Peraturan Bola Kasti

Peraturan Olahraga Bola Kasti

Siapa yang tidak tahu tentang olahraga bola kasti? Olahraga yang memang sudah dimainkan oleh orang Indonesia sejak kecil ini pasti tidak asing ditelinga Anda. Ternyata, bola kasti tidak hanya dimainkan ketika pelajaran penjaskes di sekolah saja. Namun bola kasti juga memiliki beberapa pertandingan resmi di Indonesia dan luar negeri. Bola kasti sendiri berasal dari Belanda, dimana pertandingan kasti tingkat internasional pertama kali diadakan pada Tahun 1744. Ini artinya bola kasti sebenarnya sudah ada sejak lama bahkan lebih tua daripada permainan olahraga yang lain. Dalam artikel ini desabola.com akan membahas Peraturan Olahraga Bola Kasti.

Ukuran Lapangan Bola Kasti

Karena jumlah pemain di tim bola kasti ada cukup banyak maka permainan ini dilakukan diluar ruangan dengan lapangan yang luas. Dimana ukuran standard panjang lapangan bola kasti adalah 60-70 meter dengan lebar 30 meter. Selain itu di sisi lapangan harus ada ruang tunggu dengan ukuran 10 meter.

Wasit Bola Kasti

Di setiap liga perlombaan pasti ada wasit yang mengatur jalannya pertandingan agar tetap terkendali dan tentu saja adil. Olahraga bola kasti pun sama, memiliki seorang wasit yang memimpin dan keputusannya adalah hal mutlak yang harus ditaati oleh semua pemain. Wasit bola kasti dibantu oleh 3 orang penjaga garis dan 2 orang pencatat skor/poin.

Jumlah Pemain Bola Kasti

permainan bola kasti

Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu dengan jumlah pemain 12 orang. Dimana dari 12 orang ini, satu orang menjadi kapten. Dari ke 12 pemain bola kasti harus menggunakan nomor punggung 1-12. Setiap regu bola kasti juga harus memiliki 6 orang pemain cadangan ketika sedang bertanding.

Waktu Permainan Bola Kasti

Waktu permainan bola kasti adalah 2 x 20 menit dan 2 x 30 menit. Setiap pertandingan biasanya menggunakan salah satu dari kedua aturan waktu diatas. Selain itu waktu permainan bola kasti ditambah dengan 10 menit waktu untuk istirahat.

Aturan Bidang Sasaran Lemparan Bola Kasti

Bidang sasaran lemparan bola kasti terletak dari bagian pinggang sampai kaki setiap pemain. Jika ada pemain yang melempar bola pada bagian pinggang keatas maka dianggap tidak sah dan pelempar bola diberikan sanksi kartu kuning. Apabila pelempar bola melakukan kesalahan ini sebanyak dua (2) kali maka pelempar bola akan mendapat sanksi kartu merah dan dikeluarkan dari lapangan tanpa ada pemain pengganti.

Aturan Pergantian Tempat

* Terjadi pergantian pemain jika regu pemukul terkena bola dari regu penjaga.
* Terjadi pergantian tempat bebas jika regu penjaga dapat menangkap bola sebanyak tiga kali berturut-turut.
* Terjadi pergantian tempat bebas jika kayu pemukul terlepas dari tangan saat memukul bola.
* Terjadi pergantian tempat bebas jika regu penjaga bisa mengambil alih ruang bebas ketika tidak ada permainan yang sedang berlangsung.
* Terjadi pergantian tempat bebas jika pelari masuk ke area bebas melalui garis belakang lapangan.
* Terjadi pergantian tempat jika regu pemukul keluar dari area bebas namun tidak memukul bola dan keluar dari garis batas lapangan.

Aturan Tim Penjaga

Tim penjaga memiliki tugas utama untuk mematikan lawan. Cara untuk mematikan lawan adalah dengan menangkap bola dari tim pemukul secara langsung maupun melakukan lemparan bola secara tepat. Selain itu, tim penjaga juga bertugas untuk membakar ruang bebas atau mengisi ruang ruang bebas yang sedang kosong.

Aturan Tim Pemukul

bola kast

* Setiap pemain di tim pemukul memiliki hak untuk memukul bola satu kali. Sedangkan pemain terakhir bisa memukul bola sebanyak tiga kali jika ruang bebas sedang kosong.
* Pukulan dianggap sah jika bola berhasil jatuh tepat di garis pukul.
* Pemukul tidak mendapat poin jika bola yang terpukul mengenai tangan.
* Pemukul tidak mendapat poin jika bola jatuh di ruang bebas.
* Pemukul tidak mendapat poin jika bola yang dipukul melambung dan mengarah ke luar lapangan yang terdapat bendera tengah.
* Pukulan dianggap sah jika bola berhasil melewati garis pukul dan bola tidak melewati garis samping.
* Pukulan dianggap sah jika alat pemukul berada di dalam ruang pukul.

Aturan Pelambung Bola Kasti

Pelambungan bola yang akan dipukul harus sesuai permintaan pemukul. Jika bola yang dilambungkan tidak sesuai permintaan pemukul maka pemukul berhak untuk tidak memukul bola. Setelah tiga kali lambungan bola dan ketiganya tidak sesuai permintaan pemukul maka pemukul bisa menuju tiang pemberhentian dengan lari bebas.

Perolehan Nilai Bola Kasti

* Regu pemukul akan mendapat poin 1 jika berhasil memukul bola dengan benar dan berhasil kembali ke ruang bebas tanpa terkena lemparan bola.
* Regu pemukul akan mendapat poin 2 jika berhasil memukul bola dengan benar dan langsung kembali ke ruang bebas tanpa berhenti terlebih dahulu di pemberhentian I, II, maupun III.
* Regu penjaga akan mendapat 1 poin jika berhasil menangkap bola secara langsung dari regu pemukul.
* Regu penjaga akan mendapat 3 poin jika berhasil menangkap bola tiga kali berturut-turut.
* Regu dengan nilai terbanyaklah yang berhasil memenangkan pertandingan.

Demikian peraturan bola kasti persembahan situs desabola.com, semoga bisa menambah wawasan Anda.

Tinggalkan komentar