Peraturan Sepak bola

Setiap olahraga tentunya memiliki peraturan yang harus ditaati. Begitu juga permainan sepak bola tentunya memiliki peraturan sepak bola tersendiri juga. Peraturan peraturan ini digodok

Sepak bola adalah permainan yang populer sehingga pada umumnya aturannya biasanya sudah diketahui oleh banyak orang.

Mari kita urai peraturan sepak bola secara detail.

Peraturan Sepak Bola
ukuran lapangan sepak bola

1. Ukuran Lapangan

  • Ukuran Panjang lapangan =100 – 110 m
  • Ukuran Lebar lapangan = 64 – 75 m
  • Luas wilayah gawang = 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah hukuman pinalti = 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang = 11 m

2. Standard Gawang

  • Tinggi gawang = 2,44 m
  • Lebar gawang = 7,32 m

3. Bola

  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bola = bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Keliling lingkaran bola = 68 – 71 cm

4. Tata Krama Memulai Pertandingan

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabat tangan antar sesama pemain atau lawan dan berbaris ke arah penonton.
Sebelum pertandingan di mulai,  Wasit membawa uang logam. Kapten dari kedua tim akan memilih salah satu sisi uang logam, kemudian wasit melempar uang logam. Pemenang pilihan sisi uang logam ini bisa memilih bola awal atau posisi gawang.

5. Jumlah Pemain Setiap Tim

Terdapat 2 tim dalam setiap permainan sepak bola. Setiap tim masing-masing terdiri dari 11 orang (dengan salah satunya adalah penjaga gawang). Saat permainan dan terdapat tim yang jumlah pemainnya kurang dari 7 (tujuh) atau  4 (empat) pemain tim tersebut terkena kartu merah dan tidak diperbolehkan melanjutkan permainan, maka tim tersebut dianggap kalah secara otomatis.

6. Pemimpin Tim (Kapten / Captain)

Diharuskan setiap tim mempunyai seorang kapten / captain. Kapten / captain akan mewakili seluruh tim untuk berdiskusi dengan wasit apabila terdapat permasalahan selama pertandingan berlangsung.  7

7. Peraturan Dalam Berpakaian

  • Jersey, dalam setiap pertandingan kedua tim tidak diperbolehkan memakai jersey yang memiliki warna yang hampir sama. Setiap tim wajib mempunyai identitas berbeda. Pada umumnya setiap tim harus mempunyai 2 warna jersey. 1 untuk pertandingan rumah (Home) dan satu lagi untuk laga tandang (Away). Ada juga tim yang memiliki warna jersey yang ketiga yang disebut jersey alternatif (untuk laga tandang maupun kandang).
  • Kaos kaki, dalam pertandingan resmi sepak bola warna kaos kaki harus sama. Kaos kaki juga harus memiliki standard yang bertujuan untuk melindungi cendera pada tulang kering.
  • Sarung tangan, hanya boleh dipakai kiper (penjaga gawang) untuk mempermudah dalam menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola yang keras. Pada kondisi cuaca yang dingin, Pemain lain diperbolehkan memakainya.
  • Penutup kepala, hanya boleh digunakan pemain yang sedang cedera  di area kepala.
  • Berbagai Aksesoris yang dilarang, meliputi anting, kalung, gelang, dan lainnya yang dapat membahayakan pemain lain di lapangan.

8. Wasit

wasit

Wasit memegang penuh jalannya pertandingan dan memberi keputusan apabila pemain bola melanggar peraturan yang dilakukan. Wasit utama dibantu dengan 2 asisten wasit. Wasit berhak mengeluarkan kartu kuning sebagai tanda peringatan dan kartu merah untuk mengusir pemain maupun pelatih dari lapangan.

9. Asisten Wasit

Asisten wasit disebut penjaga garis / linesman. Memberitahukan kepada wasit utama apabila terjadi offside dan bola keluar dari sisi lapangan. Linesman / penjaga garis ini terdapat di sisi kiri dan kanan lapangan dengan memegang bendera sebagai alat komunikasi kepada wasit lapngan.

10. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Setiap permainan terdiri dari 2 babak dengan lama pertandingan selama 45 menit setiap babaknya. Setiap babak akan diselingi waktu istirahat antara 10 – 15 menit.

Apabila 90 menit itu habis dan pertandingan membutuhkan pemenang maka dilakukan tambahan waktu (injuri time / extra time) dengan durasi 2 x 15 menit. Dan Bila kedudukan masih sama maka akan diadakan adu penalti.

Untuk pertandingan Liga pada umumnya tidak memiliki injury time / extra time tersebut. Bila pertandingan berakhir dengan seri maka akan mendapat nilai 1 poin untuk setiap tim. Apabila ada pemenang maka pemenang tim tersebut mendapat 3 poin dan bagi yang kalah tidak akan mendapat poin apapun.

Catatan : Pada pertandingan persahabatan / friendly maupun under 20 biasanya pertandingan hanya sepanjang 2 x 40 menit.

11. Peraturan Kick Off

Kick off adalah tendangan memulai pertandingan di tengah lapangan. Dalam sepak bola kick off dilakukan ketika:

  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai babak yang kedua
  • Memulai babak extra time

12. Peraturan Gol

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk ke dalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain dalam posisi offsidepelanggaran, maupun hands ball. Semua keputusan ditentukan oleh wasit apakah gol tersebut sah atau tidak.

13. Peraturan Offside

Offside terjadi ketika teman satu tim mengoper ke pemain lain tetapi berada lebih dekat di gawang lawan daripada bek pertahanan lawan.

Asisten wasit / linesman yang menentukan terjadinya offside dengan mengangkat bendera memberi tahu kepada wasit.

14. Peraturan Bola Keluar Lapangan (Out) dan Lemparan ke dalam (Throw in)
Throw in

Ketika bola keluar dari samping kiri kanan lapangan maka akan terjadi lemparan kedalam. Jika yang membuat bola keluar lapangan adalah tim A, maka tim B yang berhak melakukan lemparan ke dalam tersebut.  Dan jika keluar di samping gawang maka akan terjadi tendangan sudut / goal kick (tendangan gawang).

Wasit berhak memerintahkan pemain untuk mengeluarkan bola jika ada pemain yang mengalami cedera.

Ketika melakukan lemparan, pemain tidak boleh membuang waktu lama dan satu kaki tidak boleh terangkat. Kedua tangan juga harus berada di belakang kepala saat melakukan lemparan. Wasit berhak menganulir throw in yang salah.

15. Tendangan Gawang

Dilakukan ketika bola melewati garis gawang karena pemain lawan. Penjaga gawang (kiper) atau teman satu tim boleh melakukan tendangan gawang dengan syarat bola tidak melebihi area garis kiper.

16. Tendangan Sudut (Corner kick)

Dilakukan ketika bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain bek / pemain bertahan, tendangan dilakukan oleh pemain lawan. Letak tendangan gawang sesuai dengan tempat (kanan atau kiri) bola keluar.

17. Cadangan Pemain

Pergantian pemain hanya bisa dilakukan maksimal 3 orang dan plus 1 kali jika terjadi extra time / injuri tim. Sedangkan untuk pertandingan persahabatan maka pergantian pemain boleh dilakukan 7 kali atau berdasarkan kesepakatan masing masing tim. Untuk pertandingan normal liga pada umumnya setiap tim berhak membawa 5 pemain cadangan dan untuk ajang liga champion  / eropa diperbolehkan sebanyak 7 orang. Untuk permainan persahabatan / non kompetitif diperbolehkan membawa pemain cadangan yang lebih banyak.

18. Pelangaran dalam sepak bola

Pelanggaran bisa terjadi karena tackle yang terlalu keras dan berbahaya, hands ball, mendorong lawan, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan masih banyak lagi. Wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning.

Jika mendapat kartu merah, maka pemain keluar dari lapangan pertandingan. Jika mendapat kartu kuning maka mendapat peringatan keras, dan jika dapat 2 kali kartu kuning maka otomatis mendapat kartu merah. Wasit juga berhak memberi kartu kepada pelatih yang dianggap menganggu kelancaran pertandingan berlangsung.

19. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

Tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran, terdapat 2 pilihan yang biasa pemain lakukan yaitu menendang langsung ke gawang atau mengoper ke teman satu tim.

20. Terjadinya Penalti

Terjadi karena pemain melakukan pelanggaran di area penjaga gawang. Seperti hands balltackle, dan pelanggaran lainnya. Salah satu pemain akan ditunjuk sebagai orang yang menendang bola.

Dengan mengetahui peraturan permainan sepak bola maka kita bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang dilarang ketika bermain sepak bola.

Demikian peraturan permainan sepak bola persembahan situs desabola.

Tinggalkan komentar