Sejarah Permainan Bola Basket di Dunia dan Indonesia

Sejarah permainan bola basket tidak bisa dilepaskan dari sosok Dr. James Naismith, guru olahraga asal Kanada.

sejarah permainan bola basket

Sejarah Permainan Bola Basket – Jika berbicara tentang olahraga terpopuler di dunia, maka olahraga basket adalah salah satunya. Basket menjadi yang terpopuler dengan lebih dari 1 miliar penggemar di seluruh dunia. Bahkan salah satu atlet terkaya di dunia juga datang dari olahraga basket, yaitu LeBron James dengan total kekayaan lebih dari 500 juta dolar AS.

Dan bagi Anda para pencinta bola basket, tidak lengkap rasanya kalau belum tahu asal-usul dan sejarah permainannya. Untuk itu silahkan simak ulasan di bawah ini yang akan membahas sejarah permainan bola basket di dunia dan Indonesia.

Asal-Usul Bola Basket

Dr._James_Naismith

Olahraga basket pada awalnya diciptakan tahun 1891 oleh Dr. James Naismith, guru olahraga asal Kanada yang mengajar di Universitas Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Saat itu ia membuat permainan olahraga di ruang tertutup yang terinspirasi dari permainan masa kecilnya. Lalu terciptalah konsep permainan bola basket seperti yang Anda kenal sekarang ini.

Pada awal perkembangan sejarah permainan bola basket, olahraga ini banyak ditentang oleh publik karena dinilai terlalu keras dan tidak cocok dimainkan di ruangan tertutup. Akhirnya Dr. James Naismith memutuskan untuk membuat peraturan bola basket.

Pertandingan Pertama dan Diadakannya Kompetisi

Olahraga basket pertama kali menggelar pertandingan pertama pada 20 Januari 1892 dengan nama Basketball yang didapat dari salah seorang murid Dr. James Naismith. Sejak saat itu basket semakin populer dan menyebar ke seluruh Amerika Serikat. Semua publik Amerika Serikat mengenal olahraga basket hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Lahirnya Liga Basket NBA

pertandingan NBA

Seiring berjalannya waktu, sejarah permainan bola basket mencatat bahwa olahraga ini semakin populer di seluruh dunia. Hingga pada 6 Juni 1946 lahir kompetisi basket pertama di Amerika Serikat yang dikenal dengan National Basketball Association atau NBA. Sejak saat itu kompetisi NBA di Amerika Serikat berhasil menjadi ajang pertandinga bola basket terbesar dan terpopuler di dunia hingga saat ini. Belum ada satupun kompetisi basket di dunia yang bisa menyaingi popularitas NBA.

Baca juga  Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Dari NBA juga lahirlah banyak atlet basket hebat. Seperti Lary Bird, Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, Shaq, dan Stephen Curry. Nama-nama itu menjadi ikon basket yang tidak pernah terlupakan dan mengisnpirasi banyak atlet basket di seluruh dunia.

Basket di Indonesia

Permainan basket di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya basket masuk di Indonesia lewat perantau dari negara China pada tahun 1920-an. Para perantau China membawa bola basket yang sudah populer terlebih dulu di negara asalnya. Mereka membentuk komunitas dan mendirikan sekolah Tionghoa yang mana di dalamnya mewajibkan para siswa untuk bisa bermain basket.

Sejarah permainan bola basket di Indonesia juga mencatat bahwa sejak tahun 1930-an,terdapat klub-lub basket lokal di beberapa kota di Indonesia. Kemudian setelah kemerdekaan tahun 1945, Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 1958. Di sanalah permainan basket pertama kali dimainkan secara resmi di tingkat nasional. Kemudian tiga tahun setelahnya, pada 23 Oktober 1951, Persatuan Basketball Seluruh Indonesia dibentuk dan berganti nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pada 1955.

Itulah gambaran singkat seputar sejarah permainan bola basket di dunia dan Indonesia hingga seperti sekarang. Perkembangan yang panjang membuat olahraga basket semakin menarik dan kompetitif untuk disaksikan. Semoga di Indonesia olahraga basket juga bisa semakin berkembang untuk mendekati level dunia!

Tinggalkan komentar