Pengertian Atletik Menurut Para Ahli dan Cabang Olahraganya

Pengertian Atletik – Atletik merupakan cabang olahraga gabungan dari beberapa jenis, seperti lompat, lari, lempar, dan jalan. Olahraga atletik memiliki kompetisi tingkat internasional dan hampir setiap negara di seluruh dunia pernah terlibat di dalamnya.  Sebagai …

lompat galah

Pengertian Atletik – Atletik merupakan cabang olahraga gabungan dari beberapa jenis, seperti lompat, lari, lempar, dan jalan. Olahraga atletik memiliki kompetisi tingkat internasional dan hampir setiap negara di seluruh dunia pernah terlibat di dalamnya.  Sebagai sebuah ajang olahraga yang populer, sejarah atletik bahkan dapat ditarik hingga peradaban Yunani sekitar 3000 SM. 

Di sisi lain, atletik dianggap sebagai jenis olahraga sederhana karena tidak membutuhkan banyak peralatan yang rumit. Olahraga ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar bagi para atlet yang menekuninya. Atletik banyak memberi manfaat untuk tubuh, diantaranya meningkatkan kelenturan, kekuatan, koordinasi, daya tahan, dan kemampuan biomotorik lainnya. 

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Pengertian Atletik
Sumber foto: Wikimedia Commons

Induk organisasi atletik di Indonesia adalah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang menjelaskan pengertian atletik sebagai aktivitas fisik yang dinamis dan harmonis. Selain itu, atletik juga masih memiliki beberapa pengertian lainnya menurut para ahli. 

Apa itu atletik dan bagaimana pengertiannya menurut para ahli bisa Anda ketahui lewat penjelasan berikut ini:

Pengertian Atletik Menurut Ballesteros

Ballesteros menjelaskan bahwa atletik adalah aktivitas jasmani yang terdiri dari beberapa nomor lomba yang berdasarkan kemampuan gerak dasar manusia. Misalnya berjalan, berlari, melempar, dan melompat. 

Pengertian Atletik Menurut Muhajir

Atletik merupakan olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Seperti melompat, berjalan, berlari, dan melempar.

Pengertian Atletik Menurut Mochammad Djumidar A. Widya

Atletik adalah salah satu unsur pendidikan jasmani dan kesehatan. Kegiatan ini menjadi komponen pendidikan yang mengutamakan aktivitas jasmani dan pembinaan hidup sehat. Seperti pengembangan mental, jasmani, sosial, dan emosional yang serasi, selaras, dan seimbang.

Pengertian Atletik Menurut Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, atletik adalah aktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan dasar yang dinamis, yaitu lari, jalan, lompat, dan lempar.

Pengertian Atletik Menurut Eri Periatama

Atletik adalah suatu olahraga yang kegiatannya sebagian besar dilakukan di lapangan dan lintasan. 

Cabang Olahraga Atletik

Atletik memiliki banyak nomor olahraga yang meliputi gerakan dasar, seperti melompat, berjalan, berlari, melempar, dan berbagai kombinasinya. Secara umum, olahraga atletik dibagi menjadi empat yaitu nomor jalan, lari, lompat, dan lempar.

Dikutip dari laman induk organisasi atletik internasional adalah World Athletics, menjelaskan ada beberapa cabang olahraga atletik, beberapa di antaranya yaitu:

Jalan cepat

Cabang olahraga atletik yang termasuk dalam nomor jalan. Aktivitas ini berbeda dengan berjalan kaki secara cepat karena memiliki aturan tersendiri yang harus diikuti para atlet. Jarak tempuh jalan cepat atau brisk walking biasanya adalah 5km, 10km, 20km, 50km.  Atlet jalan cepat bisa berjalan 100 langkah per menit. 

Lari jarak pendek

Lari jarak pendek masuk dalam nomor atletik favorit. Bahkan juara lari jarak pendek 100 meter mendapat gelar kehormatan sebagai manusia tercepat di bumi yang kini dipegang oleh Bolt dari Jamaika. Nomor lari jarak pendek yang dilombakan di level internasional biasanya dibagi menjadi 2 yakni indoor dan outdoor. 

Nomor lari jarak pendek indoor antara lain lari jarak pendek 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Sementara lari jarak pendek outdoor yakni 50 meter, 60 meter, 200 meter, 600 meter.

Baca juga  Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Lengkap

Lari jarak menengah

Atletik lari jarak menengah berbeda dengan jarak pendek, umumnya dipertandingkan dalam dua jarak tempuh, yaitu 800 meter dan 1.500 meter. 

Lari jarak jauh

Lari jarak jauh juga sering disebut dengan maraton. Umumnya dilakukan dalam jarak tempuh lebih dari 5 kilometer. Lari jarak jauh disebut juga sebagai lari marathon di mana pemenangnya ditentutan oleh pelari yang meraih waktu terpendek. 

Lari Rintangan

Lari rintangan adalah jenis olahraga lari yang mengharuskan atlet untuk melewati rintangan berupa gawang yang berada di track lari. Oleh karena itu, lari rintangan disebut juga sebagai lari gawang. Olahraga lari rintangan dipertandingkan di dua nomor yakni lari gawang 110 meter putra dan lari gawang 100 meter puti.

Lompat jauh

Lompat jauh adalah cabang olahraga yang mengharuskan pemainnya untuk melompat ke depan sejauh mungkin dan mendarat dengan mulus di pasir. Nomor lompat jauh dibagi dalam 2 jenis lompatan, yaitu horizontal dan vertikal dengan peraturan yang berbeda. 

Lompat tinggi

Sementara pada lompat tinggi atletik termasuk dalam lompatan vertikal dan atlet yang melakukannya perlu memindahkan badan setinggi mungkin tanpa alat bantuan.

Lompat Galah

Lompat galah adalah lomba trek yang mengharuskan pemainnya untuk melewati pembatas menggunakan sebuah galah panjang yang fleksibel. Galah yang digunakan biasanya terbuat dari fiberglass.

Lempar lembing

Lempar lembing juga terbagi dalam 2 kategori, yaitu lempar sirkuler dan linier.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat dibagikan seputar pengertian atletik menurut para ahli dan macam-macam cabang olahraganya, semoga bermanfaat.  Sebenarnya, masih ada banyak olahraga atletik lainnya yang dipertandingkan dalam ajang atletik baik nasional maupun internasional. 

Tinggalkan komentar