Sejarah Tenis Meja di Dunia dan Indonesia

Tenis meja pertama kali dimainkan oleh tentara Inggris yang bertugas di India dan Afrika Selatan. Bentuk permainannya pada saat itu masih sangat sederhana.

sejarah tenis meja

Sebuah bola kecil dipukul memantul di atas meja dengan sebuah raket kayu. Mendengar kalimat di atas, Anda pasti langsung teringat pada permainan ping pong. Permainan yang sudah mendunia dan populer di masyarakat kita. Tahukah Anda, bagaimana sebenarnya sejarah tenis meja?

Sebelum merunut lintas masa, mari kita mulai dari pengenalan profil olahraga tenis meja,

Sekilas Tentang Tenis Meja

Tenis meja adalah permainan yang dimainkan oleh dua kubu, bisa tunggal (1 vs 1) maupun ganda (2 vs 2). Menurut KBBI, tenis meja adalah permainan olahraga yang menggunakan bola pingpong dan bet (berlapis karet) sebagai pemukulnya dan meja yang dirancang khusus sebagai lapangannya.

Meja lapangan dibatasi dengan jaring rendah yang sering disebut sebagai net. Bola kecil oranye terbuat dari seluloid. Raket terbuat dari papan kayu yang diiapisi karet, biasa disebut sebagai bet. Tenis meja bisa dimainkan untuk hiburan dan rekreasi maupun kompetisi profesional.

Di Tiongkok, tenis meja lebih banyak disebut sebagai ping pong, tak jauh berbeda dari Indonesia. Untuk memperoleh poin, pemain harus mengutamakan tiga faktor penting yaitu kecepatan, putaran, dan penempatan.

Ukuran meja ping pong adalah:

  • Panjang: 2,74 meter
  • Lebar: 1,525 meter
  • Tinggi: 76 sentimeter

Jenis pukulan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah pukulan forehand saat bola berada di sisi kanan pemain. Sedangkan jika bola berada di sisi kiri, yang digunakan adalah pukulan backhand. Kecuali pada pemain kidal.

Sejarah Tenis Meja di Dunia

tenis meja

1.  Periode Awal di Inggris

Tenis meja pertama kali dimainkan oleh tentara Inggris yang bertugas di India dan Afrika Selatan. Bentuk permainannya pada saat itu masih sangat sederhana. Beberapa buku disusun di tengah meja sebagai batas area dua pemain. Raket pun masih menggunakan buku.

Sekembalinya ke Inggris, para tentara tetap sering memainkan olahraga yang mereka namai ping pong tersebut. Permainan ini kemudian menjadi rutinitas kaum bangsawan Inggris selepas makan malam. Tidak jelas kapan tepatnya ping pong masuk ke Inggris, tapi sejarawan memperkirakan kejadian ini berlangsung pada abad ke-19, sekitar 1880-an.

Sejarah tenis meja kemudian dilanjutkan dari Inggris ke seluruh dunia.

2.  Ping pong Sebagai Bisnis

Selain ping pong, tenis meja juga punya nama lain yaitu whiff whaff, meskipun nama yang kedua tidak terlalu populer. Rupanya popularitas ping pong menjadi ladang bisnis bagi pemilik modal besar.

Tahun 1901, sebuah perusahaan Inggris bernama J. Jaques & Son Ltd mematenkan ping pong sebagai merek dagang. Ping pong kemudian lebih identik dengan perrmainan yang menggunakan perlengkapan dari perusahaan tersebut. Perusahaan lain pun terpaksa menggunakan istilah tenis meja agar tidak melanggar hak merek.

Keberhasilan ping pong sebagai bisnis di Inggris mulai dilirik pebisnis Amerika. Sekitar tahun 1920-an, J. Jaques & Son Ltd menjual hak nama ping pong ke salah satu perusahaan Amerika bernama Parker Brothers.

Sejarah tenis meja sebagai komoditas bisnis kini lebih banyak terlihat di pengadaan peralatan dan aksesoris.

3.  Permulaan Tenis Meja Modern

Model awal permainan tenis meja mulai mengalami perubahan besar setelah tahun 1900-an. Terobosan pertama dibuat oleh James W. Gibb. Ialah yang pertama kali menemukan bola seluloid dalam perjalanan menuju Amerika Serikat tahun 1901.

Terobosan kedua diinisiasi oleh E.C. Goode yang memodifikasi raket kayu. Ia menambahkan lapisan karet berbintik-bintik ke permukaan papan.

Desain raket disempurnakan oleh S. W. Hancock Ltd dengan menambahkan lapisan spons. Kombinasi ide ini terbukti membantu jalannya permainan karena laju bola menjadi lebih terkendali.

Sampai sekarang, bola seluloid dan raket kayu berlapis karet dan spons tetap menjadi standar global dalam permainan tenis meja.

Walaupun tenis meja mulai mendunia, Rusia justru melarang permainan ini karena dipercaya bisa merusak mata pemainnya. Sejarah tenis meja di Rusia pun agak ketinggalan dibandingkan negara-negara Eropa dan Amerika.

4.  Berdirinya Organisasi Tenis Meja Internasional

Masa-masa awal tenis meja langsung diserbu antusiasme warga Inggris dan negara-negara sekitarnya. Turnamen tenis meja pertama diselenggarakan pada tahun 1901. Disusul dengan Kejuaraan Dunia Tidak Resmi pada 1902. Sebuah buku tentang tenis meja pun diterbitkan di tahun tersebut.

Menyadari popularitas tenis meja yang kian menjamur, Inggris pun membentuk organisasi resmi bernama Table Tennis Asociation (TTA) pada tahun 1921. Di level dunia, International Table Tennis Federation (ITTF) didirikan pada tahun 1926.

Pada awal berdirinya, anggota ITTF masih berasal dari negara-negara Eropa, yaitu:

  • Inggris
  • Swedia
  • Denmark
  • Hongaria
  • India
  • Jerman
  • Austria
  • Cekoslowakia
  • Wales

Bertepatan dengan tahun berdirinya ITTF, kejuaraan dunia resmi pertama pun digelar di London. Hongaria menjadi negara dominan di bidang tenis meja setelah menjadi juara 9 kali berturut-turut. Tahun 1933, Amerika pun mendirikan asosiasi tenis meja.

Sejarah Tenis Meja di Asia

Tidak jauh sebelumnya, gema tenis meja rupanya mulai bergulir ke wilayah Asia.Ini bisa dilacak dari komentar Edgar Snow dalam acara Red Star Over China.

Ia mengatakan bahwa pihak komunis yang terlibat perang saudara di Cina mulai menaruh minat pada tenis meja asal Inggris. Menurutnya ini adalah hal yang ganjil. Terlepas dari dinamika politik yang terjadi, komentar ini merupakan petunjuk bahwa tenis meja sudah mulai masuk ke Asia.

Hal ini terkonfirmasi 20 tahun kemudian. Atlet tenis meja Asia mulai unjuk gigi di kancah intenasional dengan Cina dan Jepang sebagai dominator. 30 tahun setelahnya, tepatnya pada 1980, atlet Cina bernama Guo Yuehua menjadi juara dunia Tenis Meja.

Lalu pada tahun 1988, tenis meja resmi terdaftar sebagai salah satu cabang olahraga Olimpiae.

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk ikut ambil peran dalam olahraga tenis meja. Setelah desas-desus ping pong di Cina tahun 1930, Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI) pun berdiri.

Namanya kemudian diubah menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) yang berlaku sampai sekarang. PTMSI resmi masuk ke ITTF pada tahun 1961. Pada saat itu, ITTF sudah beranggotakan 140 negara.

Salah satu prestasi paling membanggakan sepanjang sejarah tenis meja di Indonesia adalah menjuarai World Table Tennis Championship (WTTC) di Kuala Lumpur, Malaysia, 2016 silam.

Beberapa tokoh besar tenis meja tanah air adalah:

  • Abdul Rojak
  • Anton Suseno
  • Diana Wuisan
  • Empie Wuisan
  • Rossy Syeh Abubakar
  • Sugeng Utomo Suwindo
  • Sinyo Supit

Sampai sekarang, tenis meja Indonesia cukup disegani di kancah regional maupun internasional.

Berangkat dari Sejarah Tenis Meja, Bagaimana Prospek Indonesia?

Indonesia termasuk salah satu negara Asia yang mengadopsi tenis meja secara cepat. Prestasi Indonesia pada ajang WTTC Kuala Lumpur seharusnya menjadi titik tolak kebangkitan tenis meja tanah air.

Apalagi kita punya segudang talenta berbakat yang siap memegang raket. Jika mampu memaksimalkan pelatihan, Indonesia punya prospek cemerlang di kancah tenis meja internasional. Meskipun sejarah awalnya berasal dari Inggris, Indonesia bisa mencetak sejarah tenis meja baru lewat raihan tropi dan medali.

Tinggalkan komentar