Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Lengkap

Banyak yang tidak menganggap berenang sebagai bentuk aktivitas fisik yang baik. Faktanya berenang adalah olahraga yang sangat bagus. Apalagi bila anda memiliki akses ke kolam renang dalam ruangan, manfaat kesehatan dari berenang tidak tertandingi oleh …

Banyak yang tidak menganggap berenang sebagai bentuk aktivitas fisik yang baik. Faktanya berenang adalah olahraga yang sangat bagus. Apalagi bila anda memiliki akses ke kolam renang dalam ruangan, manfaat kesehatan dari berenang tidak tertandingi oleh hampir semua olahraga lainnya! Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), berenang adalah aktivitas olahraga paling populer kedua di Amerika Serikat.

Bagi anda yang belum mengetahui tentang olahraga renang ini. Kita bisa mencoba membaca artikel menarik ini. Berenang tidak hanya menyenangkan, tetapi memberikan banyak manfaat yang mungkin tak pernah kita sadari sebelumnya. Berikut ini informasi menariknya yang bisa diketahui.

 

Image From : pixabay.com

 

 

Manfaat Olahraga Renang

Latihan aerobik dengan pengencangan dan penguatan otot

berenang melatih seluruh tubuh, termasuk sistem kardiovaskular, tanpa meningkatkan tekanan pada sistem kerangka, sendi, dan otot tubuh. Hal ini sangat bagus sekali untuk tubuh dan kesehatan,sebagai orang yang menginginkan kesehatan. Kita bisa mencoba olahraga renang ini untuk dicoba dan juga untuk sebagai referensi kesehatan.

Membantu orang dengan penyakit kronis

Olahraga berbasis air yaitu renang secara teratur dapat memiliki efek positif pada mereka yang menderita radang sendi, asma, penyakit jantung dan diabetes. Berenang membantu sendi dan ligamen tetap longgar dan fleksibel, meningkatkan volume paru-paru, memperkuat jantung dan membakar kalori. Dengan berolahraga renang secara rutin,dengan mudah kita dapat membuat beberapa penyakit kronis mematikan hilang.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga ini membantu melepaskan zat kimia perasaan-baik di otak yang disebut endorfin. Peregangan dan pelenturan otot-otot yang digunakan saat berenang dapat membantu tubuh rileks, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Jadi olahraga ini termasuk olahraga rekreasi yang amat sangat bagus. Dan juga bisa menyehatkan mental,selain menyembuhkan penyakit kronis juga.

Baca juga  Apa Manfaat Tersembunyi Dari Sepak Bola?

Cocok untuk segala usia

anak-anak suka menghabiskan waktu di kolam renang, tetapi berenang bukan hanya untuk anak-anak. Orang dewasa (muda dan tua) yang rutin berenang lebih sehat daripada mereka yang hidup tidak banyak bergerak. Oleh karena itu,tak ada salahnya untuk mencoba melakukan olahraga yang bagus dan keren ini.

Jika Anda tidak menyukai renang tradisional, ada banyak latihan berbasis air lainnya yang dapat memberikan efek positif pada tubuh. Michigan State University Extension merekomendasikan hal berikut:

-Berjalan atau berlari di air

-Menginjak air

-Menggunakan dinding kolam atau papan tendangan untuk menendang dan melakukan angkat kaki

Itulah tadi tentang khasiat olahraga renang yang amat sangat bagus untuk dicoba. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan mengetahui lagi tentang wawasan dalam berolahraga renang,olahraga air yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Semoga bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk dishare bila bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar