Sejarah Persib Bandung dari Era Pra-Kemerdekaan Hingga Kini

Sejarah Persib Bandung tak bisa terlepas dari salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis yang ada di Bandung kala itu.

sejarah persib bandung

Sejarah Persib Bandung – Jika Anda merupakan salah satu penggemar sepak bola nasional, maka salah satu tim elit yang pasti Anda kenali adalah Persib Bandung. Sejarah mencatat bahwa Persib Bandung mengalami perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya menjadi salah satu tim terbaik yang ada di Indonesia.

Persib Bandung adalah salah satu klub di Indonesia yang sangat mandiri, di mana mereka tidak lagi menggunakan APBD untuk kegiatan operasional tim. Untuk Anda yang mengaku fans sepak bola Indonesia tapi belum tahu tentang sejarah Persib Bandung, coba simak ulasan berikut ini.

Sejarah Persib Bandung dari Tahun 1933 – 1940

Perjalanan panjang sejarah Persib Bandung tak bisa terlepas dari salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis yang ada di Bandung kala itu, yaitu Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond atau BIVB. Organisasi ini berdiri di Kota Bandung pada tahun 1923 silam, dan sejarah mencatatkan bahwa ketua pertamanya adalah Syamsudin. Tonggak kepemimpinan kemudian dilanjutkan oleh R. Atot yang merupakan anak laki-laki dari pejuang wanita Dewi Sartika.

Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond atau BIVB sempat menghilang, namun kemudian muncul dua organisasi lain. Keduanya ialah National Voetball Bond (NVB) dan Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB). Tak berselang lama tepatnya pada tanggal 14 Maret 1933, kedua organisasi ini mencapai kesepakatan untuk melebur dan membentuk perkumpulan baru.

Perkumpulan baru inilah yang kemudian diberikan nama Persib, dimana saat itu tokoh yang ditunjuk menjadi ketua umum adalah Anwar St. Pamoentjak. Setelah peleburan dua organisasi tadi, ada banyak klub yang kemudian bergabung dengan Persib, diantaranya Merapi, MALTA, JOP, HBOM, RAN, OVU, Matahari, Diana, Singgalang, Soenda, dan SIAP.

Di tahun-tahun berikutnya Persib mulai menorehkan prestasi. Beberapa diantaranya yaitu menjadi runner up dalam Kompetisi Perserikatan tahun 1933 di Surabaya, tahun 1934 di Bandung dan tahun 1936 di Solo. Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 1939, Persib Bandung bari berhasil meraih juara pertama untuk Kompetisi Perserikatan yang diselenggarakan di Solo.

Sejarah Persib Bandung dari Tahun 1941 – 1969

Sejarah Persib Bandung pada era kedua setidaknya terjadi pada tahun 1941 hingga 1969. Pada era pasca kemerdekaan Indonesia tepatnya tahun 1950, di gelarlah Kongres PSSI di Semarang sekaligus Kompetisi Perserikatan. Pada kesempatan ini Persib Bandung hanya berhasil memperoleh posisi runner up setelah kalah dari Persebaya.

Di era tahun 50-an juga dia pemain Persib Bandung ditarik menjadi anggota timnas Indonesia, mereka adalah Anas dan Aang Witarsa. Timnas ini dibentuk guna mengikuti pesta olahraga Asian Games 1950.

Pada tahun 1953 hingga 1957 Persib Bandung pada akhirnya memiliki kantor kesekretariatan mereka sendiri, dan hingga saat ini bangunan tersebut masih ada dan berfungsi. Pada era ini juga nama Persib Bandung kembali meningkat, ditambah lagi dengan kesempatan Persib untuk menjadi wakil Indonesia dalam ajangĀ  Piala Aga Khan di PakistanĀ  pada tahun 1962.

Melompat jauh ke tahun 1986, Persib Bandung mulai mengulang masa jayanya. Persib Bandung kala itu berhasil mengalahkan tim Perseman Manokwari dengan skor 1-0 di pertandingan yang digelar di Stadion Senayan. Setelahnya, Persib Bandung terus menjadi juara, sampai akhirnya tim sepakbola ini berhasil menjadi finalis di Liga Indonesia.

Pada tahun 1986, Persib mengalahkan Perseman Manokwari 1-0 dalam pertandingan di Stadion Senayan. Persib terus menjadi juara sampai masuk dalam final Liga Indonesia. Pada tahun 2003 Persib juga sempat menjadi partisipan dalam Piala Champions Asia, namun belum bernasib baik.

Sejarah Persib Bandung Menjadi Klub Profesional

Pemain Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan

Tahun 2008 Persib Bandung yang semula berada di bawah pemerintah kemudian memutuskan untuk menjadi klub profesional dan tidak lagi mendapatkan subsidi dari pemerintah. Persib kemudian berdiri di bawah naungan PT Persib bandung Bermartabat (PT PBB).

Tahun 2014 Persib meraih gelar juara pada pertandingan Liga Super Indonesia. Kemudian pada tahun 2015 Persib kembali menorehkan prestasi dengan menjuarai Piala Presiden 2015. Setidaknya itulah singkat ulasan tentang sejarah Persib Bandung dari era pra-kemerdekaan hingga kini.

 

Tinggalkan komentar