Sejarah Sepak Bola, Dari Tiongkok Sampai Berdirinya FIFA

Sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak digemari dari generasi ke generasi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, jumlah penggemar sepak bola diperkirakan mencapai 3,5 miliar orang atau setengah jumlah populasi bumi. Jika kita melihat sejarah sepak bola, olahraga ini bahkan sudah dimainkan orang-orang Tiongkok sejak abad ke 2 – 3 sebelum masehi. Di era modern, sepak bola bahkan sudah menjadi industri dengan perputaran uang yang besar. Mulai dari harga transfer pemain yang gila-gilaan, hak siar penayangan sepak bola, official jersey dan masih banyak lainnya. Dalam artikel ini, Desa Bola akan membahas sejarah sepak bola dan perkembangannya hingga seperti sekarang ini.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan dengan menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan gol sebanyak mungkin ke gawang tim lawan. Durasi normal permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit atau dua babak. Pemain diberikan waktu istirahat selama 15 menit setelah babak satu selesai. Tambahan waktu dimungkinkan setelah official pertandingan mengumumkan adanya tambahan waktu.

Permainan sepak bola diselenggarakan di lapangan rumput yang luasnya mencapai 105 x 68 meter (115 x 74 yards). Karena itu, dalam sepak bola setiap pemain menempati posisi tertentu seperti bek di bagian belakang, sayap di samping, gelandang di tengah, dan penyerang di depan.

Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah Sepak Bola

Di China, sepak bola sudah dimainkan sejak abad ke dua atau tiga masehi, tepatnya pada masa Dinasti Han dan Tsin. Nama permainannya adalah Cuju atau Tsu Chu. Menurut FIFA, Cuju ini adalah permainan sepak bola terawal. Biasanya, Cuju dimainkan sebagai bentuk pemanasan bagi kavaleri militer di sana hingga berkembang menjadi permainan masyarakat perkotaan. Oleh masyarakat Jepang, Cuju dikenal dengan nama Kemari. Selain di China dan Jepang, Cuju juga dimainkan oleh masyarakat Korea dan Vietnam.

Permainan sepak bola juga dapat ditelusuri riwayatnya hingga era Romawi Kuno di Italia. Pada masa Romawi, terdapat permainan yang disebut sebagai Harpastum yang cara mainnya mirip dengan sepak bola. Harpastum sendiri bermakna “carried away” atau “dibawa lari”. Permainan ini menggunakan bola terbuat dari kertas dan ukurannya lebih kecil. Pada 100 – 500 masehi, orang-orang Romawi mulai membawa Harpastum ke wilayah Eropa lainnya termasuk Inggris.

Sepak bola Pernah Dilarang di Inggris

Pada tahun 1314, Raja Edward II pernah melarang permainan sepak bola karena dianggap memicu kebisingan dan keributan. Menurut sang Raja, keributan dapat memicu terjadinya kejahatan yang dilarang oleh Tuhan. Selain itu, sepak bola juga dapat mengalihkan latihan memanah yang pada saat itu memang dibutuhkan untuk berperang.

Istilah football mulai dikenal sejak adanya pelarangan ini. Larangan terhadap sepak bola terus berlanjut pada raja-raja setelahnya seperti Richard II, Henry IV, dan Henry V. Pada masa Ratu Elizabeth I, hukuman penjara diberlakukan bagi rakyat yang kedapatan bermain sepak bola. Bahkan, penontonnya pun bisa ikut dihukum. Bukan cuma di Inggris, King James I dari Skotlandia juga melarang sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Modern

Meski Inggris pernah mengalami sejarah kelam di dunia sepak bola, namun negara ini juga punya andil besar. Peraturan sepak bola yang kita kenal sekarang banyak berasal dari Inggris. Negara ini juga punya klub tertua di dunia yakni Sheffield FC (1857) dan asosiasi sepak bola tertua, The Football Association (1863). Selain itu, Inggris adalah negara pertama yang memiliki klub nasional.

Sebelum berdiri The Football Association, setiap tim memiliki aturan mainnya sendiri-sendiri. Pada 1848, muncul Aturan Cambridge yang dibuat oleh Universitas Cambridge. FA kemudian menyerap aturan-aturan tersebut dan menjadikannya peraturan tunggal yang berlaku untuk seluruh klub sepak bola Inggris.

Aturan itu kemudian diadopsi pula oleh organisasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Pada 1886, empat organisasi sepak bola Britania Raya membentuk International Football Association Board (IFAB) yang merupakan organisasi untuk mengkoordinir peraturan sepak bola dunia. Hingga kini, IFAB masih eksis di mana setiap organisasi Britania Raya punya hak satu suara sementara FIFA empat suara.

Pada tahun 1888, sejumlah wakil klub di Inggris bertemu dan sepakat mengadakan The Football League. Kelak ini akan dicatat dalam sejarah sebagai liga nasional pertama di dunia.

Berdirinya FIFA

Sejarah Sepak Bola fifa

Pada tanggal 21 Mei 1904, FIFA didirikan melalui sebuah pertemuan di Paris yang diikuti oleh 7 negara yaitu Prancis, Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan Belanda. Ketujuh negara tersebut menjadi anggota pertama FIFA di mana Robert Guerin dari Prancis menjadi ketuanya.

Sementara itu, Asosiasi Sepak bola Inggris menolak ikut pertemuan tersebut tanpa ada penjelasan yang jelas. Peraturan di Paris itu juga memuat Statuta pertama FIFA yang salah satu isinya adalah melarang pemain membela dua negara atau dua klub pada saat bersamaan. Namun, statuta pertama ini sendiri baru diberlakukan pada 1 September 1905.

FIFA mulai menyelenggarakan Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1930 di Uruguay. Sementara di kancah olimpiade, sepak bola mulai dipertandingkan sejak 1980. Saat ini, FIFA bermarkas di Zurich, Swiss dan memiliki 211 anggota asosiasi.

Tinggalkan komentar