7 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan

Lari merupakan salah satu aktivitas paling efektif untuk membakar kalori.

manfaat olahraga lari

Manfaat Olahraga Lari – Lari merupakan salah satu aktivitas gerak tubuh yang paling dasar. Untuk melakukannya, Anda tidak memerlukan peralatan khusus karena lari bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun siapa sangka kalau olahraga lari justru memiliki banyak manfaat. Setidaknya ada 5 manfaat olahraga lari untuk kesehatan tubuh yang akan dibahas lebih lanjut lewat ulasan di bawah ini.

Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Tubuh

Gambar orang berlari
Gambar orang berlari. Sumber: Pixabay

Olahraga lari adalah aktivitas yang murah dan mudah. Intensitas lari juga bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sehingga aman untuk dilakukan oleh hampir semua orang. Dalam olahraga atletik sendiri, ada beberapa jenis lari seperti lari jarak jauh atau marathon, lari jarak pendek dan lari jarak menengah. 

Dengan kemudahannya, lari ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

1. Mencegah Osteoporosis

Lewat laman American College Sports of Medicine, dijelaskan bahwa lari adalah olahraga pencegah osteoporosis untuk orang dewasa. Lari dapat mencegah risiko berkurangnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. 

Lari dapat memperkuat otot jantung dan otot yang terlibat dalam sendi gerak. Dengan begitu, tulang menjadi lebih kuat dan menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari. 

2. Menurunkan Berat Badan

Sudah banyak jurnal yang menjelaskan peran lari terhadap penurunan berat badan. Manfaat olahraga lari terpampang sangat jelas sebagai salah satu aktivitas paling efektif untuk membakar kalori. Hal ini tentu berdampak baik pada proses penurunan berat badan Anda dan dapat mencegah obesitas.

Namun perlu dicatat bahwa kalori yang terbakar saat lari berbeda masing-masing orang, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga fitness level seseorang. 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Lari termasuk dalam jenis olahraga kadriovaskular yang artinya melatih otot jantung. Dengan intensitas yang tepat sesuai kemampuan, maka olahraga lari secara rutin bisa berperan aktif dalam mencegah risiko penyakit jantung.

Manfaat olahraga lari secara rutin akan memperlancar aliran darah dan memicui produksi hormon yang merangsang jantung untuk bekerja lebih baik. Selain itu, lari selama 30 menit juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh serta menurunkan trigliserida. 

4. Menjaga Kesehatan Lutut

Ada mitos yang mengatakan bahwa berlari menyebabkan pengeroposan lutut. Namun kabar tersebut terbukti salah lewat penelitian yang justru menyatakan bahwa olahraga lari bermanfaat bagi kesehatan lutut. 

Lewat penelitian tersebut dijelaskan olahraga lari sangat efektif memelihara kesehatan lutut. Studi lain juga menunjukkan bahwa lari bisa menurunkan risiko arthritis pada pinggul dan lutut. Tapi bagi Anda yang memiliki permasalahan sendi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum memulai lari sebagai olahraga rutin. 

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Ketika Anda rutin berolahraga selama minimal 20 menit per hari, maka Anda akan mendapat tambahan hormon endorfin. Hormon ini berperan dalam melepas stres dan mempermudah Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

Oleh karena itu, apabila Anda rutin berlari selama 20 menit per hari, kualitas tidur Anda bisa lebih baik. Anda juga akan terhindar dari insomnia yang selama ini mengganggu Anda setiap malam. Manfaat lari juga terbukti menekan kadar kortisol, yaitu hormon penyebab stres. 

Jika hormon kortisol Anda rendah dan endorfin Anda tinggi, secara langsung akan berdampak pada suasana hati Anda. Dari sinilah Anda kemudian bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari lari. Mulai dari tidur yang berkualitas hingga mood yang baik sepanjang hari.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat olahraga lari untuk kesehatan dan kehidupan Anda? Kalau begitu selamat beraktivitas dan jangan lupa untuk rutin berolahraga setiap hari.

Baca juga  Pengertian Roll Depan dan Cara Melakukannya

Tinggalkan komentar