Peraturan Tenis Meja

Olahraga Tenis Meja

Tenis meja atau di Indonesia lebih populer dengan nama olahraga pingpong merupakan salah satu olahraga resmi, yang dinaungi oleh persatuan yang disebut sebagai PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. Sedangkan untuk tingkat dunia tenis meja dibawahi oleh organisasi dengan nama International Table Tennis Federation atau ITTF. Olahraga ini menggunakan meja berwarna hijau untuk menjadikan arena ataupun tempat untuk olahraga. Tenis meja menggunakan bola kecil, yang di oper antara 1 pemain dengan pemain lainnya. Dalam artikel ini desabola.com akan membahas secara lengkap mengenai peraturan permainan tenis meja, dan juga pelanggaran-pelanggaran serta alat yang digunakan dalam olahraga tenis meja.

Peraturan Dasar Tenis Meja

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai peraturan permainan tenis meja. Peraturan dasar dari permainan tenis meja terdiri dari beberapa hal yang harus dipahami, mengingat peraturan dasar ini digunakan sebagai standar internasional maupun nasional diantaranya yaitu :

1. Garis start. Adanya pukulan yang dilakukan oleh pemain di belakang garis akhir ataupun di bagian ujung meja. Sehingga pukulan tidak boleh melebihi garis tersebut.
2. Cara memegang bola saat mulai permainan bola harus dilakukan terlebih dahulu. Kemudian baru dilakukan pukulan.
3. Bola harus berada di tengah-tengah pemain dan harus terbuka serta menggunakan 4 jari.
4. Bola yang dipukul tidak boleh mengenai net ataupun batas yang ada di tengah antara satu pemain dengan pemain lainnya.
5. Bola yang berhasil dipukul oleh pemain 1 kemudian keluar dari arena ataupun out, tidak boleh ditahan oleh pemain lainnya nya.
6. Peraturan dasar terakhir yang wajib diketahui sebelum bermain tenis meja yaitu adanya bola yang harus menyentuh bagian meja sebanyak 1 kali. Kemudian setelah itu baru boleh dipukul kembali untuk dikembalikan ke lawan jika bola tidak menyentuh meja.

Aturan Pertandingan Olahraga Tenis Meja

Setelah paham mengenai peraturan dasar dari permainan tenis meja. Maka selanjutnya hal yang harus Anda ketahui adalah aturan untuk jalannya pertandingan. Ada beberapa aturan yang wajib diketahui diantaranya yaitu :

1. Wasit merupakan orang yang akan memimpin jalannya pertandingan, sedangkan terdapat wasit pembantu yang dibantu oleh pencatat poin ataupun skor. Nantinya akan menjadi tim panitia yang menjaga netralitas antara kedua pemain yang ada di lapangan. Keputusan wasit juga merupakan keputusan mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
2. Adanya diberlakukan toleransi maksimal keterlambatan selama 10 menit. Peserta akan dipanggil maksimal 3 kali untuk mengikuti pertandingan apabila lebih dari itu tidak muncul, ataupun masuk ke dalam pertandingan maka dinyatakan diskualifikasi.
3. Jika dalam pertandingan ataupun kompetisi nasional maupun internasional para pemain diwajibkan untuk menggunakan pakaian olahraga lengkap, dan juga disesuaikan dengan sepatu olahraga. Sehingga ketika pertandingan lebih nyaman dan permainan lebih mudah untuk dilakukan.
4. Terakhir aturan pertandingan sangat jarang panitia ataupun tempat penyelenggara pertandingan, tidak menyediakan alat-alat dan juga berbagai peralatan untuk pertandingan. Sehingga atlet tidak perlu membawa alat pribadi namun diperbolehkan jika ingin.
>Poin Pertandingan Permainan Tenis Meja

Berikut ini ada beberapa poin yang wajib dipahami dalam perhitungan poin :

1. Pertama anda akan mendapatkan poin apabila sudah lebih dulu menyentuh bola tanpa lawan bisa mengembalikannya dengan tepat atau benar.
2. Kedua cara untuk mendapatkan poin yaitu menerima pengembalian bola dari lawan, tanpa adanya melewati meja atau memantul terlebih dahulu. Selain itu lawan juga membuat gerakan yang menyentuh net atau bola yang menyentuh net. Sehingga otomatis poin akan menjadi milik anda.
3. Terakhir apabila anda berhasil mengembalikan bola ke lawan dengan cara menyentuh atau pun berhasil memantulkan bola. Selain itu tidak adanya pergerakan meja yang disebabkan oleh anda ataupun bagian meja tergerak tidak sengaja maupun disengaja oleh lawan. Maka poin akan menjadi otomatis milik anda.

