Peraturan Lari Estafet

Peraturan Lari Estafet – Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang kerap dipertandingkan dalam ajang olahraga baik nasional maupun internasional. Lari estafet sudah dimainkan sebagai cabang olahraga di Olimpiade Swedia tahun 1912. Sebagai …

peraturan lari estafet

Peraturan Lari Estafet – Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang kerap dipertandingkan dalam ajang olahraga baik nasional maupun internasional. Lari estafet sudah dimainkan sebagai cabang olahraga di Olimpiade Swedia tahun 1912.

Sebagai sebuah cabang olahraga yang diakui secara internasional, lari estafet memiliki tata cara dan peraturan bakunya sendiri. Dalam artikel ini, Desabola membahas tentang apa itu lari estafet, peraturan lari estafet dan teknik apa saja yang digunakan.

Pengertian Lari Estafet

Lari estafet adalah cabang olahraga lari beregu di mana setiap pelari harus berlari sampai jarak tertentu kemudian memberikan tongkat kepada pelari lainnya. Pemain akan berlari secara berkesinambungan dari start sampai dengan finish. Jumlah pelari dalam satu tim adalah empat orang yang masing-masing memiliki kewajiban membawa tongkat sampai dengan menyentuh garis paling akhir.

Pelari pertama akan berlari menuju pelari kedua, kemudian tongkat akan diserahkan ke pelari ketiga dan begitu seterusnya sampai pelari keempat ini membawa tongkat tersebut mencapai garis finish.

Tim dengan waktu tercepat mencapai garis finish akan memenangkan pertandingan atau perlombaan. Setiap cabang olahraga ini memiliki peraturannya masing-masing begitu pula dengan lari estafet ini. Berikut adalah beberapa peraturan lari estafet yang wajib untuk Anda ketahui:

Start

Peraturan pertama akan membahas tentang start. Start ini merupakan langkah awal dalam memulai cabang olahraga. Untuk estafet pelari pertama akan menggunakan start jongkok sedangkan pelari kedua, ketiga dan juga keempat ini menggunakan start berdiri.

Pergantian Tongkat

Peraturan selanjutnya membahas tentang pergantian tongkat. Dalam lari estafet 4 x 100 meter ini pergantian tongkat akan dilakukan dalam jarak 20 meter dan juga lebarnya 1,2 meter.  Untuk estafet dengan jarak 4 x 400 meter pelari diperbolehkan untuk mengambil tongkat yang terjatuh dan juga memiliki potensi tim kalah.

Baca juga  5 Game Catur Online Gratis di Android

Hal ini juga bisa menyebabkan hal fatal dalam permainan seperti tim menjadi didiskualifikasi sehingga sangat disarankan bagi tim untuk bisa membawa tongkatnya dengan benar dan jangan sampai menjatuhkannya.

Tongkat Estafet

Peraturan lari estafet yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tongkatnya. Untuk tongkat yang digunakan merupakan tongkat khusus yang mana panjang maupun diameternya berbeda. Hal tersebut tergantung dengan pesertanya apakah anak-anak atau dewasa.

Khusus orang dewasa tongkat estafet yang digunakan ini panjangnya adalah 30 cm dan diameternya 4 cm. Khusus anak-anak ini tongkat memiliki diameter 2 cm dan beratnya 50 gram.

Diskualifikasi

Selanjutnya yang wajib diketahui adalah diskualifikasi. Tim atau peserta akan didiskualifikasi jika melakukan kesalahan. Kesalahan yang pertama adalah peserta salah dalam melakukan teknik start sebanyak dua kali. Selain itu tongkat estafet diberikan di zona yang telah ditetapkan.

Peserta menghalangi lawan melalui jalur lari yang ditetapkan. Peserta juga akan didiskualifikasi jika tidak benar-benar menyalip lawan dan sengaja menghambat lawan dengan melakukan berbagai tindakan yang bisa merugikan semua pihak. Jika tidak ingin didiskualifikasi pastikan jika pelari di dalam tim tidak melakukan kesalahan yang disebutkan tersebut.

Teknik Estafet

teknik lari estafet

Setelah Anda tahu peraturan lari estafet penting untuk tahu teknik lari estafet ini. Dengan mengetahui tekniknya mudah untuk tim memenangkan permainan dan juga terhindar dari diskualifikasi. Berikut ini adalah beberapa teknik lari estafet yang penting diketahui:

Start

Estafet dimulai dengan titik start. Pelari pertama dalam posisi jongkok dan pandangan menatap ke depan. Pastikan jika posisi tubuh ini sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan yaitu tangan berada di belakang garis start dan tongkat tidak boleh menyentuh garis start. Jika hal ini terjadi maka tim akan didiskualifikasi.

Baca juga  10 Teknik Dasar Pencak Silat

Memberi tongkat

Pelari yang memberikan tongkat menggunakan tangan kanan dan yang menerima tongkat menggunakan tangan kiri. Selain itu tongkat harus diayunkan dari belakang ke depan dan tangan penerima harus siap menerimanya. Penerima menghadap ke depan dengan keadaan siap berlari.

Teknik menerima tongkat ada dua yang pertama visual dan kedua adalah melihat ke belakang. Teknik ini bisa dilakukan dalam jarak 4 x 400 meter. Teknik kedua adalah non visual yaitu melihat ke belakang. Cara ini bisa dilakukan pada jarak 4 x 100 meter.

Teknik dan juga peraturan lari estafet ini harus diketahui untuk menghindari hal-hal yang kurang diinginkan seperti diskualifikasi dan sebagainya, pastikan semua tim mengetahui dan juga mematuhinya karena kesalahan satu peserta tim akan terkena imbasnya.

Tinggalkan komentar