Mempelajari Teknik Dasar Tenis Lapangan Dan Penghitungan Skornya

Apakah anda sudah mengetahui tata cara untuk bermain tenis lapangan? Jika belum, anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas teknik dasar tenis lapangan serta bagaimana cara menghitung skor di …

teknik dasar tenis

Apakah anda sudah mengetahui tata cara untuk bermain tenis lapangan? Jika belum, anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas teknik dasar tenis lapangan serta bagaimana cara menghitung skor di setiap pertandingan tenis lapangan.

Secara garis besar, teknik dasar tenis lapangan ada tiga yaitu gerakan kaki (footwork), teknik pukulan, dan cara bersiap (stance). Teknik pukulan dipecah menjadi empat, yaitu servis, backhand, forehand, dan volley. Setelah anda menguasai teknik dasar olahraga tenis, anda berkesempatan untuk mencetak skor lebih banyak.

Sedangkan skoring atau penghitungan skor harus sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh ITF (International Tennis Federation). Pertandingan tenis sering dilakukan dengan tiga set dengan pemain yang menang dengan selisih dua set akan menjadi pemenang.

Teknik Dasar Tenis Lapagan

Gerakan kaki (footwork)

Gerakan kaki adalah hal krusial untuk permainan tenis. Jika anda ingin bergerak secara leluasa dan menguasai lapangan, anda harus mempelajari teknik dasar ini untuk memperkuat pertahanan serta posisi yang tepat untuk menyerang.

Tipe gerakan yang perlu anda pelajari adalah footwork two step atau gerakan dua langkah. Gerakan ini digunakan untuk bergerak menyamping ke sisi kiri atau sisi kanan lapangan dengan jangkauan dua kali dari tempat semula untuk menjauh dari lapangan.

Posisi awal adalah di tengah lapangan, dan pemain akan melakukan footwork two step untuk mengambil bola yang jatuh di sudut lapangan. Satu kaki menjadi tumpuan, dan kaki lain bergerak ke arah datangnya bola sambil melangkah untuk langkah kedua sambil tangan bersiap untuk memukul bola kembali ke area musuh.

Baca juga  Mobil F1 – Serba-Serbi Mobil yang Dipakai pada Balapan F1

Cara bersiap (stance)

Sikap siap atau stance adalah posisi untuk menerima pukulan bola lawan saat lawan menyerang, servis, atau sedang melakukan rally. Dengan posisi bersiap yang baik, anda bisa mengembalikan bola dengan sudut mematikan atau mencoba menguasai bola dengan ritme permainan yang anda inginkan.

Sikap stance sempurna adalah badan membungkuk, lutut ditekuk seperti akan jongkok, dengan raket menghadap depan dan pandangan fokus ke arah bola. Satu tangan memegang grip raket, dan tangan lain menyangga bagian leher raket.

Setelah anda memukul bola servis atau menerima bola dari lawan, pastikan anda kembali ke posisi stance sampai bola tidak dikembalikan lawan atau anda tidak bisa mengembalikan bola. Pemenang pertandingan adalah pemain yang selalu siap menerima bola dan menyerang dengan sudut yang mematikan.

Teknik pukulan

Ada 4 pukulan dalam teknik dasar tenis lapangan, yaitu servis, backhand, forehand, dan volley.

Servis : Pukulan awal sebelum atau sesudah mendapatkan skor.

Backhand: Cara memukul dengan posisi lengan menyilang di badan bagian depan

Forehand: Cara memukul dengan lengan terbuka bebas

Volley: Posisi raket berada di atas bahu atau kepala dengan mengembalikan bola sebelum memantul ke area pertahanan

Teknik backhand adalah teknik yang perlu anda pelajari secara rutin, karena backhand drive membutuhkan kekuatan dengan memutar tubuh dan mengayunkan raket ke depan untuk menghasilkan pukulan kuat.

Sistem Skoring Tenis Lapangan

teknik dasar tenis

Jika anda sudah terbiasa dengan penghitungan pertandingan bola dengan hitungan 1,2, dan seterusnya, anda akan menemukan cara menghitung skor yang berbeda pada permainan tenis lapangan.

Sistem skoring olahraga tenis menyesuaikan dengan aturan ITF dengan 3 set dan pemain yang bisa mengungguli musuh dengan selisih 2 set yang akan keluar sebagai pemenang. Ada istilah-istilah tertentu yang perlu anda ketahui dalam proses skoring tenis lapangan.

Baca juga  Tips Jalan Kaki Yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Game poin

1 poin game adalah memasukkan 4 kali bola ke area lawan tanpa balasan. Skor pertama 15 poin, skor kedua 30 poin, skor ketiga 40 poin, dan skor keempat adalah hitungan 1 game poin. Satu set harus memenangkan 6 game tanpa tie-break.

Deuce

Jika kedua pemain sama kuat dan berada pada skor sama 40 poin, maka salah satu pemain harus menang dengan selisih dua kali bola masuk untuk mendapatkan game poin.

Advantage game

Jika salah satu pemain mendapatkan satu bola masuk setelah deuce.

Advantage set

Jika salah satu pemain menang di game poin 6 setelah posisi game poin sama kuat di 5-5.

Tie-break

Anggaplah kedua pemain sama kuat dengan mendapatkan 6 game poin. Tie-break akan dilakukan sampai salah satu pemain menang dengan selisih dua poin seperti 8-6, 9-7, atau 10-8.

Bagaimana setelah mempelajari teknik dasar tenis lapangan? Mudah bukan? Seringlah berlatih tenis lapangan dengan teman atau pelatih untuk membiasakan diri di setiap pertandingan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan di luar atau di dalam lapangan sebelum pertandingan agar otot kaki dan lengan sudah terbiasa dan mengurangi resiko cedera.

Tinggalkan komentar