Peraturan Permainan Catur dan Istilah-Istilah Pentingnya

Peraturan Permainan Catur – Pamor permainan catur meningkat setelah muncul kasus Dewa Kipas. Tidak bisa dimungkiri bahwa kasus Dewa Kipas dan GothamChess menjadi perhatian Internasional. Woman Grand Master atau WGM Irene Sukandar sempat duel dengan …

Peraturan Permainan Catur

Peraturan Permainan Catur – Pamor permainan catur meningkat setelah muncul kasus Dewa Kipas. Tidak bisa dimungkiri bahwa kasus Dewa Kipas dan GothamChess menjadi perhatian Internasional. Woman Grand Master atau WGM Irene Sukandar sempat duel dengan Dewa Kipas dan hasilnya ia mengalami kalah telak.

Setelah kasus tersebut banyak yang tertarik dengan permainan catur. Terlebih lagi bermain catur semakin mudah bisa dilakukan dengan cara online seperti di situs Chess.com atau melalui aplikasi.

Catur sendiri merupakan permainan di atas papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak. 32 buah catur akan dibagi sama rata dengan kelompok terang dan juga gelap. Permainan ini dimainkan oleh dua orang.

Peraturan Permainan Catur

peraturan permainan catur

Sama dengan peraturan olahraga lainnya, permainan catur ini memiliki peraturan dasar. Dikutip dari laman resmi FIDE, aturan dalam bermain catur yang pertama pemain harus sportif tidak boleh bermain curang. Selain itu pemain juga tidak boleh mengganggu konsentrasi dari lawan.

Langkah Bidak

Yang menjadi aturan kedua adalah harus melangkah bergantian. Pemain dengan bidak putih harus diberikan jalan duluan baru yang bidak hitam. Bidak yang sudah disentuh tidak boleh berhenti namun harus tetap dijalankan kecuali bidak tersebut tidak bisa dijalankan.

Saat Permainan Dianggap Selesai

Peraturan catur selanjutnya langkah permainan dianggap selesai jika melepaskan bidak dari pegangannya. Bidak yang dipegang maupun menyentuh milik lawan harus dimakan. Pemain akan diberikan kebebasan apakah akan memakan atau tidak bidak pion yang terdorong dua langkah dan sejajar dengan bidak lawan tersebut. Setelah itu pion promosi atau petak akhir ini harus diganti dimana terserah dengan pemain yang bersangkutan

Baca juga  Daftar Perangkat Pertandingan Yang Digunakan Wasit Dalam Sepakbola

Aturan kebebasan boleh dicap dan juga boleh tidak. Seorang pemain tidak harus mengucap skak atau ster. Bidak dinyatakan mati ketika lawan dianggap menyerah, raja lawan mati atau waktu berpikir sudah habis.

Waktu Permainan Catur

Di tahun 1995 FIDE sudah menetapkan aturan resmi yaitu waktu bermain catur 40 langkah adalah 90 menit. Setelah itu dilanjutkan tambahan 30 menit sampai dengan tambahan 30 detik per langkah.

Remis dan Draw

Aturan lainnya adalah remis dan draw. Kedua situasi ini akan terjadi sesuai persetujuan kedua belah pihak. Remis juga akan terjadi ketika permainan ini mengalami skak abadi selama tiga kali berturut-turut. Selain itu dua pemain tidak saling memakan bidak catur lawan selama 40 langkah ini akan terkena remis.

Dalam permainan ada dua peraturan rokade yaitu rokade panjang dan pendek. Raja ini harus dipegang duluan dan ketentuannya tidak bisa diancam oleh bidak lawan. Raja dalam keadaan terancam atau salah langkah bisa diambil lawan dan dalam keadaan tersebut langkah tidak bisa diulang.

Istilah Dalam Permainan Catur

Istilah dalam permainan catur ini wajib untuk Anda ketahui agar bisa memenangkan permainan dan tidak bingung saat mendengar istilah tersebut. Simak beberapa istilahnya berikut ini:

  1. Double attacks

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan serangan ganda. Yang dilakukan pemain dengan melangkahkan buah catur dan juga mengancam lebih dengan satu buah catur.

  1. Pin

Merupakan istilah dari ikatan yaitu kondisi dimana buah catur lawan ini tidak bisa bergerak dengan terpaksa. Jika bergerak buah catur akan menjadi terancam.

  1. Fork

Sesuai dengan terjemahannya dimana fork merupakan garpu. Isilah digunakan saat melangkahkan buah catur dengan langkah kuda. Selain itu juga mengancam dari dua buah catur lawan.

  1. Skewer
Baca juga  Peraturan Sepak Takraw

Pemain melangkahkan buah catur dan bisa mengancam catur lawan baik secara vertikal, diagonal maupun horizontal.

  1. Zugzwang

Pemain mau tidak mau melangkahkan buah catur dengan pola tertentu yang bisa merugikan pada akhirnya.

  1. Skak

Hal ini terjadi saat raja diserang satu atau lebih catur lawan. Raja harus digerakkan ke posisi yang lebih aman dengan menggerakan buah catur lain di petak kosong dekat raja agar aman.

Demikianlah peraturan dan istilah permainan catur yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar