Daftar 5 Pelatih Sepak Bola Terkaya di Dunia

Tidak main-main, jika dirupiahkan, gaji pelatih sepakbola ini mencapai ratusan milyar per tahun.

pelatih sepakbola terkaya di dunia

Pelatih sepak bola dikenal berkat kepiawaiannya dalam membentuk dan melatih tim yang dipimpinnya. Gaji pelatih sepak dan gaji manajer bola Indonesia mungkin belum setinggi negara lain. Apalagi jika kita melihat gaji pelatih terkaya di dunia berikut ini.

Dari daratan Eropa, ada deretan pelatih yang punya nama besar di dunia sepak bola internasional. Keahlian dan reputasi mereka sudah terbukti lewat rangkaian prestasi yang berhasil diraih bersama tim. Tidak main-main, jika dirupiahkan, gaji mereka mencapai ratusan milyar per tahun.

Siapa saja mereka?

5 Pelatih Sepak Bola Terkaya

pelatih sepakbola

Diego Simeone – Atletico Madrid

Nama lengkapnya Diego Pablo Simeone Gonzalez. Lahir di Buenos Aires, Argentina, tanggal 28 April 1970. Simeone adalah mantan pemain tengah Argentina yang kini menggawangi Atletico Madrid. Jam terbangnya semasa masih berkarir di lapangan hijau diturunkannya pada punggawa Atletico.

Simeone disebut-sebut sebagai salah satu pelatih sepak bola terkaya di dunia. Gajinya mencapai 43 juta Euro (734 milyar Rupiah) per tahun.

Diego Simeone dikenal sebagai figur legenda Atletico Madrid. Sejak menjadi pemain sampai kini menjadi pelatih, Simeone berkontribusi besar pada klub tersebut. Prestasinya selama melatih Atletico Madrid bisa dilihat dari 7 raihan tropi, rinciannya:

  • Juara La Liga
  • Juara Copa del Rey
  • Juara UEFA Europa Leagues (2 kali)
  • Juara UEFA Super Cups (2 kali)
  • Runner-up UEFA Champions League (2 kali)

Kontraknya bersama Los Rojiblancos masih berlaku hingga 2022. Kita lihat apakah Simeone tetap bertahan di Atletico dengan perpanjangan kontrak.

Josep Guardiola – Manchester City

Bernama asli Josep Guardiola Sala, pelatih Manchester City ini lahir di Santpedor, Spanyol, 18 Januari 1971. Coach yang lebih akrab disapa Pep Guardiola ini kerap disebut sebagai manajer terbaik sepanjang masa. Ia juga meraih rekor kemenangan konsekutif di La Liga, Bundesliga, dan Premier League.

Baca juga  Apa Itu Kepanjangan FIFA, Tujuan dan Fungsinya

Sebelum berkiprah di Manchester City, ia dipercaya menjadi pelatih Barcelona dan Bayern Munchen. Berbekal pengalamannya di klub-klub besar Eropa, Pep Guardiola sukses menorehkan 8 tropi untuk The Citizens.

Beberapa prestasi Pep Guardiola sebagai pelatih internasional:

  • Pelatih termuda yang memenangkan kompetisi Eropa bergengsi
  • Catalan Parliament’s Gold Medal 2011
  • FIFA World Coach of the Year 2011

Pep Guardiola baru saja menandatangani kontrak baru dengan City pada bulan November 2020 di Etihad stadium. Gajinya saat ini mencapai 23 juta Euro (393 milyar Rupiah) per tahun, mencatatkan namanya dalam daftar pelatih sepak bola terkaya Eropa.

Jose Mourinho – Tottenham Hotspur

Jose Mario dos Santos Mourinho Felix, lahir di Portugal tanggal 26 Januari 1963. Coach Mourinho memulai karir sebagai pemain tengah Portugal. Setelah gantung sepatu, Mourinho malang-melintang dari klub satu ke klub lain sebagai manajer.

Beberapa klub besar yang pernah dipimpinnya antara lain Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United. Terakhir, Mourinho menjadi pelatih Tottenham Hotspur dengan gaji 17 juta Euro (290 miliar Rupiah) per tahun.

Beberapa prestasi yang berhasil dicetak Real Madrid di bawah asuhan Jose Mourinho:

  • Juara La Liga 2011-12
  • Juara Copa del Rey
  • Juara Supercopa de Espana

Tahun 2010, Mourinho terpilih sebagai FIFA World Coach of the Year. Ia juga menyumbang banyak tropi untuk setiap klub yang dilatihnya. Dalam sejarah sepak bola dunia, Mourinho adalah coach kelima yang berhasil meraih gelar juara liga di 4 negara berbeda.

Mourinho memegang kemudi Tottenham sejak 2019 dan dipecat hari Senin, 19 April 2021. Ini merupakan pertama kalinya Mourinho melatih sebuah klub tanpa menyumbangkan tropi sama sekali. Bagaimana pun juga, Jose Mourinho termasuk pelatih sepak bola terkaya yang patut diacungi jempol.

Baca juga  Teknik Menggiring Bola yang Baik dan Benar

Jurgen Klopp – Liverpool

Jurgen Norbert Klopp lahir di Stuttgart, Jerman Barat, 16 Juni 1967. Perjalanan karirnya sebagai pelatih tidaklah mudah. Klopp berjuang keras mengangkat posisi Mainz 05, klub pertama yang dilatihnya. Sayang, banyak pemain berbakat yang memutuskan untuk hijrah ke tim lain sehingga Mainz 05 kekurangan talenta.

Setelah hengkang dari Mainz 05, Klopp menerima tawaran dari Borussia Dortmund. Di sinilah Klopp mencapai puncak karirnya. Meskipun diawali dari posisi sulit, saat itu Borussia Dortmund berada di posisi ke-13 pada musim terakhir.

Berkat kepiawaiannya, Borussia Dortmund pun meroket. Prestasi pertama yang berhasil disumbangkan Klopp untuk klubnya adalah juara DBF-Supercup 2008. Pencapaian gemilang kembali diraih setelah Borussia Dortmund menjadi juara Bundesliga dua musim bertuut-turut (2010-11 dan 2011-12).

Prestasi Borussia Dortmund di bawah kepelatihan Jurgen Klopp terus berlanjut. Tidak hanya tropi, Borussia Dortmund juga mencetak beberapa rekor di Bundesliga. Setelah semua raihan prestasi di Borussia Dortmund, Jurgen Klopp pun pindah ke Liverpool.

Beberapa catatan membanggakan yang berhasil dibuat Klopp bersama Liverpool, antara lain:

  • Final UEFA Europa League 2015-2016
  • Final UEFA Champions League 2017-2018
  • Juara UEFA Champions League 2018-2019
  • Juara UEFA Super Cup 2019
  • Juara FIFA Club World Cup 2020
  • Juara Premiere League 2019-2020

Selain berkarir sebagai pelatih, Klopp juga kerap tampil di media, di antaranya:

  • Narasumber utama stasiun televisi Jerman ZDF
  • Narasumber utama Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman
  • Mendapat penghargaan Deutsche Fernsehpreis kategori siaran olahraga terbaik.

Dengan prestasi gemilang yang berhasil dibuatnya, Jurgen Klopp masuk daftar pelatih sepak bola terkaya dunia dengan gaji 16 juta Euro (273 miliar Rupiah) per tahun.

Zinedine Zidane – Real Madrid

Zinedine Yazid Zidane alias Zizou lahir di Marseille, Prancis, 23 Juni 1972. Karir awalnya adalah gelandang serang di Cannes, pindah ke Juventus, lalu mencapai puncak karirnya di Real Madrid. Beberapa pencapaian besar yang berhasil diraihnya semasa masih bermain adalah:

  • FIFA World Player of the Year (1998, 2000, dan 2003)
  • Ballon d’Or 1998
  • Legion of Honour 1998
Baca juga  Sejarah Sepak Bola, Dari Tiongkok Sampai Berdirinya FIFA

Belum termasuk namanya yang rutin tercantum di daftar pesepakbola terbaik dunia, di antaranya versi FIFA 100 edisi 2004 dan UEFA Golden Jubilee Poll. Ia juga mencetak beberapa rekor, baik dari harga transfer, riwayat pertandingan, maupun gol terindah di beberapa kompetisi.

Setelah semua pencapaiannya sebagai pemain, Zidane gantung sepatu dan melanjutkan karirnya sebagai pelatih di Real Madrid. Di dua musim pertamanya, Zidane berhasil mencatat rekor sebagai pelatih pertama yang menjuarai Champions League 3 kali berturut-turut.

Zidane juga berhasil membawa Real Madrid menjadi juara UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup masing-masing sebanyak 2 kali. Serta juara La Liga dan Supercopa de Espana. Keberhasilan ini melambungkan nama Zidane sebagai Best FIFA Men’s Coach 2017.

Dengan kepiawaiannya tersebut, Zidane menjadi pelatih sepak bola terkaya dengan gaji sebesar 16 juta Euro (273 miliar Rupiah) per tahun.

Pelatih Sepak Bola Terkaya Internasional Selanjutnya

Dunia sepak bola tengah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Beberapa nama senior mulai meredup, disusul dengan terbitnya talenta-talenta baru yang masih penuh semangat. Tampaknya tak lama lagi akan terjadi sesuatu yang fantastis di sepak bola dunia.

Dari bidang kepelatihan, mungkin beberapa pemain akan gantung sepatu dan menyusul jejak para seniornya untuk menjadi coach di tim-tim raksasa. Kita lihat siapa yang akan menjadi pelatih sepak bola terkaya selanjutnya.

Tinggalkan komentar