Mengenal Berbagai Teknik Dasar Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim di mana setiap timnya terdiri dari 11 orang. Dalam sepak bola, skill individu dan kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk bisa memasukkan gol ke gawang lawan. Nah, agar bisa melakukannya, seorang pemain wajib menguasai teknik dasar sepak bola.

Keterampilan dasar ini perlu dilatih terus menerus. Sejumlah pemain besar yang dikenal dalam menggiring bola seperti Lionel Messi, belajar teknik-teknik dasar sejak kecil. Oleh karenanya, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang teknik dasar sepak bola yang mungkin belum kamu ketahui.

Teknik Dasar Sepak Bola

1. Teknik Dasar Sepak Bola. Mengoper Bola (Passing)

teknik dasar sepak bola passing

Selain menjadi dasar teknik bermain sepak bola. Teknik mengoper bola merupakan langkah pertama sebuah tim memulai penyerangan di pertahanan lawan.

Dalam teknik mengoper bola, tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan, karena pada praktiknya ada beberapa teknik dalam mengoper bola untuk memastikan jika bola mengarah tepat pada rekan kita. Yakni,

* Mengoper bola dengan kaki bagian dalam, cara ini bisa kamu praktekkan dengan cara salah satu kaki sejajar dengan bola dan kaki lainnya berada di belakang bola. Setelah itu ayunkan kaki ke belakang untuk langsung menendang. Proses mengoper bola dilakukan dengan kaki bagian dalam.

* Mengoper bola dengan kaki bagian luar, cara ini bisa dilakukan dengan memposisikan bola tepat di samping kaki yang akan digunakan untuk menendang. Mengoper bola dengan kaki bagian luar hampir sama seperti menggeser bola, tapi kamu perlu power untuk melakukanya untuk memastikan laju bola sampai pada rekan kita.

* Mengoper bola dengan tumit, posisikan bola di belakang kaki untuk menendang tepat di bagian tumit. Setelah itu kamu bisa langsung mengoper bola ke arah yang dituju. Biasanya posisi rekan kita ada di belakang, cara ini tergolong praktis karena kita tidak perlu membalikan badan.

* Mengoper bola dengan ujung jari kaki, posisikan bola seimbang dengan kedua kaki, kemudian kaki tumpu sedikit ditekuk dan ujung jari menghadap ke depan. Ujung sepatu secara otomatis bersentuhan dengan bola.

* Mengoper bola dengan kura-kura atau punggung kaki, posisikan bola sejajar dengan kaki, kaki sepak membentuk sudut 30 derajat dengan kaki tumpu. Mulai tendangan dengan menarik kaki dan mengayunkannya kedepan.

2. Teknik Dasar Sepak Bola. Menendang Bola (Shooting)

Untuk mencetak banyak gol, teknik yang diperlukan adalah menendang bola langsung ke arah gawang lawan. Umumnya tendangan langsung sering dilakukan oleh penyerang yang memiliki insting tajam dalam mencetak gol. Tapi setiap pemain dituntut untuk memiliki teknik ini.

Karena di luar posisi penyerang, beberapa pemain kadang memiliki posisi yang lebih bagus untuk mencetak gol. Dan kunci utama agar bola melesak masuk ke gawang yakni shooting keras yang mengarah langsung ke gawang.

3. Menggiring Bola (Dribbling)

teknik dasar sepak bola dribbling

Teknik menggiring bola bertujuan untuk mengecoh pemain lawan. Konsentrasi terhadap bola adalah kunci utama menjalankan teknik ini. Menggiring bola adalah manuver oleh salah satu pemain yang bergerak ke arah tertentu sambil menghindari pemain lawan yang mencoba merebut bola.

Dribble yang sukses dapat membawa laju pemain menuju jantung pertahanan lawan dan menciptakan peluang untuk mencetak gol. Diperlukan kerja sama tim dan positioning yang baik untuk mempertahankan bola agar tidak mudah di rebut oleh lawan.

4. Mengontrol Bola (Controlling)

Penguasaan bola yang akurat harus dimulai dengan teknik mengontrol bola yang bagus. Agar bola dapat dikuasai dengan baik dan tetap menahan lawan yang berusaha merebut laju bola.

Perlu latihan ekstra untuk teknik kontrol bola, karena tidak jarang pemain-pemain berlabel bintang pun seringkali lepas kontrol dalam penghentian laju bola. Proses mengontrol bola harus diikuti dengan keseimbangan tubuh yang baik.

5. Menyundul Bola (Heading)

Teknik menyundul bola adalah mengarahkan laju bola menggunakan kepala. Tidak mudah melakukan teknik ini. Butuh timing yang pas, positioning yang bagus dan kekuatan heading.

Menyundul bola dalam sebuah pertandingan bisa juga digunakan untuk menghalau serangan lawan, membuang bola dan mencetak gol. Sundulan kepala yang efektif menggunakan kepala bagian depan didukung dengan kekuatan yang mumpuni agar bola tepat mengarah ke depan.

6. Teknik Dasar Sepak Bola. Merebut Bola (Tackling)

Teknik merebut bola adalah usaha pemain untuk menghalau laju bola dalam penguasaan pemain lawan. Usahakan merebut bola dengan bersih untuk menghindari pelanggaran.

Cara terbaik untuk melakukan teknik ini yakni dengan terus melakukan marking terhadap lawan agar mereka kesulitan menguasai bola dengan baik.

7. Lemparan Ke Dalam (Thrown In)

teknik dasar sepak bola throw in

Lemparan ke dalam dilakukan ketika bola keluar dari garis pinggir lapangan. Melakukan lemparan ke dalam tidak boleh asal melempar saja.

Tapi harus menggunakan teknik, salah satu teknik lemparan ke dalam yakni posisikan dua tangan memegang bola diatas kepala dengan badan yang tegak. Lalu lemparkan bola itu tepat kepada rekan kita.

8. Menangkap Bola (Goalkeeping)

Menangkap bola merupakan teknik dasar yang harus dimiliki oleh kiper. Teknik menangkap bola dengan tangan digunakan untuk menghalau tendangan keras dari lawan agar tidak kebobolan. Pastikan kondisi sarung tangan tidak licin agar bola tidak lepas dari tangkapan.

9. Teknik Memotong Bola (Intercepting)

Memotong bola atau disebut dengan intercepting. Teknik ini digunakan untuk mematahkan serangan lawan. Hal yang harus dipelajari dari teknik ini yakni membaca dengan cermat pergerakan lawan.

Lewat proses intercepting secara tepat, bisa membuahkan serangan balik yang mematikan.

10. Teknik Juggling Bola

Teknik menjuggling bola biasanya dilakukan oleh pesepakbola dengan skill individu yang mumpuni. Memainkan bola dengan tenang dengan memfokuskan pandangan ke arah bola.

Teknik juggling memerlukan latihan kontrol olah bola yang baik, teknik ini bisa untuk menipu pergerakan dan mengecoh lawan saat di lapangan.

11. Teknik Tendangan Panenka

Teknik tendangan panenka pertama kali dikenalkan oleh Antonin Panenka asal Cekoslowakia (Republik Ceko). Saat itu ia men-chip bola tendangan penalti ke tengah gawang pada turnamen resmi. Hal itu dilakukan Panenka pada ajang final Piala Eropa 1976 yang mempertemukan Cekoslowakia dan Jerman Barat.

Menjadi penendang terakhir dalam kedudukan 4-3 untuk Cekoslowakia. Antonin Panenka sukses menjalankan tugasnya dengan baik menggunakan teknik tendangan tersebut, sekaligus mengantarkan Cekoslowakia meraih gelar juara Piala Eropa. Momen itu membuat teknik tendangan Panenka populer hingga saat ini.

Itulah beberapa teknik dasar olahraga sepak bola. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika permainan sepak bola bukan hanya mengoper dan menendang bola saja. Tapi perlu penguasaan teknik dasar dan strategi yang bagus untuk meraih kemenangan.

Tinggalkan komentar