bola begitu saja, melainkan dibutuhkan teknik dasar cara shooting bola basket yang baik dan benar seperti :

  • Tembakan satu tangan (One-hand Set Shoot), yakni tembakan dengan mengutamakan target ke ring lawan dengan merentangkan kaki dan bahu. Lalu lenturkan pergelangan serta jari-jari,dan lemparkan bola tersebut.
  • Lemparan bebas (Free throw), dalam praktiknya tembakan seperti ini menggunakan metode lemparan bebas. Teknik melakukannya hampir sama dengan One-head set shoot hanya saja pada free throw ini menggunakan dua tangan.
  • Tembakan sambil melompat (Jump shot), teknik ini hampir sama dengan tembakan satu tangan hanya saja ada dua penyesuaian dasar. Dimana pada tembakan melompat saat mengangkat bola harus lebih tinggi, fokus pada lompatan lalu menembak dan sesuaikan tinggi lompatan dengan jarak tembakan.
  • Lay Up, tembakan lay up dilakukan saat pemain memiliki jarak dekat dengan ring basket. Untuk dapat melakukan lompatan ini, pemain harus memiliki kecepatan pada tiga atau empat langkah terakhir.
  • Slam Dunk, teknik ini biasa dikenal dengan hujaman dan mengutamakan tingkat akurasi yang tinggi. Dimana pemain berusaha memasukan bola ke dalam ring dengan menghujamkannya. Gerakan ini diawali dengan berlari dan melompat lalu lepaskan bola, posisi telapak tangan pemain akan menyentuh besi pada ring basket, kemudian diakhiri dengan pendaratan yang seimbang.

Demikianlah teknik dasar permainan bola basket yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar