Sejarah Pencak Silat di Indonesia dan Dunia

Sejarah pencak silat berkembang dengan mengedepankan unsur seni dan keindahan gerak.

sejarah pencak silat

Sejarah Pencak Silat – Pencak silat merupakan seni bela diri asli Nusantara yang menghadirkan keelokan di setiap gerakannya. Seni bela diri pencak silat menjadi cara mempertahankan diri yang dilakukan nenek moyang kita dengan menirukan berbagai gerakan binatang. Sejarah pencak silat juga sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan terus diturunkan secara turun-temurun hingga sekarang. 

Sejarah Pencak Silat di Indonesia

Pertandingan Pencak Silat
Pertandingan Pencak Silat antara Indonesia vs Malaysia Asian Games 2011. Sumber: Wikimedia Commons.

Seni bela diri pencak silat berasal dari dua kata, yaitu Pencak yang berarti gerak dasar beladiri dan Silat yang memiliki arti gerak beladiri sempurna yang bersumber pada kerohanian. 

Istilah silat juga terkenal di seluruh Asia Tenggara, di mana kata Pencak lebih umum digunakan di Indonesia, khususnya tanah Jawa. Sementara kata Silat lebih akrab di telinga masyarakat Sumatra, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. 

Sejarah pencak silat kemudian berkembang dengan mengedepankan unsur seni dan keindahan gerak, sementara silat merupakan inti dari ajaran bela diri. Asal muasal ilmu bela diri nusantarar berkembang dari keterampilan suku asli di Indonesia saat perang ataupun berburu dengan atau tanpa peralatan. 

Silat diperkirakan menyebar di Indonesia sejak abad ke 7 Masehi dan dibuktikan dengan adanya berbagai artefak senjata peninggalan Hindu Budha. Seperti pada pahatan relief-relief yang berbentuk sikap kuda-kuda silat di Borobudur dan Candi Prambanan.

Sementara sejarah pencak silat yang tertulis sudah dimulai sejak abad ke 14 oleh kaum penyebar ajaran islam. Silat diajarkan di pesantren dan menjadi bagian dari pelatihan spiritual. Silat sendiri berkembang menjadi seni bela diri dan seni tari rakyat yang menjadi bagian pendidikan bela negara saat menghadapi penjajah. 

Tercatat beberapa nama pahlawan Nusantara seperti Teuku Umar, Pangeran Diponegoro, Panembahan Senopati, Tuanku Imam Bonjol, Sultan Agung, dan para pendekar wanita seperti Cut Nyak Dhien, Sabai Nan Alutih, dan Cut Nyak Meutia. 

Hingga pada 18 Mei 1948, organisasi pencak silat nasional dibentuk, bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan tercatat sebagai organisasi silat tertua di dunia. Olahraga Pencak Silat dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional. Pada tahun 1967, pencak silat mulai dipertandingkan di Pesta Olahraga Asia Tenggara (PON) bersama dengan cabang atletik lainnya. 

Sejarah Pencak Silat di Dunia

Pencak silat tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga dunia. Saat ini pencak silat diakui sebagai seni bela diri asli Indonesia dan dinobatkan sebagai warisan budaya non bendawi oleh UNESCO. Tak heran jika pencak silat sangat dihargai di dunia dan diperhitungkan sebagai alat bela diri sekaligus seni gerak tubuh yang menampilkan keindahannya.

Sejarah pencak silat di dunia juga terkenal sebagai tradisi seni Melayu Nusantara yang telah menyebar dan tumbuh di berbagai kawasan Asia Tenggara. Mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Seiring berjalannya waktu, seni bela diri pencak silat juga menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya, hingga ke Eropa dan Amerika. Penyebaran silat di dunia dilakukan oleh orang Indonesia yang berkunjung ke negara-negara tersebut dan secara langsung mengajari seni bela diri silat.

Perjalanan silat di dunia melatarbelakangi dibentuknya organisasi pencak silat. Seperti Persekutuan Silat Singapura, Persekutuan Silat Brunei Darussalam, dan Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia. 

Sedangkan di era modern saat ini, pencak silat juga kerap ditampilkan di berbagai media barat. Seperti film, klip video, hingga berbagai poster dan gambar lainnya. 

Bahkan pertarungan bela diri silat juga kerap ditampilkan secara langsung di banyak adegan film dengan melibatkan langsung tokoh silat Indonesia. Di antaranya seperti Cecep Arif Rahman, Yayan Ruhian, dan Iko Uwais. 

Demikianlah beberapa ulasan seputar sejarah singkat pencak silat di Indonesia dan dunia. Berbagai catatan sejarah pencak silat telah membuktikan adanya banyak banyak kemajuan seni bela diri asli Indonesia yang kini dikagumi di seluruh dunia.  

Baca juga  Mengapa Anak Anak Perlu Aktivitas Fisik?

Tinggalkan komentar