Beberapa Teknik Dasar Menahan Bola Pada Olahraga Sepak Bola

Dalam olahraga sepak bola, cara menahan bola adalah hal yang perlu untuk dipelajari. Jika anda belum mengetahui tentang teknik dasar menahan bola, anda akan kesulitan untuk menerima bola dari kawan dan mudah direbut oleh lawan. …

teknik dasar menahan bola

Dalam olahraga sepak bola, cara menahan bola adalah hal yang perlu untuk dipelajari. Jika anda belum mengetahui tentang teknik dasar menahan bola, anda akan kesulitan untuk menerima bola dari kawan dan mudah direbut oleh lawan. Ada banyak cara untuk menahan bola, yaitu dengan menggunakan dasar kaki, kaki bagian dalam, dada, paha, perut, dan punggung kaki. Berikut ini adalah beberapa teknik menahan bola yang bisa anda pelajari:

Menahan bola dengan menggunakan dasar kaki

Usahakan badan menghadap pada arah bola datang. Salah satu kaki diangkat saat lutut agak ditekuk, dan sentuh bola dengan telapak kaki dengan menghadap ke depan. Untuk menyeimbangkan diri, badan harus berada di kaki tumpu atau kaki yang tidak menahan bola. Cara yang satu ini cocok untuk bola datar atau bola yang jatuh.

Teknik menahan bola dengan kaki bagian dalam

Pastikan anda selalu siap mengarahkan pandangan ke arah datangnya bola dan bagaimana geraknya. Lakukan sikap awal dengan cara memutar pergelangan kaki ke arah luar, lalu kunci posisi tersebut sampai bola datang. Usahakan anda menjulurkan kaki tepat ke arah bola yang akan anda tahan. Setelah anda mendapatkan bola, tarik kembali ke belakang sesuai dengan alur gerakan bola sampai mengenai kaki bagian dalam.

Jika anda sudah terbiasa dengan teknik ini, anda bisa membuat bola bertahan dan berhenti tepat di depan badan. Usahakan bawa berat badan anda ke depan selagi kaki yang tidak digunakan untuk menahan bola menjadi tumpuan berat badan. Lanjutkan dengan pandangan ke depan untuk membawa bola dan mengecoh lawan.

Baca juga  Inilah Kiper Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Menahan datangnya bola dengan punggung kaki

teknik dasar menahan bola

Awali dengan bersiap untuk menerima bola dari depan dan konsentrasi pada arah datangnya bola. Kunci dan tarik pergelangan kaki ke bawah seperti posisi menekuk ke atas. Saat bola datang dari atas, julurkan kaki anda dengan lutut sedikit ditekuk. Selanjutnya tarik kembali kaki bagian belakang sesuai dengan arah bola setelah menyentuh punggung kaki.

Bola akan berhenti dan bertahan di depan anda. Anda tidak harus melakukan tarikan, tetapi bisa juga divariasi dengan sedikit sentuhan. Jatuhkan bola diantara kedua kaki anda. Teknik ini bisa dilatih dengan cara juggling khusus dengan menggunakan punggung kaki. Meski sedikit sulit untuk memposisikan bola ke punggung kaki, tetapi jika terbiasa akan terasa lebih mudah.

Posisi menahan bola dengan menggunakan dada

Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola saat datang dari udara setinggi dada. Cara menahan bola tidak harus menunggu bola ke bawah, tetapi kita bisa juga menjemput bola di udara saat posisinya pas di depan atau sedikit di atas dada kita.

Caranya adalah fokuskan pandangan anda mengikuti bola sampai bola bisa mencapai bagian tengah dada anda, lalu lebarkan dada dan kedua lengan ke samping badan untuk menjaga keseimbangan. Jika teknik dilakukan dengan tepat, anda bisa menahan dan meletakkan bola ke bawah tepat di depan kaki anda.

Menghentikan bola dengan paha

Peraturan awal di setiap kontrol bola, anda harus fokus pandangan pada arah bola datang, dan mempersiapkan bagian tubuh mana yang akan menghentikan bola. Gerakkan tubuh ke belakang atau ke depan sesuai dengan gerakan bola. Seimbangkan tubuh bagian paha dengan cara mengangkat satu kaki dan ditekuk sedikit. Hentikan bola pada bagian tengah paha, lalu jatuhkan bola tepat diantara dua kaki anda.

Baca juga  Pengertian dan Tugas Wasit dalam Sepak Bola

Teknik ini hampir sama dengan cara menahan bola saat di udara, tetapi posisi bola lebih rendah daripada perut. Usahakan anda menggunakan kaki satunya untuk tumpuan, agar tetap seimbang saat anda menerima bola dan akan menggiring bola kembali.

Menghentikan bola dengan perut

Pandangan menuju bola, dan fokuskan bagian tubuh yang akan anda gunakan untuk menerima bola. Badan harus bergerak sesuai dengan arah datangnya bola. Jaga keseimbangan tubuh anda secara keseluruhan agar bola bisa berhenti sebentar di area perut.

Untuk memudahkan bola tetap berada di perut anda selama sepersekian detik, anda perlu sedikit mengangkat bagian perut ke atas seperti landasan untuk berhentinya bola. Setelah bola menyentuh perut, tegakkan lagi badan untuk menyeimbangkan posisi dan bola akan jatuh diantara dua kaki.

Begitulah beberapa teknik dasar menahan bola yang bisa anda pelajari. Menghentikan bola setelah menerima operan dari kawan atau hasil merebut dari bola lambung harus dikuasai untuk melakukan pertahanan serta serangan yang menguntungkan bagi tim. Memang terkesan simpel, tetapi teknik-teknik tersebut harus dibiasakan agar semakin mahir. Semakin sering anda melatih teknik ini, semakin jitu anda bisa mengatur pola serangan dengan cara mengontrol lalu mengumpan, atau menahan bola lalu melakukan tendangan menuju gawang.

Tinggalkan komentar