Olahraga di Kantor Itu Bisa Kok, Intip Yuk!

Meskipun banyak perusahaan yang mengimplementasikan kerja dari rumah sebagai aturan, masih tetap ada beberapa sektor kritikal dan esensial yang perlu karyawannya untuk masuk kantor, sehingga olahraga di kantor bisa dilakukan meski tidak ada alat khusus …

olahraga di kantor

Meskipun banyak perusahaan yang mengimplementasikan kerja dari rumah sebagai aturan, masih tetap ada beberapa sektor kritikal dan esensial yang perlu karyawannya untuk masuk kantor, sehingga olahraga di kantor bisa dilakukan meski tidak ada alat khusus sekali pun.

Olahraga di kantor bisa menggunakan alat-alat yang ada di kantor seperti meja, kursi, tangga, atau bahkan tidak perlu alat sama sekali karena pada intinya, yang penting adalah jangan sampai kamu memiliki gaya hidup sedentary living akibat terlalu lama di depan komputer dan kurang aktif bergerak.

Salah satu hal yang bisa dilakukan jika kamu tidak punya waktu olahraga di rumah adalah dengan melakukan olahraga di kantor. Berikut list olahraga di kantor yang bisa kamu lakukan.

1. Plank

Wah, ini adalah olahraga yang membuatmu berpikir bahwa satu menit terasa lama saat melakukannya.

Keistimewaan dari workout ini adalah kamu tidak perlu alat khusus untuk melakukannya dan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Kamu bisa melakukannya di lantai kantor. Cukup lakukan satu menit saja tidak akan menarik perhatian atau sangat mencolok di mata orang-orang, jadi jangan takut!

Latihan core ini akan membantumu untuk membangun kekuatan otot secara keseluruhan, sehingga cocok untuk kamu yang merasa kurang memiliki kekuatan otot.

2. Wall Sit

Wah, workout ini mirip dengan plank, sama-sama membuat satu menit saja terasa lama, mungkin juga saat melakukan ini terlalu lama, pahamu akan mendapatkan balsem gratis.

Baca juga  Posisi Pemain Futsal Dan Tugasnya

Wall sit bisa dilakukan di dinding ruanganmu dan tidak akan terlalu menarik perhatian orang.

Cara melakukannya adalah dengan menyenderkan punggungmu, lalu kakimu harus membentuk sudut siku-siku (tegak lurus), jangan membentuk sudut terlalu lancip atau tumpul.

Dengan latihan ini, kekuatan pahamu akan bertambah dan kamu akan lebih kuat untuk menghadapi benturan yang mengarah ke paha, contohnya pada olahraga sepak bola.

3. Leg Lifts

olahraga di kantor

Kamu pasti merasa pegal jika kakimu terlalu lama di angkat bukan? Salah satu penyebabnya adalah gravitasi yang menarik ke bawah.

Kamu bisa melakukan salah satu olahraga di kantor ini bahkan saat duduk sekalipun lohhh.

Cukup dengan menaikkan kakimu sekitar 20 cm saja saat duduk, kamu sudah berhasil olahraga di kantor.

Agar kedua kakimu sama-sama mendapatkan manfaatnya, lakukan latihan ini secara bergantian. Jangan hanya berfokus pada satu kaki saja yaa.

Selain membantu kesehatanmu, latihan ini akan membantu untuk melawan dampak negatif dari duduk seharian.

4. Naik Turun Tangga

Jika kantormu berada di lantai atas atau berada di gedung bertingkat, kamu bisa memanfaatkan olahraga naik turun tangga untuk mencari keringat lohh.

Naik turun tangga adalah salah satu bentuk olahraga kardio sederhana yang bisa dilakukan di kantor.

Kamu bisa menggunakan waktu sebelum bekerja untuk melakukan olahraga ini sekalian mandi di kantor agar kamu tidak memiliki bau asam di ruangan bekerja akibat kardio naik turun tangga.

Jika kamu melakukannya sebelum bekerja, pastikan intensitasnya tidak terlalu tinggi karena kamu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan selama 8 jam per hari lohh. Olahraga boleh, tetapi tetap harus profesional.

Kalau kantormu tidak memiliki tangga, kamu bisa melakukan olahraga jenis lainnya yang tersedia pada artikel ini.

Baca juga  Beberapa Teknik Renang Gaya Dada Yang Perlu Anda Ketahui

5. Pushup

Workout yang satu ini sudah terkenal di kalangan umum atau pun atlet karena bisa membentuk bahu yang kuat dan cukup mudah dilakukan.

Kamu bisa menggunakan meja kantor atau lantai kantor untuk melakukan push up.

Lakukan pushup saat sedang waktunya istirahat atau kamu tidak ada pekerjaan yang diberikan bos, sehingga kamu bisa fokus untuk workout.

6. Squats

Squats juga bisa dilakukan di kantor lohh, kamu tidak harus selalu melakukannya di outdoor.

Mungkin beberapa orang tidak menyukai workout ini karena sangat berpengaruh kepada tubuh bagian bawah, tetapi tubuh bagian bawah bisa terlatih lewat latihan squats.

Karena squats sangat berpengaruh kepada lutut, bagi para pengidap cedera tersebut, disarankan untuk berkonsultasi dengan fisioterapisnya sebelum squats agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ya.

7. Chair Dips

Akhirnya kursi kerjamu bisa dimanfaatkan untuk workout, mantap!

Setelah duduk di kursi, letakkan tanganmu di tepi kursi dan dorong pantatmu hingga sampai terlepas dari kursi. Setelah itu, tekuk tanganmu dan turunkan badanmu sebesar 15 cm dan luruskan lenganmu. Jangan lupa untuk mengulangi hal tersebut sebanyak sepuluh kali.

Olahraga di Kantor Itu Bisa Dilakukan, Masih Mau Beralasan?

Wah, ternyata olahraga di kantor itu banyak sekali ya yang bisa dilakukan. Setelah membaca artikel ini, harusnya kamu sudah memiliki gambaran olahraga apa yang cocok untuk dilakukan di kantor.

Jangan lupa untuk berolahraga yang cukup ya, kalau bisa 150 menit dalam seminggu.

Tinggalkan komentar