Sistem Pertandingan

pertandingan tenis meja

Untuk peraturan tentang sistem pertandingan, yaitu:

1. Sistem yang digunakan dalam pertandingan ini adalah sistem gugur.
2. Sistem perhitungan kemenangan ditentukan dengan 11 rally poin atau best of three di saat babak penyisihan berlangsung.
3. Kemenangan di babak final juga ditentukan oleh 11 rally point atau sistem best of five.
4. Pertandingan akan ditambah jika peserta mendapatkan poin seri yakni 10-10. Penambahan ini hingga 2 poin terpenuhi.
5. Pemenang ditentukan saat pemain bisa mendapatkan 2 poin tercepat saat babak penambahan.
6. Metode centrian koin akan digunakan jika babak penambahan hasilnya sama-sama mendapatkan 2 poin.

Teknik Pengembalian Bola dan Servis

Untuk tata cara servis serta pengembalian bola, tetap menggunakan peraturan umum permainan, yaitu:

1. Undian adalah sistem yang menentukan bagaimana pemain akan memilih tempat atau urutan servis di permainan ini. Pemenang yang menang undian bisa menentukan lebih awal dan bebas memilih tempat atau menerima servis.
2. Ketiga elemen yang sudah dipilih oleh pemenang undian, maka pemain lainnya harus memilih yang berbeda karena tidak diperbolehkan untuk menentukan serta memilih yang sama.
3. Pemain atau pasangan bermain yang sudah memilih dan memulai permainan pada satu sisi maka di babak selanjutnya akan melakukan penukaran tempat. Penukaran tempat bermain ini juga dilakukan jika pasangan atau pemain tunggal mencapai 5 poin.

Peraturan Pelanggaran dalam Tenis Meja

Peraturan tenis meja ini juga membahas tentang pelanggaran yang mungkin terjadi, yaitu:

1. Ketika pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menggeser, mendorong menggerakkan meja saat pertandingan berlangsung.
2. Pemain melakukan tangkapan bola terhadap pukulan lawan dengan posisi berada tepat diatas meja permainan.
3. Tangan peserta atau bet menyentuh net dan permukaan meja saat pertandingan berlangsung.
4. Pemain secara sengaja atau tidak sengaja gagal memukul bola saat melakukan servis.
5. Posisi pemukulan bola saat melakukan servis salah, misalnya tidak memukul bola dengan net di luar batas meja pertandingan.

Alat dan Perlengkapan Olahraga Tenis Meja

alat tenis meja

Dengan beberapa peraturan dan juga cara permainan diatas tentu saja terakhir hal yang paling penting adalah alat-alat ataupun perlengkapan olahraga tenis meja yang wajib di lengkapi. Dalam setiap cabang olahraga pasti ada alat ataupun area yang wajib dipenuhi. Agar olahraga dapat dilakukan dengan sesuai standar.

1. Bola
Bola yang digunakan dalam permainan tenis meja, memiliki ketentuannya tersendiri. Biasa lebih sering disebut dengan nama bola pingpong. Berikut standar ketentuan bola yang digunakan, yaitu :
• Terbuat dari bahan selulosa atau bahan plastik yang pada umumnya terlihat tidak mengkilap.
• Berat bola yang digunakan adalah 2,7 gr dengan diameter bola sepanjang 40 mm dan berbentuk bulat seperti bola pada umumnya.
• Warna bola hanya dua yakni orange dan putih saja.

2. Meja Tenis
Untuk olahraga tenis meja sendiri diwajibkan ada meja khusus tenis meja. Dengan ukuran standar panjang 2,74 m dan lebar 1,525 m. Selain itu ketinggiannya harus mencapai 76 cm dari permukaan lantai. Warna yang bisa digunakan untuk media bermain adalah warna gelap, dengan penambahan warna putih untuk garis setebal 2 cm.

3. Net
Selain bola dan meja permainan juga harus dilengkapi dengan net ataupun jaring pembatas yang memiliki ukuran kurang lebih tinggi 15,25 cm dan disesuaikan dengan standar internasional. Net ini harus dipasang sesuai dengan peraturan yakni sangat rapat hingga tidak ada celah dan bagian bawah menyentuh pinggiran meja. Ukuran net juga harus sesuai dengan ketetapan agar bisa digunakan.

4. Bet
Terakhir alat yang harus ada tentu saja bet ataupun pemukul bola. Umumnya bet atau pemukul bola ini tersedia 2 buah hingga 4 buah untuk satu tenis meja. Selain itu semua alat-alat di sini biasanya sudah disediakan oleh panitia sehingga para pemain tidak perlu repot untuk membawanya. Dalam olahraga tenis meja walaupun bukan tingkat pertandingan nasional ataupun internasional keempat alat ini wajib ada.
• Terdiri dari 15% serat karbon dan sisanya 85% berbahan kayu.
• Bagian sisi raket akan dilapisi dengan spons dengan karet licin setebal 4 mm, hal ini akan mempermudah bet menerima bola nantinya. Kemudian sisi yang tidak dilapisi spons memiliki ketebalan 2 mm.

Itulah informasi lengkap mengenai peraturan pertandingan, dan juga poin, serta aturan dasar dalam olahraga tenis meja yang harus dipahami.

Tinggalkan komentar