Peraturan Futsal yang harus Diketahui Sebelum Bermain

Olahraga futsal adalah permainan sepak bola dengan ukuran lapangan lebih kecil daripada olahraga sepak bola biasa. Perbedaan dengan sepak bola biasa bukan hanya dari lapangannya saja tetapi juga jumlah pemain di kedua tim. Setiap tim …

peraturan futsal

Olahraga futsal adalah permainan sepak bola dengan ukuran lapangan lebih kecil daripada olahraga sepak bola biasa. Perbedaan dengan sepak bola biasa bukan hanya dari lapangannya saja tetapi juga jumlah pemain di kedua tim. Setiap tim mempunyai 5 pemain dengan kiper sudah termasuk dalam hitungan. Peraturan futsal mempunyai beberapa perbedaan dibandingkan dengan olahraga sepak bola yang kita ketahui. Jika Anda belum mengetahui tentang hal ini, mari kita belajar peraturan permainan futsal pada artikel kali ini.

Peraturan futsal diterbitkan oleh FIFA. Aturan tersebut lengkap mulai dari bola futsal, durasi pertandingan, pergantian pemain, goal Kick-Off, time out, tendangan bebas, serta tendangan pinalti.

Beberapa contoh perbedaan antara olahraga futsal dengan olahraga sepak bola biasa adalah bola yang digunakan. Bola futsal memiliki tekstur yang lebih keras dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan olahraga sepak bola umum. Tidak ada peraturan offside, dan tidak ada lemparan ke dalam lapangan menggunakan tangan. Bola hanya boleh dimasukkan ke dalam lapangan dengan cara menaruhnya di tepi lapangan lalu ditendang untuk menuju ke area kawan.

Peraturan permainan futsal yang diakui dunia

peraturan futsal

Sepatu serta baju futsal tidak termasuk dalam peraturan futsal yang dibuat oleh FIFA. Berikut ini adalah beberapa panduan futsal Laws of the game 2020.

Bola futsal

Bola yang digunakan adalah bola ulat yang terbuat dari kulit dan berdiameter 62-64 cm. Berat bola futsal juga ditentukan oleh FIFA sekitar 400-440 gram. Daya pantul pada bola futsal juga ditentukan antara 50-65 cm.

Baca juga  Peraturan Sepak Takraw

Durasi pertandingan

Total durasi pertandingan futsal selama dua kali 20 menit. Jika ada tendangan melenceng atau bola keluar di sisi lapangan timer akan berhenti dan akan kembali dihitung setelah bola masuk ke dalam lapangan. Bisa dibilang durasi pertandingan futsal adalah 40 menit bersih tanpa ada gangguan apapun.

Goal Kick-Off

Jika pada olahraga sepak bola biasa akan sulit untuk langsung menendang ke arah gawang saat berada di posisi kick-off, akan lebih mudah jika dilakukan di permainan futsal. Peraturan permainan futsal bisa memungkinkan kita mencetak gol langsung saat kick-off. Kiper lawan bisa berusaha menepis tendangan tersebut, dan kita bisa mendapatkan hak untuk tendangan sudut.

Pergantian pemain

Pergantian pemain pada peraturan futsal sedikit berbeda. Jika pada peraturan sepak bola pergantian pemain harus menunggu keputusan dari wasit, di permainan futsal kita bisa langsung berganti pemain. Hanya saja pemakin yang akan digantikan harus keluar lapangan terlebih dahulu. Jumlah pemain yang bisa digantikan tidak dibatasi, kecuali pada kompetisi Federasi Regional atau FIFA dengan maksimal 9 pergantian pemain.

Jika akan ada pergantian kiper, pemain harus meminta persetujuan wasit dan menunggu waktu pergantian saat bola keluar dari lapangan atau tendangan ke gawang yang berhasil dipatahkan atau sebelum kick-off.

Wasit berhak memberikan sanksi pada pemain jika pemain tidak mematuhi aturan pergantian pemain.

Tendangan bebas

Ada dua jenis tendangan bebas, tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung. Tendangan bebas langsung bisa mengarah ke gawang dan goal dianggap sah. Tendangan tidak bebas adalah kondisi dimana goal akan dihitung jika bola sudah mengenai bagian tubuh dari pemain sendiri atau ke tubuh pemain lawan.

Baca juga  Daftar Perangkat Pertandingan Yang Digunakan Wasit Dalam Sepakbola

Tendangan bebas bisa dilakukan di luar atau di dalam kotak pinalti. Waktu yang diperlukan untuk melakukan tendangan bebas adalah kurang dari 4 detik. Wasit bisa memberikan sanksi jika waktunya melebihi aturan.

Tendangan penalti

Area pinalti terjadi pelanggaran atau saat termasuk tendangan bebas. Semua goal yang tercipta di dalam kotak pinalti akan dianggap sah oleh wasit.

Time-Out

Istilah time-out sama seperti olahraga basket, dengan jatah time-out 1 menit per 1 kali babak. Waktu time-out tidak bisa diakumulasi jika tidak diambil pada babak pertama. Peraturan time-out tidak bisa digunakan diluar dua babak utama.

Jika anda sudah mengerti beberapa peraturan permainan futsal, selanjutnya adalah menyiapkan beberapa perlengkapan untuk bermain seperti sepatu, kostum, dan pelindung atau dekker.

Perlengkapan permainan futsal

Kita sudah tidak perlu menyiapkan bola, karena setiap lapangan futsal akan mempunyai persediaan bola. Beberapa perlengkapan yang harus kita siapkan adalah kostum, sepatu, dan pelindung atau dekker.

Sepatu futsal

Sepatu saat bermain futsal berbeda dengan sepatu untuk sepak bola di lapangan besar. Pilihlah sepatu futsal yang nyaman untuk digunakan serta dengan desin yang anda suka. Meski harganya cenderung sedikit lebih mahal, memilih sepatu futsal sebagai pelindung kaki akan mempengaruhi performa permainan anda.

Kostum

Jersey atau kostum berguna untuk membedakan kedua tim. Pemain bisa mengenali kawan saat bergerak dengan cepat. Umumnya, kostum futsal akan tertulis nama pemain serta nomor punggung.

Pelindung atau dekker

Banyaknya kontak fisik dengan pemain lawan bisa meningkatkan kemungkinan resiko cedera. Dekker akan melindungi bagian tertentu pada tubuh seperti tangan, kaki, atau kepala.

Sekarang anda sudah mengetahui peraturan permainan futsal dan apa saja yang perlu disiapkan. Tunggu apa lagi, segera cari kawan dan tim lawan untuk bermain futsal.

Baca juga  Peraturan Sepak bola

Tinggalkan komentar