Peraturan Dota 2 dan cara bermain

Pengemar game online tentu saja mengenal DOTA 2 yang merupakan salah satu game terpopuler saat ini. Tetapi apakah sudah mengetahui peraturan Dota 2 secara lengkap? Tabel Konten1 The International, Turnamen Dota 2 dengan Peraturan Bermain Dota 2 dan Hadiah Besar1.1 Pembahasan Singkat Permainan …

dota 2

Pengemar game online tentu saja mengenal DOTA 2 yang merupakan salah satu game terpopuler saat ini. Tetapi apakah sudah mengetahui peraturan Dota 2 secara lengkap?

The International, Turnamen Dota 2 dengan Peraturan Bermain Dota 2 dan Hadiah Besar

peraturan dota 2

Mendengar istilah Dota 2 tentu tidak asing lagi bagi para penggemar game arena pertarungan multiplayer. Dengan banyaknya penggemar dari seluruh penjuru dunia, banyak kompetisi untuk game Dota 2 dengan berbagai hadiah. Peraturan bermain Dota 2 tentu saja menyesuaikan dengan penyelenggara kompetisi. Saat ini permainan online ini sudah memiliki puluhan juta permainan setianya sama halnya seperti PUBG, counter strike, slot online, mobile legend dan lain sebagainya

Pembahasan Singkat Permainan Dota 2

Akan ada 2 tim yang bertanding dan masing-masing tim memiliki anggota sebanyak 5 orang. Seperti pada game arena umumnya, tim yang berhasil mempertahankan markas (Ancient) dan menghancurkan milik lawan adalah pemenangnya.

Setiap anggota atau pemain akan memilih dan mengendalikan karakter atau hero dengan berbagai nama hero Dota 2. Ada lebih dari seratus hero dengan kekuatan, kelincahan, dan kecerdasan masing-masing, serta memiliki 4 keahlian aktif maupun pasif. Setiap karakter memiliki peran yang penting yang akan menghasilkan kemenangan dengan kerja sama yang baik.

Terdapat 3 jalur yang menghubungkan markas atau Ancient, yaitu offlane, midlane, dan safe lane. Terdapat 3 menara di setiap lane yang memungkinkan untuk melakukan penyerangan. Pasukan akan muncul pada jalur atau lane secara berkala, biasanya 30 detik, yang bisa menyerang lawan.

Terdapat 2 barracks pada tower atau menara terakhir bernama melee barracks dan ranged barracks. Jika kedua barrack hancur maka pasukan lawan akan menjadi semakin kuat dalam memberikan serangan. Pertempuran terjadi selama perjalanan menuju markas atau Ancient lawan dan menghancurkannya untuk menjadi pemenang.

Pemain dapat meningkatkan level dan mengumpulkan gold dengan cara farming dan creeping di hutan. Creeping dilakukan dengan cara membunuh natural creeps dan ancient creeps. Pemain bisa mendapatkan keabadian menggunakan aegis immortal dengan mengalahkan monster hutan yaitu roshan.

Permainan yang mengandalkan taktik dan kemampuan gamer membuat sepanjang pertempuran menjadi menarik. Dota 2 tournament menjadi salah satu daya tarik lain bagi pro gamer untuk ikut serta. Hadiah mencapai ratusan miliar rupiah menjadi penghargaan bagi tim pemenang dalam kompetisi skala internasional.

The International

The International merupakan turnamen internasional Dota 2 yang diselenggarakan setiap tahun mulai pada tahun 2011. Penyelenggara dari turnamen skala internasional ini adalah Valve selaku perusahaan yang mengembangkan Dota 2. Tim yang mengikuti turnamen dan mematuhi peraturan bermain Dota  2 akan mendapatkan uang, piala, dan gelar juara.

Sebelumnya sudah banyak kompetisi lain, tetapi rawan penipuan dan pencurian. Sehingga, Valve memutuskan untuk menggelar turnamen dengan skala internasional. Hadiah yang ditawarkan semakin tahun selalu mengalami peningkatan. Hadiah tersebut merupakan hasil dari penjualan produk bernama Compendium.

Pada tahun 2019 The International memberikan 497 miliar rupiah bagi pemenangnya. The International 10 yang seharusnya diselenggarakan pada 2020 terpaksa ditunda karena pandemi. TI10 kemudian berlangsung pada tahun 2021 dengan peraturan Dota 2.

The International tahun 2021 bertempat di Swedia tepatnya di Stockholm. Besar hadiah untuk TI10 ini mencapai sekitar 572 miliar rupiah. Valve memperkenalkan fitur baru bernama Supporters Clubs. Penggemar dapat membeli item in-game dan sebagian dari total pembelian akan diberikan kepada tim favoritnya.

Valve juga menyediakan kontes film pendek Dota 2 bagi para creator yang menggemari Dota 2. Film pendek teratas akan mendapatkan seleksi oleh komunitas yaitu penggemar. Hasil terbaik akan menjadi pemenang dan akan ditampilkan pada layar dan panggung The International 10.

Peringkat pertama kontes film pendek akan mendapatkan 25.000 dolar Amerika, peringkat kedua mendapatkan 10.000 dolar Amerika. Peringkat ketiga akan mendapatkan 5.000 dolar Amerika, dan 500 dolar Amerika untuk peringkat keempat hingga kesepuluh.  Peraturan bermain Dota 2, jadwal pertandingan, hasil pertandingan, dan berbagai informasi lain terdapat pada website resminya.

ikutin terus Desabola yang saat ini mulai merambah peraturan dan berita esports

Tinggalkan komentar