Sejarah Lari Estafet, Lari yang Dulu Sering Dilombakan saat Class Meeting

Sejarah lari estafet sangat menarik untuk diulas karena lari yang identik dengan olahraga individual menjadi olahraga tim. Kamu pasti mengenal lari jarak pendek, jarak menengah dan jarak jauh, tetapi ada juga lari estafet yang merupakan …

sejarah lari estafet

Sejarah lari estafet sangat menarik untuk diulas karena lari yang identik dengan olahraga individual menjadi olahraga tim.

Kamu pasti mengenal lari jarak pendek, jarak menengah dan jarak jauh, tetapi ada juga lari estafet yang merupakan olahraga tim dibandingkan dengan individu, sehingga dibutuhkan koordinasi dan kerja sama untuk mendapatkan kemenangan.

Lalu, bagaimana sejarah lari estafet di dunia, hingga Indonesia, dan perkembangannya saat ini? Ayo simak penjelasannya.

Inspirasi Dimulainya Sejarah Lari Estafet

Menurut beberapa sumber, sejarah lari estafet tercipta saat tiap suku memberikan pesan pada tiap orang (passing pesan seperti permainan pesan berantai) kepada tiap suku.

Ada yang menyebutkan bahwa awal terjadinya lari estafet berawal dari suku aborijin, ada juga yang menyebtukan dari suku Azteca di Meksiko. Konsep dari lari estafet sendiri ada juga yang menyebutkan berawal dari Yunani, dimana mereka memakai obor sebagai pengganti baton.

Pada intinya, lari estafet bermula dari penyampaian pesan dari suku ke suku. Bahkan, dalam beberapa kasus, disebutkan bahwa saat pesan yang disampaikan bersifat sangat penting atau urgent, dua pengirim pesan dikirim dengan arah yang berbeda tetapi dengan pesan yang sama.

Karena jaraknya yang jauh, sehingga seorang pengirim pesan harus melanjutkan perjuangannya kepada pengirim pesan yang lain, dan darisanalah sejarah lari estafet tercipta.

Dari suku ke suku, lalu informasi ini menyebar secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Selain pesan, lari estafet pada jaman dulu juga menggunakan obor sebagai pengganti baton yang biasa digunakan saat perlombaan lari estafet lohh. Jika sekarang tujuannya garis finish, maka jaman dulu sekali, finish dari lari estafet adalah daerah perbukitan dan bertujuan untuk keagamaan.

Baca juga  Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Kesehatan

Cikal bakal itu lah yang menjadi lari estafet yang berkembang hingga sekarang.

Sejarah Lari Estafet di Jaman Klasik

sejarah lari estafet

Menurut ahli sejarah, sebenarnya sejarah lari estafet di jaman klasik bahkan sudah dimulai dari sebelum masehi. Hal ini dibuktikan dengan lukisan yang ada pada jaman tersebut dan tentunya bukti-bukti lainnya seperti tulisan dari seorang filosofer (contohnya Xenophenes).

Karena namanya juga lari estafet, sudah jelas basisnya adalah olahraga atletik. Bahkan, pada tahun 776 SM, lomba lari estafet menjadi satu-satunya cabang lomba lari di olimpiade tersebut loh, keren!

Beberapa kompetisi atletik di jaman klasik yang pernah dilaksanakan, antara lain:

1. Panhellenic Games

Di Olympia, Yunani, lari estafet tercipta bahkan pada abad-abad sebelum masehi lohh.

Pada intinya, kompetisi ini adalah empat festival olahraga terpisah, yaitu:

  1. Olympic games
  2. Pythian games
  3. Nemean games
  4. Isthimian games

Dari festival tersebut, masing-masing merujuk pada dewa pada mitologi Yunani. Olympic untuk Zeus, Pythian untuk Apollo, Nemean untuk Zeus dan Heracles, dan Isthimian untuk Poseidon.

Di antara semuanya, Olympic games merupakan kompetisi tertua dibanding empat kompetisi lainnya. Turnamen ini terus dilangsungkan sampai roman emperor, Theodosius memberhentikannya pada 393 SM.

Masing-masing dari kompetisi tersebut secara rutin dilaksanakan setiap 4 tahun untuk Olympic dan Pythian dan 2 tahun sekali untuk Nemean dan Isthimian.

2. Kompetisi oleh Bangsa Kelth

Meski kedengerannya hebat dan menarik, ini bukan sekedar kontes biasa. Sejarah lari estafet pada bangsa tersebut menggambarkan lari sambung tersebut digunakan untuk latihan tempur.

Di abad pertengahan, sangat lumrah seorang bangsawan disuruh untuk latihan lari.

Sejarah Lari Estafet di Jaman Modern

Dimulainya lari estafet modern berawal di Amerika pada tahun 1883, saat masih era dimana lumrahnya jajah-menjajah.

Baca juga  Macam Macam Lari dalam Olahraga Atletik

Untuk atletik modern ini, setiap pemain akan mendapatkan baton yang harus diberikan ke teman setimnya.

Pelari terakhir yang mendapatkan baton dan harus lari ke garis finish disebut dengan the anchor.

Untuk sejarah kompetisi lari estafet di jaman modern, tahun 1896 digelar kompetisi lari estafet, dimana cabang tersebut secara resmi dilaksanakan.

Sayangnya, pada tahun tersebut, hanya kaum laki-laki saja yang mengikuti kompetisi bergengsi tersebut pada tahun yang disebutkan. Wanita baru mengikutinya pada tahun 1928 pada acara olimpiade.

Mundur sedikit, pada tahun 1912 dibentuk organisasi yang seperti FIFA pada sepak bola, hanya saja ini untuk atletik. IAAF atau International Amateur Athletic Federation menjadi induk olahraga atletik dunia dan setiap lomba yang mereka adakan banyak tercipta rekor-rekor baru pada setiap kompetisi yang mereka gelar.

Sejarah Lari Estafet di Indonesia

Berbicara di Indonesia, sejarah lari estafet di nusantara ini tidak lepas dari peran penjajah.

Menurut sumber, para penjajah di negeri ini melakukan lari estafet hanya di sekolah-sekolahnya saja, tidak lebih dari itu.

Setelah merdeka, tepatnya 5 tahun kemudian (1950), PASI atau Persatuan Atletik Seluruh Indonesia akhirnya dibentuk.

Tinggalkan komentar