Macam Macam Lari dalam Olahraga Atletik

Kategori lari terpopuler dalam olahraga atletik adalah sprint. Dalam kategori ini, para pemenangnya bahkan dijuluki sebagai orang tercepat di dunia

olahraga lari

Macam Macam Lari – Lari adalah salah satu jenis olahraga yang paling populer dan digemari banyak orang. Olahraga ini juga menjadi gerakan dasar pada tubuh manusia setelah berjalan sehingga tak heran kalau lari termasuk ke dalam kategori atletik. 

Terdapat beberapa jenis lari yang ada di dalam kategori atletik yang biasa diperlombakan dalam berbagai ajang baik nasional maupun internasional. Untuk mengenal lebih jauh tentang olahraga lari, silahkan simak ulasanya di bawah ini.

6 Macam Lari dalam Olahraga Atletik

macam macam lari
Ajang perlombaan lari. Sumber: Pexels

Sejauh ini setidaknya ada 6 macam jenis lari dalam atletik, yaitu:

Lari Sprint

Kategori lari terpopuler dalam olahraga atletik adalah sprint. Dalam kategori ini, para pemenangnya bahkan dijuluki sebagai orang tercepat di dunia. Lari sprint termasuk ke dalam jenis olahraga lagi dengan jarak tempuh yang sangat pendek, yaitu hanya 100 meter saja. 

Dalam kategori atletik ini, pelari diharuskan mampu memaksimalkan tenaganya untuk mendorong kecepatan sampai ke titik maksimal dalam waktu singkat. Penggunaan stamina dan teknik bernapas juga menentukan apakah pelari sprint bisa mencapai titik kecepatan tertingginya atau tidak. 

Lari Jarak Pendek

Setiap jenis nomor lari memiliki jarak tempuh yang berbeda. Seperti pada lari jarak pendek dengan jarak tempuh antara 100 sampai 400 meter. Lari ini juga dikenal dengan istilah sprint sehingga atlet atau pesertanya harus berlari secepat mungkin setelah aba-abal diberikan. 

Pada cabang olahraga lari jarak pendek, pelari harus mampu memaksimalkan tenaga dalam waktu sesingkat-singkatnya untuk mencapai kecepatan tertinggi. Teknik start yang dikuasai oleh pelari juga mengambil peran penting dalam menentukan posisi kemenangannya. 

Saat melakukan sprint, ada tiga hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu dorongan, percepatan, dan reaksi. 

Lari Jarak Menengah

Jenis lari yang selanjutnya adalah lari jarak menengah. Olahraga lari ini memiliki track khusus yang lebih panjang, yaitu antara 800 sampai 1500 meter. 

Lari jarak pendek juga menuntut pelari untuk menguasai teknik ball heel ball, yaitu menapakkan kaki yang bertumpu pada ujung tumit sambil menolakkan tapak dengan ujung kaki. Sedangkan saat posisi start pelari boleh melakukannya sambil berdiri.

Lari Maraton

Maraton juga menjadi macam macam lari yang paling populer dan terkenal di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia olahraga ini sangat populer dan selalu memiliki event tahunannya. Lari maraton juga dikenal dengan istilah lari jarak jauh dengan jarak tempuh lebih dari 5km. 

Berlari dengan jarak yang jauh tentu memberi tantangan tersendiri pada pelari. Dalam lari maraton, pelari tidak dituntut untuk bisa berlari dengan kecepatan tinggi, melainkan lebih kepada pengaturan stamina dan pernapasan. 

Lari Estafet

Lari estafet merupakan macam macam lari yang juga diperlombakan dalam kategori atletik. Olahraga ini tidak dilakukan oleh satu pelari saja, melainkan dengan satu tim yang terdiri dari beberapa peserta. 

Tiap tim umumnya beranggotakan empat orang yang akan berlari secara sambung menyambung sambil membawa tongkat estafet untuk disalurkan kepada pelari berikutnya. Jarak tempuh lari estafet juga beragam, biasanya mulai dari 100 meter sampai 400 meter.

Lari Gawang

Jenis  lari yang terakhir adalah lari gawang. Olahraga ini dikenal dengan istilah halang rintang dan dilakukan dengan jarak tempuh 300 meter yang disertai banyak rintangan. Pelari harus memiliki kecepatan, ketangkasan, dan kelentukan agar mampu berlari dengan cepat sambil melompati halang rintang yang ada di track lari.

 

Baca juga  Sejarah Bola Kasti di Dunia dan Indonesia

Tinggalkan komentar