Teknik Dasar dan Peraturan Tenis Lapangan

Olahraga tenis lapangan adalah permainan menggunakan raket untuk memukul bola tenis dengan ukuran kecil. Permainan Tenis bisa dilakukan di lapangan tanah liat, semen, atau rumput.  Olahraga ini bisa dimainkan perorangan, ganda, atau campuran. Cara mendapatkan …

olahraga tenis

Olahraga tenis lapangan adalah permainan menggunakan raket untuk memukul bola tenis dengan ukuran kecil. Permainan Tenis bisa dilakukan di lapangan tanah liat, semen, atau rumput. 

Olahraga ini bisa dimainkan perorangan, ganda, atau campuran. Cara mendapatkan skor dalam permainan tenis adalah memukul bola sampai melalui net ke area lawan dan lawan tidak bisa mengembalikan bola. 

Mari kita pelajari sejarah, peralatan, serta teknik dasar serta peraturan olahraga tenis lapangan. 

Sejarah olahraga tenis

Pada bahasa Perancis, Tenez adalah bersiap atau kerjakan. Olahraga bola kecil ini sudah dimainkan sejak jaman sebelum masehi. Tetapi sejarah menunjukkan bahwa lapangan tenis berasal dari abad 11.

Masyarakat Perancis melakukan permainan jeu de peume dengan cara yang hampir sama dengan tenis lapangan modern. Dua abad kemudian permainan ini menyebar ke negara Eropa lainnya.Sedangkan raket bersenar mulai muncul pada abad 15 di Italia.

Setelah penyelenggaraan tenis paling bergengsi di dunia di Wimbledon pada tahun 1877, beberapa tahun kemudian mulai terbit standar peraturan dan organisasi khusus kompetisi tenis lapangan. 

Peralatan olahraga tenis lapangan

Anda hanya bisa melakukan olahraga tenis lapangan jika beberapa peralatan ini sudah tersedia:

Lapangan

Ukuran lapangan standar kompetisi sudah ditentukan oleh International Tennis Federation (ITF).  Untuk permainan tunggal, lapangan mempunyai panjang 23,77 meter dan lebar 8,23 meter. Sedangkan permainan ganda mempunyai panjang 23,77 meter dan lebar 10,97 meter. 

Ada tiga jenis lapangan yang bisa digunakan pada permainan tenis, seperti lapangan yang terbuat dari semen, lapangan rumput, dan lapangan tanah liat.

Baca juga  Cara Membuat Badan Sixpack Dengan Berolahraga Yang Tepat

Lapangan semen

Lapangan jenis ini paling sering digunakan di kompetisi atau lapangan latihan biasa. Semen membuat laju bola tenis mempunyai kecepatan sedang hingga cepat. 

Lapangan rumput

Syarat dari lapangan rumput adalah mempunyai tanah yang keras dengan bidang datar agar bola bisa memantul balik ke atas. Kekurangan dari jenis lapangan ini adalah perawatannya yang sangat mahal. Sekarang lapangan rumput sudah sangat jarang digunakan. 

Lapangan tanah liat

Lapangan ini terbuat dari pasir batu bata atau serpihan tanah liat. Anda bisa melakukan rally panjang pada lapangan ini karena laju bola melambat. Contoh lapangan tanah liat berada di Rolang Garos, Perancis.

Raket

Raket yang digunakan untuk pemain dibagi sesuai dengan usia penggunanya. Raket anak dengan 250 gram, raket remaja putri dengan 290 gram, raket remaja putra 295 gram, raket dewasa wanita dengan 300 gram, dan dewasa pria dengan 310 gram.

Net

Lapangan tenis memiliki tiang penyangga net dengan tinggi 106,7cm dengan tinggi net 91,4cm. Terdapat garis putih pada bagian teratas dari net, dengan benang net berwarna hitam atau hijau tua.

Bola tenis

Bola pada permainan tenis memiliki aturan khusus dengan garis tengah penampang 63,50-66,77mm dengan berat 56,70-58,48gram. Kekuatan pantul bola 1.346-1.473mm saat dijatuhkan pada ketinggian 2.450mm. Tidak ada jahitan pada bagian bola manapun.

Teknik dasar permainan tenis

olahraga tenis

Ada beberapa teknik yang bisa anda pelajari dalam memulai olahraga tenis.

Posisi bersiap

Posisi ini dilakukan saat anda akan mengembalikan servis dari lawan. Badan sedikit membungkuk, dengan lutut menghadap depan dan agak ditekuk. Raket dipegang di bagian depan kedua tangan memegang bagian raket. Usahakan kepala raket berada sejajar dengan bahu untuk reflek pengembalian bola dengan cepat. Khusus untuk menghadang bola cepat dari lawan, anda perlu merendahkan posisi raket sampai setinggi pinggang.

Baca juga  8 Peralatan Olahraga di Rumah Sederhana Terbaik

Cara memegang raket

Ada empat cara untuk memegang raket, yaitu Eastern grip, Continent grip, Western grip, dan Semi-Western grip.

Eastern grip adalah menggenggam raket dengan posisi jari-jari seperti sedang melakukan handshake, dengan mempertahankan posisi hingga raket tidak bergoyang saat melakukan pukulan.

Western grip menggunakan tangan kiri untuk memegang raket dengan telapak tangan berada di bawah pegangan raket. Sedangkan Semi-Western grip tidak jauh beda dengan genggaman lainnya seperti posisi handshake. Posisi grip ini sering digunakan untuk melakukan putaran bola kencang untuk bertahan ataupun menyerang.

Continental grip adalah memposisikan gagang raket dengan ibu jari dan telunjuk sampai membentuk huruf V. Tahan posisi tersebut dengan jari lain mengelilingi raket dengan kuat.

Peraturan skor tenis

Olahraga tenis mempunyai tiga sistem penilaian yaitu games, poin, dan set. Jika ingin memenangkan pertandingan, pemain harus bisa menungguli set lawan. Jumlah set akan ditentukan panitia sesuai dengan peraturan kejuaraan. Ada yang menggunakan sistem 3 set, 5 set, atau lebih.

Setiap game ada poin tersendiri saat anda berhasil menjatuhkan bola ke area lawan tanpa ada balasan. Setiap poin pada permainan tenis bukanlah angka biasa seperti 1 dan seterusnya, tetapi poin pertama 15, kedua 30, dan ketiga 40. Pemain akan memenangkan game saat sudah mencetak poin 40. Jika pemain memiliki selisih game unggul minimal 2 game, makan dialah yang keluar sebagai pemenang.

Saat poin pemain sama-sama 40, akan berlaku aturan deuce dengan salah satu pemain harus mencetak poin lagi hingga selisih 2 poin unggul dari lawan. Ada juga aturan tie-break jika kedua pemain memiliki poin 6 dalam satu set dengan pemain yang mencetak poin akan dihitung dengan angka 1 dan seterusnya.

Baca juga  Fakta F1 yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Salah satu pemain yang berhasil mendapatkan 7 poin terlebih dahulu atau selisih 2 poin akan menjadi pemenang tie-break dan set.

Menarik bukan? Cobalah olahraga tenis dengan pemain lain atau bermain ganda dengan 3 teman anda. Simak juga perbedaan tenis lapangan dengan tenis meja

Tinggalkan komentar