Rutin Bersepeda Bisa Cegah Kanker Dan Jantung?

Tahukah Anda bahwa orang yang bersepeda secara teratur dan rutin lebih kecil kemungkinannya terkena kanker dan penyakit jantung? dari banyaknya penyakit sebenarnya hanya dua kesehatan ini yang cukup bagus. Kita semua didorong untuk lebih aktif, …

Tahukah Anda bahwa orang yang bersepeda secara teratur dan rutin lebih kecil kemungkinannya terkena kanker dan penyakit jantung? dari banyaknya penyakit sebenarnya hanya dua kesehatan ini yang cukup bagus. Kita semua didorong untuk lebih aktif, dengan berjalan kaki atau bersepeda dalam perjalanan sehari-hari. Yang merupakan kegiatan yang sangat bagus sekali,dibanding kita menaiki motor.  Namun sementara kebanyakan dari kita tahu bahwa aktivitas teratur dapat meningkatkan kesehatan kita, banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya manfaat kesehatan dari bersepeda.

Image From : Pixabay.com

 

Faktanya, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara teratur berisiko lebih rendah terkena kanker dan penyakit jantung, dan sebenarnya memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah secara keseluruhan.

Studi kohort pada tahun 2020 Tentang Perjalanan

Pada Mei 2020, sebuah studi baru diterbitkan di The Lancet yang sekali lagi melihat hubungan antara mode perjalanan aktif dan prevalensi kanker, penyakit kardiovaskular, dan kematian secara keseluruhan.

Para peneliti melihat data Sensus selama 25 tahun untuk melihat apakah perjalanan yang berbeda akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Sekali lagi, orang yang bersepeda ke tempat kerja lebih kecil kemungkinannya (24%) meninggal karena penyakit jantung. Mereka juga memiliki tingkat kematian keseluruhan 20% lebih rendah. Mereka 11% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker dan 16% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal jika mereka mengidapnya.

Berjalan Juga Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Studi tahun 2017 juga menemukan bahwa orang yang berjalan kaki ke tempat kerja atau berjalan jauh memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.Persentase berjalan kaki 27% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit jantung dan memiliki risiko kematian 36% lebih rendah.

Baca juga  Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Kesehatan

Meskipun penelitian ini tidak menemukan penurunan risiko kejadian kanker di antara persentase berjalan kaki, penelitian tahun 2020 melakukannya. Ditemukan bahwa orang yang berjalan kaki ke tempat kerja 7% lebih kecil kemungkinannya terkena kanker

Mengapa bersepeda baik untuk jantung Anda?

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga efektif yang memiliki manfaat bagi seluruh tubuh. Sama seperti itu memperkuat lengan, kaki, dan otot lainnya, bersepeda dapat membantu memperkuat otot jantung Anda.

Semakin kuat jantung Anda, semakin efektif ia memompa darah ke seluruh tubuh Anda, yang menurunkan detak jantung dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Anda akan mengurangi tekanan pada jantung Anda dan pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung. Bersepeda secara teratur juga dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol, mengurangi stres, dan menjaga berat badan yang sehat, yang semuanya baik untuk jantung Anda.

Manfaat Sering Berjalan Kaki

Bagi kebanyakan orang, perjalanan adalah sesuatu yang kita lakukan hampir setiap hari. Itu berarti mengubah perjalanan anda menjadi olahraga adalah salah satu cara termudah untuk memastikan anda berolahraga secara teratur. Ya,minimal berjalan ke warung atau ke tempat luar lain yang jaraknya cukup jauh.Agar kita bisa tetap sehat.

Tinggalkan komentar