Mengenal Olahraga Memanah, Olahraga Seru Yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga Anda

Apakah Anda pernah bermain dart atau melempar anak panah untuk mengenai target? Olahraga memanah menggunakan prinsip yang sama dengan permainan tersebut. Olahraga memanah merupakan suatu aktifitas menembakkan anak panah menggunakan busur panah. Awalnya, memanah adalah …

olahraga memanah

Apakah Anda pernah bermain dart atau melempar anak panah untuk mengenai target? Olahraga memanah menggunakan prinsip yang sama dengan permainan tersebut.

Olahraga memanah merupakan suatu aktifitas menembakkan anak panah menggunakan busur panah.

Awalnya, memanah adalah kegiatan untuk berburu hewan untuk dijadikan makanan, tetapi di era modern memanah dijadikan ajang olahraga den kompetisi.

Bagaimana sejarah dari olahraga memanah?

Sejarah olahraga memanah

Menurut sumber, memanah kemungkinan pertama kali dilakukan pada 60.000-72.000 tahun silam berdasarkan temuan sisa-sisa tulang dan batu kepala anak panah di Afrika Selatan.

Jika menggunakan bukti tidak langsung, sebenarnya memanah sudah dilakukan di Eurasia. Berdasarkan bukti tersebut, memanah sudah dilakukan saat transisi zaman paleolitikum ke mesolitikum.

Sisa-sisa busur dan panah yang sangat jelas terlihat berasal dari Eropa (Jerman) yang diperkirakan berasal dari 17.500 – 18.000 tahun yang lalu.

Pada era setelah masehi, kemampuan memanah banyak dikembangkan di Asia, contohnya adalah Goguryeo, satu dari tiga kerajaan besar Korea yang terkenal akan pemanahnya.

Orang-orang Asia Tengah dan Amerika mulai menggunakan kuda sambil memanah setelah penjinakan kuda (Asia Tengah) dan akses mendapatkan kuda oleh Eropa (Amerika).

Mereka berkuda sambil memanah karena kemampuan tersebut sangat berguna untuk peperangan yang akan dihadapi.

Penggunaan panah di peperangan menyusut drastis semenjak ditemukannya senjata api yang jelas-jelas lebih canggih daripada senjata primitif, walaupun memanah masih dipraktekkan, contohnya di Inggris dan Wales pada akhir abad ke-16.

Penggunaan senjata api mulai dilakukan dan memanah mulai ditinggalkan karena memiliki jangkauan jarak yang lebih jauh, tidak membutuhkan banyak latihan, bisa menembus besi. Kendala dari senjata api saat itu adalah cuaca yang sangat basah seperti hujan dan sangat payah soal rate of fire.

Memanah secara tradisional masih dilakukan untuk berburu dan olahraga di abad ke-21.

Baca juga  Pengertian Senam Lantai, Jenis dan Ragam Gerakannya

The royal company of archers yang merupakan salah satu badan olahraga tertua menandakan kebangkitan memanah yang tidak lagi untuk berperang, tetapi untuk berolahraga.

Akhirnya, banyak komunitas memanah yang terbentuk di berbagai negara dengan kriteria dan aturan masing-masing.

Memanah juga populer di Inggris karena cerita rakyat bernama Robin Hood, seorang pencuri dari orang kaya yang memberikan harta curiannya kepada orang miskin.

Setelah Napoleonic wars, olahraga memanah menjadi terkenal pada semua kasta.

Alat olahraga memanah

olahraga memanah

1.    Busur

Busur adalah alat utama dalam olahraga memanah selain anak panah.

Busur terbuat dari bahan semi kaku berbentuk lengkung dengan tali busur yang menyambungkan kedua sisi busur (atas dan bawah).

Busur bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk busurnya, atau pembentukan lengkungannya (limb construction).

Berdasarkan pembentukan lengkungannya, jenis busur diklasifikasikan sebagai berikut.

  1. Busur biasa
  2. Busur yang dilaminasi
  3. Busur komposit

Jika diklasifikasikan berdasarkan bentuk busurnya, maka jenis busurnya adalah sebagai berikut.

  1. Straight bow
  2. Recurve bow
  3. Long bow
  4. Flat bow
  5. Cable-backed bow
  6. Compound bows

Setiap jenis busur memiliki ciri khas masing-masing, misalnya compound bows didesain untuk mengurangi gaya yang diperlukan untuk menahan benang saat full draw sehingga pemanah bisa memiliki beban otot yang lebih ringan.

2.    Anak panah

Teman terbaik dari busur adalah anak panah. Keduanya seperti pasangan yang saling membutuhkan.

Anak panah adalah projektil yang diluncurkan oleh busur.

Biasanya, anak panah terdiri dari kepala panah yang lurus, kaku, berporos panjang dengan kepala panah yang berat dan runcing.

Beberapa penstabil yang mirip dengan sirip yang disebut dengan fletching dipasang di dekat bagian belakang, dan slot di ujung belakang yang disebut nock digunakan untuk menarik tali busur.

Baca juga  5 Game Catur Online Gratis di Android

Anak panah modern terbuat dari fiber karbon, aluminium, fiberglass, atau poros kayu.

Anak panah yang terbuat dari fiber karbon memiliki keunggulan berupa tidak mudah bengkok, tetapi memiliki berat yang terlalu ringan dan mahal.

Anak panah yang terbuat dari aluminium lebih murah dari fiber karbon, tetapi mudah sekali bengkok.

Anak panah yang terbuat dari kayu memiliki harga termurah di antara semuanya, tetapi berat dan ukurannya kebanyakan tidak mirip sehingga lebih mudah rusak dibanding jenis yang lain.

3.    Tali busur

Tali busur menghubungkan kedua ujung tongkat busur yang bertujuan untuk meluncurkan anak panah dari busurnya.

Tali busur yang baik harus dilihat dari segi berat, kekuatan, resistensi kepada abrasi dan resistansi terhadap air.

Terdapat tiga jenis tali busur berdasarkan bentuknya, yaitu:

  1. Tali simpel
  2. Dipelintir terbalik
  3. Melingkar

Olahraga memanah itu simpel

Olahraga memanah itu simpel, Anda cukup membutuhkan tiga alat utama yang disebutkan ditambah dengan target seperti permainan dart.

Latihan yang giat, dan bukan tidak mungkin Anda akan menjadi pemanah yang handal dan mendapatkan banyak manfaat, apalagi jika dilakukan bersama keluarga Anda.

Tinggalkan komentar