Nama-Nama Posisi Pemain Sepak bola dan Tugasnya

Dalam sepak bola, masing-masing pemain memiliki posisi dan tugasnya sendiri.

penjaga gawang

Posisi Pemain Sepak bola – Sebagai salah satu olahraga terpopuler di dunia, tidak heran kalau sepak bola memiliki banyak penggemar. Pembahasan seputar sepak bola juga sangat menarik karena banyak istilah dari masing-masing posisi pemain dan tugas mereka di lapangan.

Bagi beberapa orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bola mungkin sudah tidak asing dengan berbagai istilah tersebut. Tapi untuk Anda yang ingin tahu apa saja posisi pemain sepak bola dan seperti apa tugas mereka di lapangan, sebaiknya langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Kami sudah menyiapkan informasi lengkap dari nama nama posisi pemain bola dan tugas mereka saat di lapangan.

Posisi Penjaga Gawang atau Kiper

Di posisi pertama tentu saja ada kiper atau penjaga gawang. Posisi ini menjadi salah satu yang paling penting karena tugasnya adalah menjaga bola tim lawan tidak masuk melewati garis gawang. Tugas seorang kiper tidak hanya sebatas menjaga gawang. Tapi di sepak bola modern saat ini kiper juga berperan dalam mengatur atau memberi instruksi kepada pemain bertahan.

Seorang kiper yang baik juga harus menguasai teknik bermain. Seperti terampil dalam menangkap, meninju, menendang, hingga menjatuhkan diri untuk menghalau bola lawan. Posisi pemain sepak bola sebagai kiper juga tidak tergantikan. Apabila mendapat kartu merah maka posisi kiper harus segera diisi oleh pemain lain.

Posisi Pemain Bertahan atau Bek

Pemain bertahan atau bek menjadi posisi selanjutnya yang berperan menjaga area pertahanan tim. Tugas utamanya tentu saja mempersulit atau menggagalkan serangan lawan. Pemain bertahan juga masih memiliki beberapa pembagian posisi yang lebih spesifik, yaitu:

  • Center Back, bertugas menghentikan serangan lawan di area penalti dan membuang atau mengeluarkan bola dari area tersebut.
  • Sweeper, bertugas mengambil bola dari kaki lawan yang masuk ke area pertahanan. Peran posisi ini juga lebih bebas bergerak sehingga tidak terbatas di kotak penalti saja.
  • Full Back, berposisi di depan Center Back yang bertugas menghadang lawan agar tidak memasuki kotak penalti.
  • Wing Back, posisi pemain sepak bola yang harus menguasai area pinggir lapangan dan bisa membantu serangan dari sisi pinggir.
Baca juga  Pengertian VAR, Manfaat, dan Sejarahnya dalam Sepakbola

Posisi Pemain Tengah atau Gelandang

posisi pemain sepak bola

Pemain sepak bola yang berposisi di tengah lapangan disebut sebagai gelandang dan berperan untuk melakukan penyerangan ataupun bertahan. Posisi pemain sepak bola dan tugasnya di tengah lapangan juga terbagi menjadi beberapa area yang spesifik, yaitu:

  • Gelandang Tengah, bertugas membantu penyerangan dan mengatur alur permainan dari tengah lapangan.
  • Gelandang Bertahan, membantu area pertahanan sehingga lawan tidak mudah menembus sisi tengah lapangan.
  • Gelandang Serang, berada di depan gelandang tengah dan bertugas menciptakan peluang untuk penyerang.
  • Gelandang Sayap, bermain di area pinggir lapangan untuk membantu serangan dan memberi umpan lambung atau melakukan penetrasi ke sisi tengah lapangan.

Posisi Penyerang atau Striker

Sedangkan posisi pemain sepak bola yang terakhir adalah striker, yaitu sosok penyerang yang bertugas mencetak gol. Pemain ini berposisi di paling depan dan dekat area pertahanan lawan.

Dalam sebuah tim umumnya terdapat satu atau dua striker dengan kemampuan finishing yang baik. Mereka inilah yang paling disorot saat kita membicarakan sebuah formasi tim sepak bola saat bertanding. Selain itu, seorang striker juga harus cermat memposisikan dirinya untuk mendapat peluang gol yang lebih baik.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja posisi pemain sepakbola dan tugas mereka di lapangan? Semoga ulasan ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar