Manfaat Olahraga Panahan Untuk Kesehatan

Panahan membutuhkan presisi, kontrol, fokus, kemampuan fisik, dan tekad, yang semuanya memperkuat koneksi pikiran dan otot. Sejarah memanah berasal dari Zaman Batu. Itu kemudian diadopsi oleh orang Mesir Kuno untuk berburu dan berperang. Panahan sampai …

Panahan membutuhkan presisi, kontrol, fokus, kemampuan fisik, dan tekad, yang semuanya memperkuat koneksi pikiran dan otot. Sejarah memanah berasal dari Zaman Batu. Itu kemudian diadopsi oleh orang Mesir Kuno untuk berburu dan berperang. Panahan sampai saat ini dianggap sebagai keahlian militer yang paling penting. Ini telah mendapatkan banyak popularitas sinematik melalui Game of Thrones, Hunger Games, dan Lord of the Rings yang terkenal.

Panahan terutama digunakan untuk berburu tetapi sekarang mulai mendapatkan popularitas di banyak kontes olahraga termasuk Olimpiade. Meskipun memanah adalah olahraga stasioner, pemanah yang sangat terampil membutuhkan atribut seperti, fokus, koordinasi, kesabaran, dan kepercayaan diri. Atribut ini melatih tubuh dan pikiran, sehingga menjadikannya olahraga yang ideal untuk menjalani gaya hidup sehat.

image from : pixabay.com

 

Berikut adalah manfaat kesehatan paling signifikan yang diberikan olahraga panahan kepada para pesertanya.

 

Manfaat Olahraga Panahan

 

Memperkuat Otot
Panahan adalah olahraga yang membutuhkan semburan energi singkat dari otot inti. Menggambar busur menempatkan ketegangan di dada, tangan, lengan, dan otot punggung atas yang besar serta otot non-inti seperti manset rotator. Kelompok otot ini berada di bawah tekanan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan busur untuk menembakkan anak panah.

Panahan juga memperkuat kelenturan tangan dan jari karena digunakan sepenuhnya saat membidik sasaran. Karena itu, berlatih secara teratur memperkuat dan mengembangkan otot-otot ini.

Peningkatan Koordinasi Tangan-Mata dan Keseimbangan
Menurut Alex Knobloch dari UberBows koordinasi tangan-mata merupakan bagian integral dari aktivitas kita sehari-hari. Pemanah perlu menyempurnakan koordinasi tangan-mata mereka selama rutinitas menembak mereka untuk menghasilkan panah yang sempurna. Sambil membidik sasaran, mata memberikan umpan balik ke otak tentang tindakan yang dilakukan, otak kemudian memberi tahu tangan dan otot inti untuk melakukan tindakan menembak.

Baca juga  Tips Jalan Kaki Yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Memanah membutuhkan keterampilan pengambilan keputusan yang hebat, persepsi jarak, dan waktu reaksi bagi pemanah untuk mencapai target dengan sempurna. Keterampilan ini datang dengan pengulangan yang konstan.

Untuk keberhasilan terpenting dalam memanah, pemanah harus memiliki keseimbangan yang terpuji. Sangat penting bahwa tubuh tidak bergerak saat membuat bidikan. Dengan tekad, latihan, dan kesabaran yang konstan, inti memperoleh kendali atas keseimbangan tubuh, oleh karena itu, menghasilkan bidikan yang lebih akurat.

Peningkatan Fokus
Saat membidik target, penting bagi pemanah untuk menghilangkan semua gangguan dan fokus pada bentuknya untuk memastikan konsistensi dan peningkatan kinerja. Pemanah membutuhkan konsentrasi laser dan keterampilan multitasking yang hebat untuk mencapai sasaran. Kualitas-kualitas ini memberikan manfaat tambahan dalam aktivitas kehidupan rutin Anda.

Kemampuan untuk fokus tanpa terganggu membantu pemanah menangani situasi tekanan tinggi dengan ahli tanpa stres. Sifat ini tidak berkembang dalam semalam tetapi hanya datang melalui pelatihan terus-menerus dan tekad untuk menjadi lebih baik.

Menyehatkan Mental
Panahan adalah salah satu bentuk meditasi. Banyak pemanah menemukan kedamaian dan ketenangan saat menembakkan panah mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa panahan memainkan peran penting dalam kesehatan psikologis seseorang dengan mengurangi gejala stres. Ini adalah olahraga santai karena Anda harus tetap tenang dan fokus pada target. Ini juga meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda setiap kali Anda mencapai target Anda.

Panahan adalah olahraga keluarga sepanjang tahun yang luar biasa karena tidak ada batasan usia dan jenis kelamin. Waktu keluarga selalu santai dan memberikan ruang untuk kompetisi yang sehat dan menyenangkan.Stres memainkan peran penting dalam menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung fatal, obesitas, dan bahkan diabetes. Dengan demikian, memanah membuat seseorang bahagia dan bugar secara mental dengan mencegah beberapa masalah kesehatan.

Baca juga  Pengertian Pencak Silat, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Latihan Kardiovaskular yang Baik
Panahan menawarkan cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kardiovaskular Anda. Kekuatan yang dibutuhkan untuk menembak busur meningkatkan detak jantung Anda, membantu Anda membakar kalori. Meskipun memanah sebagian besar olahraga stasioner masih melibatkan berjalan ke papan target untuk mengambil anak panah.

Diperkirakan pemanah yang berlatih olahraga religi berjalan sekitar 4-5 mil setiap hari, membakar minimal 150 kalori. Pengerahan tenaga fisik ini memompa sistem kardiovaskular tubuh membantu Anda membakar kalori dengan cara yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar