Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Posisi pemain dalam olahraga bola basket terbagi menjadi 5 posisi. Masing-masing mempunyai peran dan tugasnya tersendiri. Hal ini dibuat bertujuan untuk mengatur taktik saat menyerang dan bertahan, serta memberikan keseimbangan permainan dalam tim. Biasanya sekolah-sekolah …

posisi pemain bola basket

Posisi pemain dalam olahraga bola basket terbagi menjadi 5 posisi. Masing-masing mempunyai peran dan tugasnya tersendiri. Hal ini dibuat bertujuan untuk mengatur taktik saat menyerang dan bertahan, serta memberikan keseimbangan permainan dalam tim. Biasanya sekolah-sekolah sudah memfokuskan posisi pemain bola basket sesuai dengan keahliannya sejak usia dini.

Untuk mengisi suatu posisi, pemain diharapkan menguasai ketrampilan tertentu, supaya saat bertanding semuanya terkoordinir sesuai strategi arahan pelatih. Seiring perkembangannya, ukuran atau tinggi badan pemain bukan lagi merupakan acuan baku dalam menentukan posisi pemain. Kecepatan, lompatan, kemampuan membaca pergerakan, rebound, shooting, bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan posisi pemain. Berikut akan kami bahas posisi pemain bola basket dan tugasnya.

Posisi Pemain Bola Basket di Era Modern

Point Guard

posisi pemain basket point guard

Biasa disebut dengan pemain nomor 1, karena memiliki peran paling awal. Berposisi sebagai penjaga / guard, pemain ini mengisi posisi di luar garis parimeter, tepatnya berada di tengah lapangan. Posisi point guard biasa bertugas sebagai playmaker tim, mengatur ritme permainan dan memberikan assist.

Dibutuhkan kemampuan handling bola dan passing diatas rata-rata untuk menjadi seorang point guard. Selain itu dibutuhkan juga kecerdasan membaca permainan. Umumnya di NBA, posisi ini diisi oleh pemain yang paling kecil, sekitar 185-195 cm. Dengan postur tersebut, biasanya memiliki kecepatan, footwork dan keluwesan yang bagus. Beberapa pemain yang mengisi posisi point guard adalah Stephen Curry, John Stockton, Steve Nash, Jason Kidd, dan Chris Paul.

Shooting Guard

Sering disebut sebagai pemain nomor 2. Bertugas sebagai guard / penjaga, pemain ini mengisi area parimeter line saat tim melakukan serangan, dan menjadi blocker para shooter lawan saat posisi bertahan. Dalam tim, seorang shooting guard memiliki persentase shooting terbaik, posisi ini akan sering mencetak poin.

Baca juga  6 Teknik Passing Bola Basket

Posisi ini sering dijuluki sebagai pemain 3-and-D, karena bertugas melakukan 3 point shoot dan parimeter defense. Umumnya shooting guard tidak perlu memiliki handling dan passing yang baik. Namun mutlak dibutuhkan off ball movement yang baik, guna mencari ruang untuk melakukan shooting. Dan tentunya harus mahir melakukan shoot dari semua area lapangan. Beberapa pemain yang mengisi posisi shooting guard adalah Kobe Bryant, Ray Allen, James Harden, Michael Jordan, dan Dwyane Wade.

Posisi Pemain Basket : Small Forward

Biasa disebut dengan pemain nomor 3. Posisi ini bisa dibilang paling banyak diminati. Karena untuk mengisi posisi sebagai small forward, dibutuhkan kemampuan basket yang cukup lengkap. Seperti kelincahan, kemampuan shooting, slam dunk, alley-oop, dan banyak skillset level tinggi lainnya.

Posisi ini bertugas menjadi scoring utama dalam tim. Kelincahan seorang small forward dibutuhkan untuk momen fastbreak / transisi. Umumnya pemain yang memiliki insting mencetak poin paling tinggi, diplot untuk posisi ini. Small forward juga bertugas menjaga parimeter defender saat timnya dalam posisi bertahan. Beberapa pemain terbaik yang mengisi posisi small forward adalah Kevin Durant, Paul George, Lebron James, Scottie Pippen, dan Larry Bird.

Power Forward

Sering disebut sebagai pemain nomor 4. Posisi ini diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan defensive rebound yang baik. Posisi power forward bermain sangat dekat dengan ring, saat menyerang maupun bertahan. Dibutuhkan tinggi badan yang hampir sama dengan posisi center, yaitu kisaran 198-200cm. Tak jarang posisi ini juga disebut dengan back-up center. Yang membedakannya dengan center, seorang power forward dituntut skill yang komplit, gerakan yang lincah, dan shooting yang baik.

Pemain dalam posisi ini sering menciptakan double-double ataupun triple-double dalam suatu pertandingan. Sangat sulit menghentikan power forward yang mempunyai kemampuan scoring dan defensive yang baik. Beberapa pemain yang mengisi posisi power forward adalah Karl Malone, Charles Barkley, Kevin Garnett, Anthony Davis, dan Blake Griffin.

Baca juga  Sejarah Permainan Bola Basket di Dunia dan Indonesia

Center

posisi pemain basket center

Biasa disebut dengan pemain nomor 5. Posisi ini diisi oleh pemain tertinggi dalam tim, umumnya mencapai 213 cm. Seorang center memiliki kemampuan rebounding yang baik. Posisi ini akan sering terlibat dalam permainan Pick and Roll dengan Guard / Forward. Center bertugas sebagai rim protector, shoot blocker, dan paling bertanggung jawab dalam bertahan.

Karena berpostur tinggi, peran center juga bisa menjadi pemantul ataupun finisher dalam tim. Pemain center memiliki persentase shoot paling tinggi, karena selalu bermain dibawah ring dan close range. Beberapa pemain terbaik diposisi center adalah Kareem Abdul-Jabbar, Shaquille O’neal, Hakeem Olajuwon, David Robinson, dan Tim Duncan.

Demikian posisi pemain bola basket dan tugasnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar