Manfaat Badminton Untuk Kesehatan Tubuh

Menjadi salah satu olahraga yang populer dan juga merupakan olahraga yang sama dengan tenis,sepertinya badminton menjadi referensi olahraga keren yang bisa dimainkan dengan mudah. Dengan bermodalkan raket dan kok saja kita sudah berolahraga dengan mudah. …

Menjadi salah satu olahraga yang populer dan juga merupakan olahraga yang sama dengan tenis,sepertinya badminton menjadi referensi olahraga keren yang bisa dimainkan dengan mudah. Dengan bermodalkan raket dan kok saja kita sudah berolahraga dengan mudah. Tetapi,syarat bermain badminton sendiri adalah harus dimainkan dengan 2 orang. Apabila 1 orang tak cukup,oleh karena itu kita sebagai oranga menyukai olahraga badminton. Kita bisa berolahraga secara rutin.

Dengan melakukan olahraga ini,tentunya kita bisa mendapatkan manfaat dan kesehatan yang bagus. Bagi anda yang belum mengetahuinya. Kali ini kami akan membagikan artikel mengenai manfaat badminton untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui.

image from : pixabay.com

 

Manfaat Bulutangkis

1. Tingkatkan Tonus Otot dengan Bermain Bulu Tangkis Secara Teratur

Bermain bulu tangkis setiap 2-3 kali seminggu dapat meningkatkan otot yang amat sangat bagus.Ada rantai aksi kinetik karena pemain cenderung menunggu kok dalam posisi sedikit jongkok, mendorong ke atas untuk mengembalikan kok, dan mengayunkan raket ke depan. Pemain aktif bergerak karena kinetik itu saat kaki mereka menyentuh tanah.

Kaki, betis, dan paha depan bekerja sebagai pemain memposisikan diri di lapangan. Paha, glutes, dan otot inti bekerja untuk mendorong pemain ke atas saat servis dan juga smash. Mengayunkan raket berulang kali akan mengencangkan otot-otot dada, bahu, bisep, dan punggung. Setiap kelompok otot utama ditargetkan melalui permainan.

2. Membangun Stamina dan Daya Tahan

Bulutangkis adalah permainan serba cepat , olahraga raket tercepat di dunia ini sangat amat membuat stamina dan daya tahan terbentuk. Smash yang dilakukan membutuhkan gerakan konstan untuk menjaga kok agar tidak jatuh.  Bermain bulu tangkis setiap hari atau bahkan tiga kali seminggu akan terus membangun daya tahan tubuh anda selama melakukan aktivitas aerobik. Tak jauh berbeda dengan aktifitas olahraga lainnya.

Baca juga  Begini Tips Olahraga yang Baik Agar Badan Bugar

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Peningkatan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL-C) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi tahun 2019 (diterbitkan pada tahun 2020) menemukan bahwa bermain bulu tangkis secara teratur menunjukkan peningkatan kadar HDL-C pada para pemain dibanding melakukan olahraga lainnya.

4. Bulu Tangkis Dapat Menurunkan Berat Badan

Salah satu strategi untuk menurunkan berat badan adalah dengan menciptakan defisit kalori. Ini berarti bila anda menginginkan  berat badan ideal anda bisa mencoba olahraga bulu tangkis yang amat sangat berguna untuk menurunkan berat badan.

Dengan pergerakan permainan yang cepat dan keras,kita dapat bermain bulu tangkis dengan mudah. Bagi anda yang ingin diet dengan mudah,memang ada baiknya bermain bulu tangkis agar berat badan seimbang dan terjaga.

Itulah tadi artikel yang membahas tentang manfaat badminton yang baik untuk kesehatan yang bisa dijadikan referensi hari ini. Apabila bermanfaat jangan lupa dishare,agar orang orang tahu betapa bagusnya berolahraga badminton. Selain sebagai olahraga untuk mengisi kekosongan ternyata dapat menyehatkan badan juga.

Tinggalkan komentar