Pengertian Pencak Silat, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia yang menghadirkan keindahan gerak di setiap jurusnya

Silat_Training_Santa_Clara_California

Pengertian Pencak Silat – Beberapa tahun terakhir, Indonesia semakin terkenal di mata dunia lewat berbagai warisan budaya yang dimiliki. Salah satunya adalah pencak silat, seni bela diri asli Indonesia yang menjadi budaya dan kebanggaan bangsa. 

Pencak silat merupakan seni bela diri yang mengandung unsur tradisional Indonesia. Sejarah pencak silat sudah ada abad ke 7 masehi dengan ditemukannya artefak senjata Hindu. Hingga sekarang, pencak silat sudah tersebar ke seluruh kepulauan di Indonesia lewat berbagai padepokan silat. 

Pengertian Pencak Silat

Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia yang menghadirkan keindahan gerak, ketangkasan, perasaan dan pikiran di setiap jurusnya. Silat dimaknai sebagai budaya manusia untuk mempetahkan eksistensi dan integritas dan mencapai keselarasan hidup antara manusia dengan tuhannya. Masing-masing daerah di Indonesia mempunyai aliran silat yang khas dan berbeda. seni bela diri ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya non benda Nusantara. 

Seni pencak silat juga bisa Anda temui di beberapa negara rumpun melayu. Seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, hingga Brunei. Di setiap negara, pencak silat juga memiliki sebutan dan alirannya sendiri. Seperti gayong di Malaysia, cekak di Singapura, dan bersilat di Thailand.

Jika ditinjau dari Kamus Besar Bahas Indonesia, pencak silat adalah keahlian dalam mempertahankan diri dengan menyerang, menangkis, dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Ada juga pengertian pencak silat dari seorang ahli Boechori Ahmad, pencak adalah fitrah manusia untuk membela dirinya dan silat yang menghubungkan gerakan serta pikiran.

Tujuan Pencak Silat 

Pengertian Silat
Pertandingan Silat di Taman Mini Indonesia Indah. Sumber: Wikimedia Commons

Setelah mengetahui pengertian pencak silat, Anda juga perlu mengetahui apa saja tujuan dari seni bela diri ini. Pencak silat merupakan warisan luhur seni bela diri tanah air yang di dalamnya memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Menyalurkan minat dan bakat bagi mereka yang memiliki hobi berolahraga, khususnya di bidang bela diri.
  • Membentuk sikap kesatria dan mendidik seseorang agar berani membela kebenaran. 
  • Melatih kedisiplinan serta bertanggung jawab secara lahir dan batin. 
  • Mendorong masyarakat agar memahami dan menghayati hakikat seni bela diri pencak silat sebagai kebutuhan hidup. 
  • Membentuk masyarakat yang sehat, berpikiran cerdas, berprestasi, dan terhindari dari pergaulan bebas maupun obat-obatan terlarang.

Maka dari itu tujuan pencak silat bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin terjun sebagai atlet ataupun ahli bela diri saja. Namun juga untuk masyarakat umum yang ingin melatih kedisiplinan dan menerapkan pola hidup sehat.

Fungsi Pencak Silat

Lewat pengertian pencak silat sudah dijelaskan bahwa olahraga ini melibatkan keindahan gerak dalam unsur bela dirinya. Oleh karena itu pencak silat memiliki 3 fungsi, yaitu untuk seni, bela diri, dan pendidikan. 

Keindahan dalam pencak silat memiliki unsur-unsur seni yang elok. Sedangkan teknik dasar pencak silat yakni ketangkasan dan jurus-jurusnya dapat dipelajari mulai dari ujung jari tangan sampai ujung kaki untuk membela diri. Selain itu, pencak silat juga memberi keterampilan seseorang dari sudut pandang pendidikan.

Manfaat Pencak Silat

Pembahasan yang terakhir adalah tentang manfaat dari seni bela diri pencak silat. Bagi Anda yang menguasai bela diri ini, maka ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan secara langsung, yaitu:

  • Melatih mental
  • Meningkatkan kesabaran
  • Lebih mudah berkonsentrasi
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Melatih kedisiplinan
  • Menambah pengetahuan
  • Mengontrol diri
  • Menjaga tubuh sehat
  • Menambah daya tahan tubuh

Berbagai manfaat pencak silat bisa dirasakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa nilai-nilai luhur dari pencak silat sebaiknya selalu dijaga bersama-sama agar tetap lestari dan bisa diturunkan ke banyak generasi selanjutnya.

Demikianlah beberapa ulasan tentang pengertian pencak silat dan apa saja fungsi serta manfaatnya, semoga bermanfaat.  

Baca juga  5 Teknik Renang Gaya Dada yang Benar

Tinggalkan komentar