Sepak Bola Sebagai Salah Satu Permainan Populer

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan ramai dimainkan oleh orang-orang dari berbagai kalangan di Indonesia maupun di seluruh dunia. Permainan ini terbukti menjadi salah satu permainan yang banyak diminati, mengingat pada …

Mengenal Permainan Judi Bola Online Permainan Yang Populer

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan ramai dimainkan oleh orang-orang dari berbagai kalangan di Indonesia maupun di seluruh dunia. Permainan ini terbukti menjadi salah satu permainan yang banyak diminati, mengingat pada setiap pertandingan olahraga ini yang tidak pernah terlepas dari banyaknya penonton yang mendukung tim-tim favorit mereka. Permainan ini dimainkan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, bahkan orang tua sekalipun.

Federation Internationale de Football Association atau disingkat menjadi FIFA merupakan organisasi yang menjadi badan pengelola permainan sepak bola. FIFA memperkirakan bahwa pada abad ke-21 terdapat sekitar 250 juta yang terdaftar menjadi pemain olahraga ini. Selain itu juga terdapat lebih dari 1,3 miliar orang yang tertarik dengan olahraga ini. Organisasi FIFA kali pertama didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis. Pada saat itu, FIFA membentuk aturan resmi dari permainan sepak bola ini. Hingga di gelarlah pertandingan olahraga ini dimana setiap negara yang kita kenal saat ini sebagai piala dunia. Piala dunia pertama digelar pada tahun 1930, dimana saat itu negara Uruguay yang menjadi pemenang pertama dari pertandingan piala dunia.                  

Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Olahraga Sepak Bola

Permainan sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim BK8 Thailand dengan anggota masing-masing tim mencapai 11 orang yang bermain. Seperti namanya, permainan sepak bola dimainkan dengan menggunakan kaki yang sepak bola. Tujuan dari permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Dengan begitu, tim yang paling banyak mencetak skor pada akhir pertandingan akan menjadi tim yang memenangkan pertandingan.

Baca juga  5 Pertandingan Legendaris Timnas Indonesia

Olahraga inin pertama kali dimainkan pada dinasti han. Permainan ini sudah dimainkan pada abad ke-2 dan ke-3 di tiongkok. Pada saat itu, olahraga ini dimainkan dengan menggunakan bola kulit yang ditendang ke jaring kecil. Selain populer di China, olahraga ini juga dinilai tinggi oleh negara-negara lain seperti Jepang, Yunani, Roma. Permainan Sepak bola dimainkan saat itu oleh orang Jepang, Romawi, dan Roma sebagai media bermain yang dimainkan untuk tujuan bersenang-senang.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, sepak bola modern dimainkan di Inggris pada abad ke-19 dengan menetapkan peraturan dasar yang membuat permainan ini menjadi semakin populer. Sebelum abad pertengahan, permainan sepak bola rakyat sudah dikenal dan dimainkan di kota-kota dan desa-desa menurut adat kebiasaan masyarakat setempat dengan aturan minimal dalam permainan. Olahraga ini pernah dilarang karena dianggap sebagai kekerasan saat pemain saling beradu tubuh. Namun tidak bisa dipungkiri, olahraga ini berkembang menjadi permainan populer dan popularitas permainan sepak bola tumbuh di seluruh dunia.

Pada saat itu, setiap sekolah memiliki aturan bermain sendiri. Namun, sejak tahun 1843 Universitas Cambridge melakukan upaya menyusun aturan yang dapat diikuti oleh seluruh pemain sepak bola saat itu. Pada saat itu, siswa dari Universitas Cambridge bergabung dengan sebagian besar sekolah umum. Tetapi pada tahun 1848 terbentuklah peraturan Cambridge yang kemudian disebarluaskan oleh siswa-siswa lulusan Cambridge yang mulai membentuk klub sepak bola.

Beberapa Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

 

Mungkin beberapa dari Anda telah mengetahui beberapa teknik yang digunakan dalam salah satu olahraga yang populer ini. Tetapi bagi anda yang baru ingin mencoba permainan sepak bola, mungkin anda akan kebingungan. Menanggapi hal itu, berikut kami berikan sedikit penjelasan mengenai beberapa teknik dasar yang harus anda ketahui sebelum memainkan permainan olahraga ini.

Baca juga  Bagaimana Cara Melatih Teknik Dasar Sepak Bola Anda?

Menggiring Bola

Teknik dasar pertama yang harus dikuasai para pemain adalah menggiring bola. Teknik ini penting karena digunakan oleh setiap pemain untuk mengontrol dan menggerakkan bola. Setidaknya ada 2 cara dalam menggiring bola, yaitu Speed ​​Dribbling yang artinya pemain melempar bola ke depan dan mengejarnya dengan cepat dan Closed Dribbling dilakukan dengan cara mengontrol penuh bola ketika aman dari lawan.

Mengoper Bola

Seperti yang kita ketahui, permainan sepak bola adalah permainan tim yang dimana setiap pemain harus menguasai teknik mengoper kepada rekan satu tim. Pemain dapat menggunakan 3 bagian kaki untuk mengoper bola ke rekan satu tim. Bagian kaki yang dapat digunakan adalah bagian dalam, kaki bagian luar, serta punggung kaki.

Menendang Bola

Teknik berikutnya adalah tendangan bola. Teknik ini diperlukan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Dalam teknik ini, para pemain harus memperhatikan akurasi dan kekuatan saat menendang bola. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengambil ancang-ancang, lalu letakkan satu kaki sebagai tumpuan, kemudian tendang bola menggunakan kaki satunya dengan menyesuaikan akurasi dan kekuatan.

Menyundul Bola

Selain menggunakan kaki, dalam permainan sepak bola anda juga dapat menggunakan anggota badan lainnya seperti kepala. Teknik menyundul bola dilakukan ketika bola terlalu tinggi yang berarti tidak dapat digapai kaki. Teknik ini bisa digunakan untuk mengoper kepada teman satu tim, ataupun untuk mencetak skor dengan cara menyundul bola agar masuk ke dalam gawang.

Menangkap Bola

Dan yang terakhir tetapi tidak kalah pentingnya adalah kemampuan menangkap bola.Teknik menangkap bola hanya diperlukan oleh orang yang menjadi kiper. Terdapat 2 teknik dalam menangkap bola, yaitu.Tangkapan bola atas yang dimana teknik ini dilakukan untuk menangkap bola yang datang dengan tinggi di atas pinggang dan kepala dari kiper.Berikutnya adalah menangkap bola bawah, cara ini dilakukan untuk menangkap bola yang datang dari arah pinggang bawah ataupun saat bola mendatar.

Baca juga  Peraturan Sepak bola

 

Tinggalkan komentar