Teknik Dasar Bola Voli Dan Peraturan Permainannya

Setiap orang sudah tidak asing dengan permainan bola voli. Olahraga ini banyak peminatnya di masyarakat kita, mulai dari anak muda sampai dengan dewasa. Dimanapun ada lapangan yang tidak begitu besar yang ada di kota atau …

bola voli

Setiap orang sudah tidak asing dengan permainan bola voli. Olahraga ini banyak peminatnya di masyarakat kita, mulai dari anak muda sampai dengan dewasa. Dimanapun ada lapangan yang tidak begitu besar yang ada di kota atau desa, anda akan menemukan tempat untuk bermain bola voli.  Meskipun kita sudah tahu hal yang umum seperti olahraga bola voli dimainkan dengan enam pemain, masih banyak yang perlu kita ketahui seperti pengertian umum tentang permainan bola voli, teknik dasar bola voli, dan manfaat bermain bola voli.

Pengertian permainan bola voli

Bola voli termasuk cabang olahraga bola besar. Permainan bola voli adalah pertandingan yang membutuhkan dua tim untuk saling berhadapan untuk mencetak skor dan memenangkan pertandingan. Caranya adalah memukul bola voli dan melalui atas net yang diletakkan di tengah lapangan. Pemain harus mengarahkan bola ke lapangan lawan sampai bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Awalnya permainan bola voli bernama mintonette, sampai diganti menjadi volleyball pada tahun 1896. Pertandingan bola voli pertama terjadi di acara YMCA (Young Men’s Christian Association) Training School.

Kompetisi bola voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dengan kantor pusat di Jakarta. Kompetisi bola voli diselenggarakan tiap tahun yang dikenal dengan nama Proliga. Atlet memperlihatkan banyak teknik bola voli sehingga setiap permainan menarik untuk ditonton. Mungkin agak sulit bagi pemula untuk mengikuti teknik yang dilakukan oleh para atlit. Tetapi anda bisa mempelajari beberapa teknik dasar bola voli dan langsung mempraktikkannya dengan teman-teman.

Teknik dasar bola voli

Servis

Baca juga  Asal Usul Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli

Servis adalah langkah awal permainan untuk membangun serangan ke lapangan lawan. Servis yang baik bisa mengacaukan formasi pertahanan lawan dan menyulitkan mereka untuk membangun serangan balik. Praktiknya ada 2 jenis servis yang berbeda, yaitu servis atas dan servis bawah.

Servis atas

Servis dimulai dengan melambungkan bola ke atas kepala lalu dipukul dengan tangan terbuka sampai melewati net. Teknik servis atas akan membuat bola menukik tajam ke bagian tertentu di pertahanan lawan. Servis ini membutuhkan kemampuan tinggi dan harus terbiasa dengan kekuatan tangan serta akurasi serangan.

Ada dua teknik yang berbeda dari servis atas biasa, yaitu servis mengapung dan servis melompat. Servis mengapung tekniknya hampir sama dengan servis atas biasa, hanya saja bola akan mengapung sedikit lebih keatas dibandingkan dengan menukik ke bawah. Sedangkan servis melompat akan menambah power karena pukulan yang lebih kuat dari hasil loncatan yang dilakukan oleh pemain.

Servis bawah

Servis dimulai dengan mengayunkan tangan ke belakang dengan posisi tangan mengepal, lalu memukul bola sampai melambung melewati net. Posisi tangan sejajar atau dibawah pinggang, sampai diayun ke depan untuk menambah kekuatan saat melambungkan bola.

Servis bawah lebih sering digunakan pemain wanita dan pemain pemula karena lebih mudah.

Passing

Passing atau mengumpan juga terdiri dari 2 jenis, passing atas dan passing bawah. Passing atas memberikan umpan dengan posisi tepat kepada rekan yang akan melakukan smash. Cara mengumpannya dengan menggunakan kedua tangan seperti menerima bola sebentar lalu kembali dilambungkan ke atas ke arah rekan yang sudah akan melompat untuk melakukan smash.

Passing bawah memberikan umpan saat bola sudah berada di bawah yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan atau refleks dari rekan yang menerima bola. Badan pemain akan membungkuk dan condong ke depan sambil mengepalkan kedua tangan atau hanya menggunakan satu tangan.

Baca juga  Posisi Pemain Bola Voli Dan Tugasnya

Smash

Teknik ini digunakan untuk menyerang ke area pertahanan lawan. Smash bisa menjadi penentu serangan untuk setiap tim. Smash akan memaksimalkan kekuatan tangan pemain untuk memberikan pukulan yang keras melewati net dan menukik tajam ke area lawan. Smash adalah teknik yang harus menggabungkan antara akurat, kekuatan, dan konsentrasi.

Anda bisa melakukan smash dengan berlari sedikit ke belakang, melompat dengan kuat sambil mengantisipasi datangnya umpan dari rekan sebelum memukul bola sambil melihat arah serangan yang tepat. Pendaratan yang baik juga diperlukan untuk kembali ke posisi awal dan bersiap untuk serangan selanjutnya dari lawan.

Blocking

Teknik ini adalah teknik pertahanan yang dilakukan di depan net. Untuk menghadang smash lawan, kedua tangan pemain akan menjadi penghalang sebelum bola menukik ke bawah. Jika blocking berhasil, bola akan menjadi bumerang bagi lawan dan kembali turun ke lapangan mereka sendiri.

Semakin dekat posisi anda dengan net, peluang untuk blocking bola dari smash lawan akan semakin besar. Blocking biasanya dilakukan oleh satu atau dua pemain dengan posisi sejajar.

Manfaat setelah mempelajari teknik dasar bola voli

Jika anda sudah terbiasa dengan teknik bola voli anda bisa merasakan manfaat bermain bola voli bagi tubuh anda. Beberapa manfaat bermain bola voli cukup banyak, seperti:

Membentuk otot dengan tubuh yang lebih padat

Mempercepat metabolisme tubuh dan menyehatkan seluruh tubuh

Melatih kecepatan serta keseimbangan tubuh

Melatih kepercayaan dengan satu tim dan kerja sama untuk mencapai kemenangan

Tinggalkan komentar