Sejarah Judo, Seni Bela Diri dari Jepang yang Ekletik

Bagi kamu yang mempraktekkan ilmu bela diri, sejarah judo mungkin menarik untuk ditelusuri. Sejarah judo berawal pada tahun 1882. Seni bela diri ini diciptakan oleh Kano Jigoro Sihan. Dari abad ke-19 hingga sekarang, ini dia …

sejarah judo

Bagi kamu yang mempraktekkan ilmu bela diri, sejarah judo mungkin menarik untuk ditelusuri.

Sejarah judo berawal pada tahun 1882. Seni bela diri ini diciptakan oleh Kano Jigoro Sihan.

Dari abad ke-19 hingga sekarang, ini dia sejarah judo dari waktu ke waktu.

Awal Sejarah Judo

Awal dari salah satu seni bela diri ini tidak terlepas dari Kano Jigoro yang merupakan inventornya.

Sayangnya, awal dari terciptanya ini cukup menyedihkan, karena sekolah tempat inventor judo ini identik dengan bullying. Pada awalnya, Kano Jigoro ingin mencari guru untuk mengajarkannya Jujutsu, meskipun gagal berkali-kali.

Sayangnya, jujutsu semakin terkikis karena westernisasi Jepang saat itu. Beberapa orang yang mempraktekkan ilmu bela diri dipaksa untuk berhenti atau ada beberapa orang yang menyerah saja.  Meski pada akhirnya, Kano berhasil menemukan guru bertahun-tahun setelah itu.

Pada saat ia kuliah pada tahun 1877, Kano mengetahui bahwa guru jujutsu memulai karir alternatif lain, misalnya Seikotsu-in. Setelah bertanya tentang hal ini, akhirnya Kano dirujuk kepada Fukuda Hachinosuke, seorang guru jujutsu.

Setelah kematian Fukuda, Kano menjadi muridnya yang paling hebat. Ia memutuskan untuk belajar di sekolah lain untuk ilmu bela dirinya.

Pada tahun 1882, Kano membuat sekolah dan dojo di Eisho-ji, sebuah kuil Buddha. Ikubo yang saat itu merupakan seorang instructor datang ke dojo tiga kali dalam seminggu untuk melatih.

Setelah dua tahun, kuil tersebut disebut kodokan yang berarti place of expounding the way dan Kano belum mendapatkan sertifikasi untuk penguasaan seni bela dirinya.

Baca juga  Lompat Jauh: Pengertian dan Teknik Dasarnya

Pada tahun tersebut juga judo terlahir lewat gabungan jujutsu style yang terbaik pada tiap unsurnya dan merupakan basis dari judo modern. Pada saat itu, ia hanya memiliki 9 murid saja yang ia latih.

Sejarah Judo yang Masuk Mendunia

sejarah judo

Pada tahun 1889, atau tepatnya 7 tahun setelah terlahirnya salah satu bela diri terkenal di dunia, judo mulai diperkenalkan di luar Jepang.

Terdapat episode terkenal yang terjadi di kapalnya saat sedang pelayaran. Dimana orang asing mengejek Kano, ia melemparkan pria tersebut ke bawah, tetapi meletakkan tangannya di bawah kepala pria itu untuk mencegahnya terluka. Hal ini mengilustrasikan bagaimana judo menggabungkan teknik bertarung secara praktikal dengan tetap memberi perhatian kepada musuh. Jika kepalanya dibiarkan membentur tanah atau permukaan, bisa jadi lawannya akan mendapatkan cedera permanen yang bisa menyebabkan masalah atau penyakit parah.

Peran Kano sangatlah besar di seni bela diri yang ia ciptakan ini. Ia tidak hanya menciptakannya, tapi juga tanpa lelah menyebarkannya ke seluruh dunia. Bahkan, ia sempat menjadi panitia olimpiade internasional lohh.

Mimpi Jigoro Kano yang Menjadi Kenyataan

Mimpi founder judo tersebut adalah Judo bisa mendunia atau mengalami internasionalisasi dan dipraktekkan di banyak negara.

Impian tersebut baru terwujud pada tahun 1964, dimana saat itu Tokyo menjadi tuan rumah olimpiade.

Hanya judo pria yang diakui sebagai acara resmi dan pertarungan diadakan dengan pengelompokkan berdasarkan berat.

Atlet dari Jepang berhasil menyapu bersih seluruh medali emas pada ajang tersebut kecuali di divisi terbuka, dimana juaranya bukan orang Jepang.

Tahun tersebut adalah tanda dimana judo pada akhirnya diakui tidak hanya sebagai seni bela diri, tetapi juga sebagai olahraga secara internasional, dan mengakar sampai ke negara lain di luar Jepang.

Baca juga  Tips untuk Pemula di Gym agar Konsisten dan Sukses

Judo wanita diperkenalkan sebagai demonstrasi pada akhir abad ke-20 (tahun 1988) di olimpiade Seoul, Korea Selatan, dan pada akhirnya ditambahkan ke program resmi.

Pada tahun 2021, terdapat 204 negara yang tergabung dalam federasi internasional judo. Olahraga ini populer di Eropa. Bahkan, orang Prancis lebih banyak yang mempraktekkan judo daripada negara founder judo lohh (Jepang).

Jepang yang merupakan negara pelopor judo terus meneruskan mimpi Jigoro Kano dengan mempromosikan judo lewat mengirimkan instruktor judo dimana seni bela diri ini tidak terkenal, misalnya Afrika dan Oceania, dan mendonasikan alat-alat judo seperti matras tatami.

Bagaimana dengan Sejarah Judo di Indonesia?

Masuknya judo ke Indonesia tidak lepas dari penjajahan Jepang di Indonesia pada era perang dunia II.

Saat tentara Jepang masuk ke Indonesia, mereka menerapakan judo sebagai latihan mereka. Setelah lambat laun bergaul dengan orang Indonesia, mereka pada akhirnya berlatih judo bersama. Namun, hanya yang terpilih saja yang bisa ikut latihan judo bersama tentara Jepang agar kekuasaan mereka saat itu tidak tergoyahkan.

Setelah 4 tahun merdeka, terbentuk sebuah perkumpulan Judo pertama di Indonesia bernama Jigoro Kano Kwai yang namanya diambil langsung dari founder judo.

6 tahun berselang, organisasi PJSI yang merupakan singkatan persatuan judo seluruh Indonesia dibentuk dan menjadi induk organisasi terbesar judo di Indonesia.

Pejudo di Indonesia sering memenangkan medali emas di SEA games lohh. Luar biasa!

Tinggalkan komentar