10 Olahraga Terpopuler dengan Milyaran Penggemar di Dunia

Dalam artikel ini, Desabola membahas tentang 10 olahraga terpopuler di dunia lengkap dengan perkiraan penggemarnya.

olahraga terpopuler

Olahraga Terpopuler di Dunia –  Olahraga dan manusia memang tidak bisa dipisahkan. Bahkan di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis olahraga, mulai dari yang umum hingga yang paling aneh dan unik. Dari sekian banyak jenis olahraga tersebut, setidaknya ada 10 olahraga paling populer dengan jumlah penggemar mencapai milyaran orang.

Penasaran apa saja olahraga yang dimaksud? Untuk mengetahuinya Desabola akan membahas tentang 10 olahraga terpopuler di dunia lengkap dengan perkiraan penggemarnya seperti yang dikutip dari worldatlas.com.

10 Olahraga Paling Populer di Dunia dengan Milyaran Fans

sepakbola

Dari total 7,6 milyar manusia di planet bumi, kira-kira berapa saja ya jumlah penggemar dari masing-masing olahraga yang akan dibahas kali ini? Berikut urutan olahraga terpopuler di dunia dengan jumlah penggemar terbanyak:

Golf – 450 juta penggemar

Pertama ada olahraga Golf yang sangat populer di wilayah Eropa Barat, Amerika, dan Asia Timur. Olahraga yang satu ini memiliki setidaknya 450 juta penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri olahraga golf memang tidak terlalu populer, namun tetap memiliki basis fans fanatiknya sendiri.

Golf merupakan olahraga terpopuler yang dimainkan dengan cara memukul bola agar masuk ke dalam lubang. Sejauh ini telah tercipta berbagai macam jenis pemukul golf yang memberi efek pukulan berbeda pada bola. Ada yang khusus untuk memukul jarak dekat hingga yang didesain khusus untuk jarak jauh.

Bagi para atlet golf profesional, setiap detail pada pemukul golf akan sangat mempengaruhi performa. Tak heran jika beberapa atlet memiliki pemukulnya sendiri yang sudah didesain dengan kekuatan, panjang tangan, hingga jangkauan tubuh mereka.

Rugby – 475 juta penggemar

Bagi para pria yang suka dengan olahraga penuh adrenalin, maka rugby adalah tontonan yang sangat menarik. Selain penuh dengan adrenalin, rugby juga merupakan olahraga dengan aturan yang sangat unik karena setiap pemain berhak mendorong dan merobohkan lawan secara keras.

Rugby sendiri merupakan olahraga tim yang dimainkan oleh masing-masing 15 orang. Setiap tim akan berjuang untuk membawa bola ke garis akhir dari tim lawannya. Tim yang berhasil membawa bola tersebut ke garis akhir akan mendapat skor yang bisa menuntun pada kemenangan.

Olahraga yang berasal dari Inggris ini sangat populer di wilayah Eropa dan Amerika dengan lebih dari 475 juta penggemar. Awalnya rugby populer di abad pertengahan kerajaan Inggris yang saat itu dikenal dengan United Kingdom. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini populer ke negara-negara jajahan Inggris, seperti Australia dan New Zealand.

Baseball – 500 juta penggemar

Sejauh ini baseball masih menjadi salah satu olahraga terfavorit bagi warga Amerika Serikat. Setidaknya di seluruh dunia ada lebih dari 500 juta orang yang menjadi penggemar olahraga baseball. Selain di Amerika Serikat, olahraga terpopuer yang satu ini juga memiliki basis penggemar yang sangat besar di Jepang dan negara-negara Karibia.

Permainan baseball sendiri terdiri dari 2 tim yang beranggotakan 9 orang pemain. Masing-masing tim akan mendapat jatah untuk memukul dan bertahan menjaga base. Nantinya tim yang bertugas menjaga base harus menghalangi tim pemukul yang berlari mengitari lapangan dan menuju ke base yang tersedia. Apabila tim pemukul berhasil mengitari base-base yang tersedia dan mencapai base akhir (home base), maka mereka berhak mendapat poin.

Basket – 825 juta penggemar

Kalau popularitas olahraga yang satu ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Ya, basket memang sangat terkenal dan banyak mempengaruhi berbagai kultur di dunia. Tak terkecuali dengan Indonesia yang mana memiliki banyak basis penggemar akan olahraga yang satu ini.

Sebagai olahraga terpopuler di dunia, tak heran jika diprediksi angka penggemar basket ada lebih dari 825 juta orang. Beberapa atlet dunia seperti Kobe Bryant, Michael Jordan, hingga Shaq telah menjadi inspirasi bagi para penggemarnya.

Olahraga yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981 oleh Dr. James Naismith di Amerika Serikat ini langsung mendapat respon positif. Pada saat itu Dr. James menganggap olahraga ini lebih aman dibanding jenis olahraga lain yang memiliki potensi cedera fatal. Basket juga dianggap sebagai olahraga yang praktif karena bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor).

Tenis Meja/Ping-Pong – 875 juta penggemar

Kalau Anda berkunjung ke China dan Korea Selatan, pasti Anda akan mudah menemui olahraga yang satu ini. Ya, dua negara tersebut memang memiliki basis penggemar yang sangat besar untuk olahraga tenis meja atau ping-pong.

Olahraga terpopuler yang satu ini sebenarnya berasal dari Inggris dan merupakan versi miniatur tenis. Itulah alasannya olahraga ini disebut sebagai tenis meja karena memungkinkan untuk dimainkan lewat meja berukuran kecil.

Popularitas tenis meja sebetulnya bukan hanya di Asia saja, melainkan juga di beberapa negara Eropa. Bahkan Swedia menjadi salah satu negara dengan jumlah atlet tenis meja terbanyak di dunia.

Voli – 900 juta penggemar

Permainan bola voli sangat terkenal di Eropa dan Amerika Utara. Olahraga ini diperkirakan memiliki lebih dari 900 juta penggemar di seluruh dunia. Sejak pertama kali diperkenalkan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat, voli telah banyak berevolusi. Seperti hadirnya voli pantai hingga voli dengan ukuran bola yang lebih besar daripada umumnya.

Bola voli pada dasarnya adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing 6 orang pemain. Setiap tim akan berusaha memasukkan bola tersebut ke bagian lapangan tim lawan tanpa menyentuh net. Pertandingan voli bisa berlangsung sangat dinamis karena masing-masing tim berhak untuk melakukan blocking dan smashing secara bergantian. Itulah alasannya mengapa pertandingan voli sangat intens dan menarik untuk disaksikan.

Tenis – 1 milyar penggemar

Sejauh ini olahraga tenis merupakan ajang pertandingan yang sangat diperhitungkan di Amerika Serikat. Bahkan diperkirakan ada lebih dari 1 milyar penggemar tenis di seluruh dunia dan itulah alasannya mengapa hampir semua orang kenal dengan Roger Federer. Ya, dia adalah salah satu atlet tenis profesional yang sangat populer dengan kepiawaiannya di lapangan tenis.

Pada awalnya tenis merupakan olahraga terpopuler yang diperkenalkan oleh bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi kuno. Namun untuk jenis pertandingan tenis yang saat ini kita ketahui sudah mengalami banyak evolusi setelah menyebar ke daratan Eropa seperti Prancis.

Olahraga tenis bisa dimainkan oleh 2 atau 4 orang yang masing-masing bertujuan untuk memukul bola tenis dan masuk ke area lawan. Pertandingan tenis bisa berlangsung sangat lama apabila masing-masing pemain memiliki kemampuan yang seimbang.

Hockey – 2 milyar penggemar

Meski di Indonesia pertandingan yang satu ini sangat jarang dijumpai, tetapi popularitasnya tinggi sekali lho. Ya, inilah olahraga terpopuler Hockey yang sangat terkenal di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, Asia, hingga Australia. Permainan yang pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1800an ini sudah menyebar ke seluruh dunia dan memiliki banyak penggemar.

Olahraga yang satu ini sebenarnya memiliki konsep mirip seperti sepak bola, di mana masing-masing tim bertujuan untuk memasukkan bola ke gawan lawan. Hanya saja di sini para pemain harus mengontrol bola menggunakan stik hockey sehingga terlihat lebih unik dan menantang.

Pada perkembangannya, olahraga hockey menyebar ke berbagai wilayah dan disambut positif oleh banyak penggemar olahraga. Bahkan saat ini India, Australia, hingga Pakistan adalah deretan negara dengan jumlah penggemar hockey yang sangat besar.

Sedangkan untuk ice hockey, yaitu pertandingan hockey yang berlangsung di atas lapangan es lebih populer di Amerika Utara dan Kanada.

Cricket – 2,5 milyar penggemar

Olahraga terpopuler yang selanjutnya ini berbeda dengan baseball lho. Walaupun sepintas terlihat sama, tetapi cricket dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Setelah itu setiap tim akan berusaha untuk mencetak angka dengan mengelilingi lapangan dan memukul bola sejauh mungkin.

Pertandingan cricket sendiri awalnya sangat populer di Inggris dan diprediksi memiliki lebih dari 2,5 milyar penggemar di seluruh dunia. Saat itu cricket hadir pada abad ke-16 dan dijadikan olahraga nasional di Inggris pada abad ke-18. Sejak saat itulah cricket memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam perkembangan kultur dan budaya masyarkaat Inggris.

Hingga sekarang olahraga yang satu ini telah menyebar ke berbagai negara, seperti Sri Lanka, India, Bangladesh, hingga Australia dan beberapa negara Eropa lainnya.

Sepakbola – 4 milyar penggemar

Di urutan puncak ada olahraga terpopuler di dunia, yaitu sepakbola yang memiliki lebih dari 4 milyar penggemar. Sepakbola sendiri merupakan olahraga yang sangat bersahabat bagi masyarakat Indonesia dan berbagai negara lainnya. Olahraga inilah yang telah membawa banyak simbol tentang sportifitas dan kesetaraan sehingga bisa diterima oleh banyak kalangan.

Tak heran jika para atlet bintang sepakbola juga sangat dikenal luas di seluruh dunia. Sebut saja nama-nama seperti Beckham, Ronaldo, Messi, hingga para legenda seperti Pele, Maradona, Lampard, dan lain sebagainya. Bisa dipastikan mulai dari yang muda sampai yang tua mengenal nama-nama tersebut.

Dan jika ditarik mundur ke belakang, olahraga sepakbola sebenarnya berasal dari China pada abad ke-2. Saat itu penyebaran olahraga terpopuler yang satu ini sangat kuat melintasi beberapa bangsa Yunani, Romawi, hingga kekaisaran Jepang. Mereka adalah kandidat kuat dari asal-usul sepakbola yang kita kenal sekarang ini.

Namun seiring perkembangannya, olahraga terpopuler ini mengalami beberapa evolusi dan penyempurnaan. Dan sepakbola yang kita kenal sekarang ini adalah olahraga yang diadaptasi dari bangsa Inggris. Tak heran jika Inggris sangat terkenal dengan sepakbolanya sehingga dijuluki sebagai negara dengan liga bola terbaik dunia.

Artikel ini disponsori oleh situs Slot Online, thepigeonholecafe.com

Sampai sekarang pun sepakbola menjadi olahraga terbesar di berbagai negara Eropa dan Amerika Latin. Pertandingan yang dimainkan oleh 2 tim dengan masing-masing 11 orang pemain ini mampu menyajikan olahraga menarik yang dapat dinikmati oleh semua usia.

Nah, itulah deretan olahraga terpopuler yang ada di berbagai belahan dunia. Milyaran orang telah menjadi bagian dari popularitas olahraga tersebut. Dan apakah Anda juga termasuk salah satunya yang menyukai beberapa olahraga di atas?

Tinggalkan komentar